Usai Recall Global, Operasional 38 Airbus A320 di RI Sudah Normal

Armada pesawat Airbus A320 di Indonesia kembali normal setelah proses penarikan produk global yang dilakukan perusahaan ini. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Lukman F. Laisa, sebanyak 38 pesawat sudah beres dan ditangani sejak 30 November 2025 pukul 05.05 WIB.

Pengendalian operasional ini dilakukan setelah instruksi Emergency Airworthiness Directive yang diterbitkan Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) pada 28 November 2025 dan berlaku efektif mulai 29 November 2025 pukul 23.59 UTC atau 30 November 2025 pukul 06.59 WIB. Instruksi ini dilakukan karena temuan masalah pada perangkat lunak yang memicu penarikan sekitar 6.000 unit Airbus A320 di berbagai negara.

Menurut Lukman, armada pesawat Airbus A320 di Indonesia saat ini terdapat 207 unit, dengan 143 di antaranya aktif beroperasi dan 38 unit sempat terdampak instruksi kelaikudaraan dan kini telah dinyatakan aman.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menjelaskan bahwa Airbus telah melakukan proses software downgrade atau pemulihan sistem untuk mengatasi gangguan tersebut. Langkah ini memastikan pesawat dapat kembali beroperasi normal.

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman menuturkan bahwa proses inspeksi dan penggantian komponen terkait recall dilakukan cepat dan tuntas. Ia menyebut ada sejumlah penerbangan yang mengalami penundaan, namun situasi kini telah terkendali.

Terkait temuan panel logam, Gerry menilai dampaknya relatif kecil. Yang terdampak hanya sebagian kecil dan tampaknya tidak berpengaruh signifikan terhadap armada di Indonesia.
 
Maksudnya apa nih kalau pesawat Airbus A320 lagi normal? Saya rasa perlu diperhatikan bagaimana proses pengecekan yang dilakukan oleh Airbus dan kapaabilitasnya dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi sepertinya sudah tidak ada masalah lagi, kayaknya bisa dipercaya kembali menyeberangkannya ke warga Indonesia 😊
 
Gue pikir ini udah bagus banget kayaknya proses penarikan produk Airbus A320 itu. Masing-masing orang penting kalau nggak aman, kan? Lalu gue senang juga karna udah ada 143 pesawat yang aktif beroperasi di Indonesia, jadi kita bisa terus nyaman ngapun ngalibur ke luar negeri ya.
 
Aku pikir ini masalah yang serius banget, tapi aku juga rasa Airbus yang kembali normal sudah wajar kan? Kita already lihat seberapa seriusnya kegagalan itu, masih banyak yang penundaan penerbangan dan apa aja yang dijadikan sebagai solusi nggak cuma ngganti komponen aja, tapi juga upgrade software banget.

Aku rasa ini bukan soal Airbus sendiri yang salah, tapi soal proses pengembangan dan QA mereka. Karena kalau kita lihat, masih banyak pesawat lain di luar Indonesia yang punya masalah serupa, jadi aku rasa harus ada pengecekan lebih lanjut pada proses pembuatan perangkat lunak mereka.

Tapi sekarang armada Airbus di Indonesia sudah back normal, dan aku senang ya. Kita sudah lihat seberapa cepat Airbus bisa menyelesaikan masalah ini, dan aku yakin kalau dari sini nanti akan lebih berhati-hati lagi dalam mengembangkan perangkat lunak mereka.
 
Hehehe, kamu tahu apa yang bikin aku penasaran? Aku baru saja nonton film Avengers dengan teman, dan aku rasa si Tom Hiddleston itu paling cute 😍. Aku juga suka banget dengan adegan superhero di balik layar. Tapi kembali ke pesawat Airbus A320, aku rasanya mau tanya, apa yang bikin logam itu masuk ke dalam mesin pesawat? Apa sih teknologi yang bikin logam itu bisa masuk dan berdampak seperti itu? Hmm, mungkin aku akan coba mencari tahu lebih banyak πŸ€”.
 
Gue senang sekali dengerin kabar bahwa pesawat A320 kembali normal, semoga gak ada lagi masalah seperti ini. Kalau gak ada ganti komponen apa aja yang salah? Mungkin perlu check lagi sebelum dipasang, biar tidak bumerang nanti ya
 
Gitu kaya... 6.000 pesawat Airbus A320 kalau sampai masalah seperti itu, gimana caranya jadi masalah yang parah sehingga harus di-ban di segalas negara? 😐 Mungkin ada lagi kecurangan di balik proses ini...
 
nggak sabar banget sih, akhirnya Airbus A320 kembali normal, aku harap semuanya bekerja dengan baik kayak sebelumnya πŸ˜…. tapi nih, apa yang membuat aku penasaran adalah bagaimana Airbus bisa ngikut-ikuti instruksi EASA dan tidak kehilangan waktu terlalu lama ya, karena kalau tidak, pasti akan ada dampak besar juga pada bisnis penerbangan kita πŸ€”. dan apa sih dengan perubahan software yang dilakukan oleh Airbus, apa benar-benar memadai untuk mengatasi masalahnya? aku harap armada pesawat di Indonesia tetap stabil dan aman selama-selamanya πŸ’¨
 
Hehe, ternyata pesawat Airbus A320 yang banteras juga bisa kembali normal ya πŸ™Œ. Saya rasa ini pengenalan dari perusahaan yang bagus, karena sekarang ari sudah 38 unit yang beres dan nanti bisa dioperasikan dengan gampang. Tapi, saya penasaran siapa yang bikin kesalahan itu dulu? πŸ˜‚ Yang penting ada solusi dan prosesnya cepat sekali banget. Saya juga senang ya karena ini jadi contoh bagus untuk perusahaan kita di Indonesia, bahwa kita bisa belajar dari kesalahan dan membuatnya menjadi hal yang baik.
 
Saya pikir kayak gue sih, kalau Airbus A320 masih bisa kembali normal setelah itu panjang lebar. Bayangin aja, selama 6.000 unit A320 harus dipetik karena software yang rusak 😳. Bagus sekali perusahaan Airbus dan regulator Uni Eropa ini, mau mengambil tindakan segera buat menyelesaikan masalahnya.

Gue rasa penting banget kalau pesawat bisa kembali beroperasi normal, tapi gue juga takut ada yang kehilangan kesempatan untuk terbang. Saya harap semua penerbangan di Indonesia bisa kembali stabil dan aman seperti sebelumnya πŸ›¬πŸ‘.
 
Wahhhh, aku senang banget kabar ini! Pesawat Airbus A320 kembali normal, makanya kita bisa terus menggunakan transportasi udara dengan aman πŸš€. Saya rasa perusahaan punya semangat yang luar biasa untuk mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tuntas. Mereka harus dihargai banyak-banyak karena sudah melakukan upgrade software dan proses inspeksi yang matang πŸ’». Aku tidak khawatir lagi, semoga pesawat-pesawat itu selalu aman dan terbang dengan lancar 😊.
 
Aku pikir kayak gini, kalau ada masalah dengan pesawat Airbus A320, penting buat airline dan pemerintah ko langsung mengatasi masalah itu biar aman kembali ke udara. Sebenarnya, aku senang bisa melihat armada pesawat Airbus A320 di Indonesia kembali normal setelah proses penarikan produk global yang dilakukan perusahaan ini. 38 unit pesawat yang terdampak instruksi kelaikudaraan sudah aman dan beroperasi normal, itu adalah hal yang positif!

Tapi aku masih ragu-ragu tentang apa yang menyebabkan masalah tersebut terjadi pada perangkat lunak. Aku harap perusahaan Airbus bisa segera mengatasi masalah tersebut biar tidak ada kejadian similar lagi di masa depan.
 
Yah, aku rasa gampang banget bagaimana Airbus bisa mengatasi masalah itu... Mereka udah buat software downgrade yang bagus kayaknya πŸ€“. Aku senang sekali armada pesawat A320 di Indonesia bisa kembali normal, udah lama ya sih. Saya harap para pilot dan awak penerbangan bisa fokus pada keselamatan lagi, bukan main-main dengan komponen-komponen itu. Dan siapa yang sengaja meledak logam di dalam pesawat? Wah, itu malah bikin penumpang jadi was-was πŸ˜‚. Aku rasa sekarang udah bagus, kita bisa terus fokus pada keselamatan dan kenyamanan saat berlayar di langit! πŸ’¨
 
Hehehe, nggak percaya aja sih, Armada Airbus A320 di Indonesia udah back normal banget! πŸš€ Sip, proses penarikan produk global itu memang bikin kita khawatir, tapi sekarang sudah sembuh. Lukman F Laisa itu kayak gila kayaknya, 38 pesawat udah bisa diperbaiki dan bisa terbang lagi, walaupun ada yang dipanggil kelaikudaraan ya πŸ˜‚. Tapi aku pikir ini adalah kesempatan baik untuk memperkuat keamanan penerbangan di Indonesia, karena Airbus itu kayaknya sudah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki masalahnya.

Aku pikir ini juga bisa membuat kita jadi lebih kritis terhadap keamanan penerbangan, karena kalau tidak perhatikan, gak tahu apa yang bisa terjadi. Saya selalu bilang bahwa keamanan adalah hal yang sangat penting, dan ini adalah contoh nyata di Indonesia. Baiklah, saya senang melihat armada Airbus A320 di Indonesia kembali normal, tapi saya juga tidak mau kalah dengan memastikan bahwa kita tetap waspada dan hati-hati terhadap keamanan penerbangan! 😊
 
Pikirku kalau ini semua sudah pas kan πŸ€” Armada A320 di Indonesia udah kembali normal setelah proses penarikan produk global. Mungkin masih ada yang ragu-ragu, tapi 38 pesawat sudah beres dan ditangani sejak 30 November pukul 05.05 WIB. Itu artinya semuanya sudah masuk akal. Jadi, apa lagi yang harus kita khawatirkan? πŸ™„
 
Kalau nggak salah, kayaknya Airbus A320 udah kembali normal banget setelah proses penarikan produk global. Saya rasa itu karena Airbus udah melakukan software downgrade atau pemulihan sistem yang akhirnya bikin pesawat bisa kembali beroperasi normal. Saya juga ngerasa pengamat penerbangan Gerry Soejatman benar-benar tepat dalam menyebutkan bahwa situasinya sudah terkendali dan tidak ada dampak signifikan dari temuan panel logam. Yang penting udah aman, kayaknya kalau udah terdampak instruksi kelaikudaraan, sekarang udah beres! πŸ›¬
 
Uda-uda Airbus A320 di Indonesia kembali normal kayak biasa! Saya rasa pemerintah dan Airbus juga gila banget dengan proses penarikan produk nih, tapi akhirnya sudah selesai. 38 pesawat udah beres, sih, dan sekarang aja ngerjain operasional-nya. Yang penting, keamanan udara masih terjamin, kayak yang dikatakan Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi. Saya rasa pengamat penerbangan Gerry Soejatman juga benar-benar tahu apa yang diinginkan masyarakat. Tapi, masih terdampak beberapa penerbangan yang penundaannya ngerusahin, kayaknya perlu dipantau lagi. Yang penting, Airbus sudah melakukan software downgrade untuk mengatasi masalah, jadi pesawatnya udah aman banget! πŸ›«οΈπŸ‘
 
kembali
Top