Pengadaan 30 Rangkaian KRL Baru Jadi Angin Segar Bagi INKA

Presiden Prabowo Subianto mendukung penuh rencana PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk menambah 30 rangkaian kereta rel listrik (KRL) baru. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa rencana ini menjadi angin segar bagi industri perkeretaapian dalam negeri, khususnya untuk PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

Menurut Agus, produk INKA sudah diekspor ke banyak negara dan memiliki kualitas yang memadai. "Itu angin segar bagi industri nasional," katanya. Namun, ia juga menyatakan bahwa perlu diawasi kapasitas produksi PT INKA terlebih dulu dalam pengadaan rangkaian KRL ini.

PT KAI telah memesan 12 train set dari PT INKA dan 11 train set dari China Railway Rolling Stock (CRRC). Dari total pemesanan train set dari Cina, 8 di antaranya sudah beroperasi secara penuh, sementara tiga lainnya masih menjalani uji kelayakan teknis. Selain itu, KAI juga telah menerima empat rangkaian KRL dari INKA yang sedang melakukan uji teknis.

Direktur Utama PT KAI, Bobby Rasyidin menyatakan bahwa dengan INKA, sampai pertengahan tahun depan sudah beroperasi 12 rangkaian KRL.
 
Kereta listrik nih... aku kayaknya masih ragu-ragu. Jadi, Presiden itu mendukung penuh buat tambah kereta listrik, tapi bagaimana kalau ada kesalahan teknis? Aku ga yakin nih kalau PT INKA bisa menyelesaikannya cepat enough. Menteri itu kayaknya asyik-asik, tapi aku pikir harus diawasi terlebih dahulu produksi buat jangan gini-gini. KAI udah memesan kereta dari China juga, tapi bagaimana kalau ada masalah teknis? Aku rasa perlu waktu untuk mengetesnya terlebih dahulu nih...
 
Saya pikir nggak masalah sama sekali kalau pemerintah membutuhkan uang untuk bikin kereta api listrik. KALAU NYA GAK BERMAHA UANG, BISA NYA MUDAH JELAS TAHU INI BIKIN APA DEH? πŸ€” Selama pemerintah punya rencana yang jelas dan bisa dijalankan dengan baik, saya pikir itu sudah bagus. Saya harap kerenakai kereta api listrik ini bisa membuat banyak orang nyaman saat pergi ke tempat-tempat tujuan.
 
Saya rasa ini kalimatannya agak serangkaian, kan? Meningkatnya jumlah kereta rel listrik di Indonesia pasti baik banget buat transportasi umum di Jakarta dan Bandung, tapi kita harus memastikan agar kualitasnya tidak terlalu bergantung pada impor, ya? Kita harus memprioritaskan untuk meningkatkan produksi INKA sehingga kereta rel listrik yang diproduksi di Indonesia bisa menyeimbangkan dengan kebutuhan pemesanan dari luar negeri.
 
aku penasaran siapa lagi yang akan bikin kereta rel listrik buat Indonesia? kayaknya ada banyak kalangan yang terlibat di sini, dari PT Kereta Api Indonesia hingga China Railway Rolling Stock... tapi aku rasa masih perlu diawasi produksi kereta ini agar tidak jadi 'kereta listrik kain batik' lagi, haha!
 
aku pikir ini penting banget ya! kalau aja INKA bisa menghasilkan kereta listrik banyak dan berkualitasnya pas, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan keselamatan jalur kereta 😊. tapi kayaknya ada beberapa kekhawatiran tentang kapasitas produksi PT INKA terlebih dulu. aku harap pemerintah bisa membantu dan memberikan bantuan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan PT INKA dalam pengadaan rangkaian KRL ini πŸš‚πŸ’¨
 
Gak bisa percaya kalau semua kereta listrik itu nanti dioperasikan oleh INKA aja... tapi juga sih, perlu diawasi kapasitas produksi ya, jangan cuma nggak terkontrol. Tapi gak bisa disangkal lagi, INKA udah punya pengalaman diekspor ke luar negeri dan apa yang mereka buat udah berkualitas... tapi kalau tidak ada kontrol, mungkin nanti terjadi kesalahan produksi ya? Dan sih, saya senang sekali kalau kereta listrik ini bisa beroperasi di Indonesia, mungkin bisa mengurangi polusi udara... tapi, kalau kita serius, masih banyak yang harus diperhatikan, seperti biaya operasional dan infrastruktur di daerah-daerah yang akan dilayani oleh kereta listrik itu.
 
Gue pikir sih kalau ini bisa buat semangka industri kereta api di Indonesia nih... kalau bisa meneruskan produk yang sudah jelas bagus dari INKA, pasti akan membantu pertumbuhan perekonomian... tapi harus ada jeda juga buat pengawasan kapasitas produksi ya, biar tidak terlalu cepat dan kurangnya quality. Lalu sih, kalau ini bisa mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia, itu juga bakal bagus...
 
ini kayaknya bikin Indonesia lebih modern banget, tapi apa jangka waktu sih? 30 rangkaian kereta rel listrik itu nggak akan mudah diterminisasi, kan? dan biayanya gimana sih? kalau nggak sengaja kerusakan nanti kayaknya masalah besar juga πŸ€”
 
WOW, AKHIR NYA PERGANTIAN KERETA API REL LISTRIK DI INDONESIA!! πŸš‚πŸ’¨ SANGAT BAIK TAHU, MENTERI PERINDUSTRIAN AGUS GUMIWAH MENYATAKAN YANG INKA UDAH DIEKSPOR KE BANYAK NEGARA 😊. ITU BENAR-BENAR ANGIN SEGAR BIJI INDUSTRI NASIONALπŸ”₯! Aku rasa ini akan membantu meningkatkan layanan kereta api di Indonesia, terutama untuk penduduk yang tinggal di luar kota besar 😊. WOw, 12 train set dari Cina dan INKA? itu adalah langkah yang cerdas dalam meningkatkan kemampuan PT KAI πŸ’‘!
 
Gue rasa paham siapa yang mau diuntungkan disini... si PT INKA gak bisa salah kan? Merek kereta api kita ini udah diekspor ke banyak negara, tapi gue ragu apakah kualitasnya benar-benar bagus atau apa sih... Semua orang pasti senang banget kalau Indonesia dapat menjadi salah satu penyedia kereta api terbaik di dunia kan? Tapi gue masih penasaran kenapa harus penuh mendukung ya?
 
Gue pikir kalau ini keren banget! Kepada masyarakat kita harus diharapkan agar mendukung pihak Kereta Api Indonesia agar bisa memproduksi kereta rel listrik dengan semakin banyak. Nah, gue penasaran siapa yang akan menjadi konsumen dari kereta rel listrik ini nanti? Sepertinya jalan-jalan ke Bandung atau Jakarta sudah bisa lebih cepat aja, sih πŸ˜…. Tapi, gue masih ragu-ragu dulu, gimana kalau kereta ini bisa banget bengong dan tidak nyaman seperti sekarang? πŸ€” Gue harap pihak KAI bisa membuat kereta rel listrik ini dengan lebih nyaman dan efisien, ya! πŸ‘
 
aku pikir ini sangat baik kalau ada lebih banyak kereta rel listrik di indonesia, aku setuju dengan menteri agus gumiwang kartasasmita bahwa inka sudah diekspor ke luar negeri dan memiliki kualitas yang memadai, tapi kamu harus pastikan kapasitas produksi INKA bisa menangani pengadaan 30 rangkaian kereta rel listrik ini jadi tidak akan capek atau ada kekurangan waktu pembuatan, tapi aku yakin kalau diatasi dengan baik ini akan menjadi hal yang sangat baik bagi industri perkeretaapian dan juga untuk kemudahan perjalanan masyarakat πŸš‚πŸ’¨
 
Kalau mau ngerasa bangga dengan diri sendiri, pastikan juga orang lain bisa merasanya πŸš‚πŸ’¨. Yang penting adalah kita semua bisa menikmati kemudahan perjalanan dengan kereta api yang lebih nyaman dan ramah lingkungan.
 
Gue penasaran, kira-kira bagaimana caranya kalau PT INKA bikin kereta rel listrik baru? Apakah mereka already punya rancangan yang bagus atau masih ada perubahan lagi? Gue suka banget dengan konsep kereta rel listrik ini, tapi gue juga keberatan apakah biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan kereta rel listrik ini terlalu mahal?
 
[ GIF: mobil listrik dengan mata seru ]

gak sabar banget sih krl baru ini πŸš‚πŸ’¨! kayaknya bisa menghemat energi dan semakin efisien, walaupun masih ada yang bikin uji teknik lama kepanjangannya πŸ˜…. tapi apa salahnya, lebih baik lagi bila kita punya teknologi yang bagus aja! πŸ€”
 
Gue pikir kalau goyo buat pemerintah sekarang nanti. Nih, 30 rangkaian KRL baru itu bisa jadi solusi untuk transportasi umum di Jakarta, tapi apa kenaapa aja kalau INKA tidak bisa memenuhi permintaan? Kapasitas produksi mereka sendiri masih kurang nggak kan? Gue khawatir kalau ini berpotensi bikin perusahaan kereta api kita jadi terlalu tergantung pada impor, bukan?
 
ini rencana kayaknya gak cuma bawa china ke indonesia aja, tapi ada produsen nasional yang bisa jadi salah satunya yaitu inka... tapi kira2apa kapasitas produksinya bakal bisa menangani pesanan yang banyak gitu? masih banyak lagi krl yang harus dibeli, gak tahu apa aja rencana selanjutnya...
 
Aku pikir rencana ini benar-benar bagus! 🀩 Berangkat dari keberhasilan produk INKA diekspor ke banyak negara, aku yakin kalau dengan bantuan teknologi terbaru, produksi kereta rel listrik di Indonesia akan semakin berkualitas. Saya rasa itu juga akan membuat pemerintah bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya lingkungan dan energi yang ramah. Dan aku rasa ini juga akan memberikan peluang bagus bagi PT INKA untuk berkembang lebih jauh lagi! πŸš‚πŸ’¨
 
Saya pikir ini yang salah, kalau memang benar itu makin angin segar bagi industri perkeretaapian kaya gini? tapi sapa sih yang tahu keaslian produk INKA di luar negeri? gimana bisa sih mereka punya kualitas yang memadai kalau belum ada uji coba atau test terlebih dahulu? dan bukan sih PT KAI harus beroperasi 12 rangkaian KRL sebelum ini? itu kepanikan, mau tidak mau harus ada prioritas deh.
 
kembali
Top