Kemenpareng Meningkatkan Kunjungan Wisatawan, Tak Ada Pengecualian Bali!
Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, mengungkapkan bahwa Kementerian Pariwisata sedang berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP). Menurut dia, sudah ada 10 DPP dan tiga Destinasi Pariwisata Regenerative (Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau).
Untuk meningkatkan konektivitas, Widiyanti mengungkapkan bahwa Kemenpar akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum. Dia juga menjelaskan bahwa ada strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
"Kami bersama dengan Menteri Perhubungan sedang memetakan peningkatan konektivitas karena sudah ada 36 bandara internasional. Kemudian juga tadi dengan asesmen PU minggu ini atau minggu depan kami akan bertemu untuk memetakan pembangunan di destinasi wisata tersebut," ujarnya.
Strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh Kemenpar adalah berpartisipasi dalam expo di luar negeri dan meningkatkan target pasar high end. Menurut Widiyanti, penting untuk mendekati rating agency internasional seperti Michelin, The World's 50 Best Restaurants, dan Forbes Travel Guide.
"Mereka akan memasukkan hotel kita, resort kita, dan restoran kita dalam ranking supaya setara dengan the best of the best di dunia," ujar Widiyanti.
Selain itu, Kemenpar juga akan berpartisipasi dalam UN Tourism di Arab Saudi dan bertemu dengan Menteri Pariwisata di sana untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari Arab Saudi ke Indonesia di musim haji.
Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, mengungkapkan bahwa Kementerian Pariwisata sedang berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP). Menurut dia, sudah ada 10 DPP dan tiga Destinasi Pariwisata Regenerative (Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau).
Untuk meningkatkan konektivitas, Widiyanti mengungkapkan bahwa Kemenpar akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum. Dia juga menjelaskan bahwa ada strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
"Kami bersama dengan Menteri Perhubungan sedang memetakan peningkatan konektivitas karena sudah ada 36 bandara internasional. Kemudian juga tadi dengan asesmen PU minggu ini atau minggu depan kami akan bertemu untuk memetakan pembangunan di destinasi wisata tersebut," ujarnya.
Strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh Kemenpar adalah berpartisipasi dalam expo di luar negeri dan meningkatkan target pasar high end. Menurut Widiyanti, penting untuk mendekati rating agency internasional seperti Michelin, The World's 50 Best Restaurants, dan Forbes Travel Guide.
"Mereka akan memasukkan hotel kita, resort kita, dan restoran kita dalam ranking supaya setara dengan the best of the best di dunia," ujar Widiyanti.
Selain itu, Kemenpar juga akan berpartisipasi dalam UN Tourism di Arab Saudi dan bertemu dengan Menteri Pariwisata di sana untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari Arab Saudi ke Indonesia di musim haji.