Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Rini Widyantini telah mendukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Madrid, Spanyol untuk terus melakukan transformasi digital dalam menyajikan pelayanan publik yang lebih aksesibel, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Menurutnya, KBRI merupakan contoh praktik birokrasi Indonesia yang efektif dan profesional di luar negeri.
Transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dapat dinikmati oleh warga negara Indonesia (WNI) serta berbagai stakeholder eksternal terkait dengan kepentingan Indonesia. "Kita perlu mendorong dan menjamin pelayanan yang diberikan kepada para pihak harus sesuai dengan ekspektasi mereka," kata Rini.
Pemerintah saat ini tengah membangun Digital Public Infrastructure (DPI), yang mencakup digital ID, data exchange, dan digital payment. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk meningkatkan integrasi layanan lintas instansi dan menyatukan layanan supaya masyarakat dapat menggunakan dengan mudah dan transparan.
KBRI di Madrid juga akan menjadi salah satu contoh keberhasilan transformasi digital pemerintah. Rini berharap KBRI dapat menjadi bagian penting dari ekosistem keterpaduan layanan pemerintah serta memberikan kemudahan bagi masyarakat secara nyata. Peningkatan ini dilakukan dalam rangka reformasi birokrasi yang lebih responsif dan bekerja dengan koordinasi lintas instansi, menurut arahan Presiden Prabowo Subianto.
Rini juga berkesempatan berdiskusi dengan pegawai dan ASN yang ada di KBRI Madrid. "Saya senang dapat berdiskusi dengan ASN disini, ASN merupakan bagian dari birokrasi yang bertugas untuk melakukan layanan-layanan untuk mempekuat hubungan internasional," kata Rini dalam keterangan tertulis.
Transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dapat dinikmati oleh warga negara Indonesia (WNI) serta berbagai stakeholder eksternal terkait dengan kepentingan Indonesia. "Kita perlu mendorong dan menjamin pelayanan yang diberikan kepada para pihak harus sesuai dengan ekspektasi mereka," kata Rini.
Pemerintah saat ini tengah membangun Digital Public Infrastructure (DPI), yang mencakup digital ID, data exchange, dan digital payment. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk meningkatkan integrasi layanan lintas instansi dan menyatukan layanan supaya masyarakat dapat menggunakan dengan mudah dan transparan.
KBRI di Madrid juga akan menjadi salah satu contoh keberhasilan transformasi digital pemerintah. Rini berharap KBRI dapat menjadi bagian penting dari ekosistem keterpaduan layanan pemerintah serta memberikan kemudahan bagi masyarakat secara nyata. Peningkatan ini dilakukan dalam rangka reformasi birokrasi yang lebih responsif dan bekerja dengan koordinasi lintas instansi, menurut arahan Presiden Prabowo Subianto.
Rini juga berkesempatan berdiskusi dengan pegawai dan ASN yang ada di KBRI Madrid. "Saya senang dapat berdiskusi dengan ASN disini, ASN merupakan bagian dari birokrasi yang bertugas untuk melakukan layanan-layanan untuk mempekuat hubungan internasional," kata Rini dalam keterangan tertulis.