ManageEngine, divisi Zoho Corporation yang terkenal sebagai penyedia layanan TI bagi perusahaan, telah meluncurkan generative AI (GenAI) dari platform ServiceDesk Plus dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas tim TI dan mengoptimalkan pengeluaran operasional mereka.
Dengan adanya GenAI ini, pelanggan dapat memanfaatkan kemampuan AI tanpa biaya tambahan berbasis penggunaan. Mereka juga dapat memilih penyedia AI publik seperti ChatGPT dan Azure OpenAI untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Menurut Umasankar Narayanasamy, Vice President ManageEngine, strategi ini bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi pelanggan dalam memilih penyedia AI yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, pelanggan dapat menggunakan model AI yang paling tepat terbaik untuk berbagai fungsi dan mengoptimalkan efisiensi operasional mereka.
ManageEngine juga telah hadir dengan fitur-fitur baru seperti Ask Zia virtual agent dan Workflow Assist. Ask Zia dapat mempermudah pengguna berinteraksi dengan sistem teknologi informasi mereka tanpa perlu proses yang rumit, sedangkan Workflow Assist dapat membantu pengguna mengubah rancangan konsep menjadi alur kerja lengkap dalam hitungan detik.
Selain itu, GenAI ini juga dapat membantu pengguna membuat solusi otomatis berdasarkan percakapan tiket, catatan dan riwayat tiket sebelumnya, membuat checklist, menghasilkan cuplikan JavaScript untuk kustomisasi template, serta merekomendasikan solusi saat pengguna membuat atau memperbarui tiket.
Peningkatan GenAI ini juga telah diterima oleh Gartner sebagai Niche Player dalam 2025 Gartner Magic Quadrant for Artificial Intelligence Applications in ITSM. Laporan ini mengevaluasi 10 penyedia dan produk AI di pasar ITSM berdasarkan kemampuan untuk mengeksekusi dan kelengkapan visi.
Dengan demikian, ManageEngine telah menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan solusi AI yang mudah diterapkan tanpa biaya tambahan kepada pelanggan.
Dengan adanya GenAI ini, pelanggan dapat memanfaatkan kemampuan AI tanpa biaya tambahan berbasis penggunaan. Mereka juga dapat memilih penyedia AI publik seperti ChatGPT dan Azure OpenAI untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Menurut Umasankar Narayanasamy, Vice President ManageEngine, strategi ini bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi pelanggan dalam memilih penyedia AI yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, pelanggan dapat menggunakan model AI yang paling tepat terbaik untuk berbagai fungsi dan mengoptimalkan efisiensi operasional mereka.
ManageEngine juga telah hadir dengan fitur-fitur baru seperti Ask Zia virtual agent dan Workflow Assist. Ask Zia dapat mempermudah pengguna berinteraksi dengan sistem teknologi informasi mereka tanpa perlu proses yang rumit, sedangkan Workflow Assist dapat membantu pengguna mengubah rancangan konsep menjadi alur kerja lengkap dalam hitungan detik.
Selain itu, GenAI ini juga dapat membantu pengguna membuat solusi otomatis berdasarkan percakapan tiket, catatan dan riwayat tiket sebelumnya, membuat checklist, menghasilkan cuplikan JavaScript untuk kustomisasi template, serta merekomendasikan solusi saat pengguna membuat atau memperbarui tiket.
Peningkatan GenAI ini juga telah diterima oleh Gartner sebagai Niche Player dalam 2025 Gartner Magic Quadrant for Artificial Intelligence Applications in ITSM. Laporan ini mengevaluasi 10 penyedia dan produk AI di pasar ITSM berdasarkan kemampuan untuk mengeksekusi dan kelengkapan visi.
Dengan demikian, ManageEngine telah menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan solusi AI yang mudah diterapkan tanpa biaya tambahan kepada pelanggan.