Stasiun LRT dan KRL Manggarai akan Terhubung dengan Jalur Khusus

Stasiun LRT Jakarta dan KRL Manggarai Bisa Berhubungan Dengan Jalur Khusus
Dalam upaya meningkatkan kenyamanan penumpang, Direktur Proyek LRT Jakarta, Ramdani Akbar, menyatakan bahwa stasiun LRT Jakarta fase 1B di Manggarai akan terintegrasi langsung dengan Stasiun KRL Manggarai. Namun, tidak berarti kedua kereta tersebut akan bergabung ke dalam satu peron yang sama.

"Jadi, penumpang bisa langsung turun dari Stasiun Manggarai dan kita bisa lanjut ke jalur konektivitas tersebut, kemudian pindah ke LRT Jakarta, begitu juga sebaliknya," kata Ramdani saat diskusi dengan wartawan di Stasiun LRT Pegangsaan Dua.

Layanan LRT Jakarta fase 1B Velodrome-Manggarai diramukan akan mulai beroperasi pada Agustus 2026 mendatang. Meskipun demikian, Ramdani mengakui bahwa okupansi kereta itu akan meningkat secara bertahap.

"Jadi, kita tidak bisa melonjak langsung 100% di hari pertama. Mungkin okupansi berdasarkan kajian kami yang mencapai 60 ribu sampai 80 ribu penumpang per hari dengan adanya layanan ini," kata Ramdani.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT LRT Jakarta, Roberto Akyuwen menargetkan bahwa LRT Jakarta bisa mengangkut sebanyak 1,2 juta penumpang hingga akhir 2025 ini. Saat ini, ia mengungkapkan jumlah penumpang LRT Jakarta telah menembus 1 juta orang.

Target ini ditempuh dengan on-time performance (OTP) yang mencapai angka 99,9 persen sampai Oktober 2025.
 
iya banget, kayaknya stasiun lrt jkt dan krl manggarai bakal lebih nyaman banget buat penumpang 🚂👍. tapi aku masih ragu2 apakah ini sebenarnya bisa dilaksanakan tanpa ada masalah teknis ya 😐. kalau begitu, aku harap ini bisa membantu mengurangi kerumunan di stasiun-stasiun lama 🤞. tetapi, aku juga ingat bahwa ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan penumpang, seperti jadwal dan fasilitas yang tersedia 🚗🏠.
 
aku senang sekali! kalau aku bisa ngomong tentang transportasi di Jakarta, aku akan terus bercanda hehe. nah, apa yang aku pikir kalau kereta LRT dan KRL bisa berhubungan dengan jalur khusus? itu seperti halnya kamu ingin ke bandara, tapi kamu tidak bisa langsung naik pesawat, jadi kamu perlu ngomong nge-nyampe dulu di bandara. kayaknya itu juga kaya aja nih, tapi aku paham kalau kereta harus berada di jalur yang sama atau tidak.

saya penasaran apa aja yang akan terjadi kalau ada hubungan antara LRT dan KRL? misalnya, kalau kamu naik LRT di Manggarai, kamu bisa langsung turun ke KRL? itu bakalan ngasih kesenangan deh banget! tapi kayaknya ini juga perlu dipertimbangkan bagaimana kenyamanan penumpang dan kereta yang harus disesuaikan.
 
gak sabar aja sama stasiun lrt dan krl manggarai terintegrasi nih 🚂😅 aku pikir ini akan membuat perjalanan di jakarta jadi lebih cepat dan nyaman. tapi kemudian aku pikir, apa sih keuntungan kalau kita buat konektivitas yang begitu rumit? kira-kira bakal lebih aman dan efisien, tapi ternyata masih ada okupansi yang tinggi pada hari pertama 🤯 aku rasa ini akan menjadi masalah besar.
 
Maksudnya kalau ada hubungan koneksi antara LRT Jakarta dan KRL Manggarai, itu akan jadi sangat membantu bagi penumpang, karena bisa akses langsung dari Stasiun Manggarai, dan nanti lanjut ke LRT Jakarta 🚂👍. Kalau begitu, tentu saja penumpang tidak perlu repot-repot cari stasiun LRT Jakarta dulu 😅. Tapi, mungkin ada yang masih ragu tentang kenyamanan ya? 🤔
 
Bener, kalau Stasiun Manggarai dan LRT Jakarta bisa akses secara langsung, makin nyaman nanti penumpang. Tapi nggak cuma itu aja, kalo targetnya naik sebesar 1,2 juta orang hingga akhir tahun, itu makin luar biasa. Sepertinya kalau kita bandingkan dengan commuter train lain di Jakarta, ini masih kurang dari yang ada di Bandung atau Surabaya. Tapi nggak masalah, kalau bisa meningkatkan kenyamanan dan efisiensi transportasi, itu sudah bagus.
 
Gue pikir banget ya, kalau gak ada konsep konektivitas seperti ini, nggak bisa diharapkan kenyamanan penumpang naik nanti. Mau di Jakarta, mau ke Bandung, mau ke Surabaya, kayaknya harus mudah aja cari transportasi yang nyaman. Nah, kalau ada konsep seperti ini, kan lebih baik lagi!

Aku yakin, kalau okupansi kereta mulai menembus 1 juta orang, maka LRT Jakarta bakal semakin populer, dan pasti banyak orang yang ingin naik transportasi seperti ini. Jadi, Direktur Utama Roberto Akyuwen nanti harus sibuk banget ya?

Tapi, gue penasaran aja sih bagaimana kalau kereta LRT Jakarta fase 1B di Manggarai itu mulai beroperasi pada Agustus 2026 nanti. Nanti kayaknya ada kesan yang seru banget kalau ada konsep konektivitas seperti ini!
 
kembali
Top