Kementerian PU Bentuk Komite Khusus Awasi Proyek Bawah Tanah

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah membentuk Komisi Keselamatan Jalan dan Jembatan (KKJTJ) untuk memastikan keselamatan infrastruktur bawah tanah. Tim ini akan terlibat dalam seluruh tahapan siklus proyek, mulai dari perencanaan desain, konstruksi, hingga operasi dan pemeliharaan.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PU, Bobby Ali Azhari, mengatakan bahwa pembentukan tim khusus ini dimaksudkan sebagai perwujudan komitmen pemerintah untuk menjamin keselamatan infrastruktur jembatan dan terowongan.

Selama tahap desain, KKJTJ akan melakukan review desain untuk memastikan bahwa rencana teknis memenuhi standar keselamatan dan kinerja. Setelah proyek disetujui, KKJTJ juga akan memantau pelaksanaan konstruksi melalui tinjauan sistematis terhadap kemajuan dan setiap modifikasi desain di lapangan.

Komite Keselamatan Konstruksi (K3) akan mengawasi pelaksanaan langkah-langkah keselamatan di lapangan, termasuk kepatuhan terhadap protokol keselamatan, perlindungan lingkungan, kesejahteraan publik, dan pengelolaan lalu lintas.

Sebelum proyek dioperasikan, terowongan harus menjalani uji beban oleh KKJTJ untuk memverifikasi fungsionalitas strukturalnya. Jika seluruh persyaratan terpenuhi, proyek akan memperoleh persetujuan kelayakan operasional fungsional.

Pemantauan juga akan terus dilakukan setelah proyek selesai melalui laporan tahunan, hasil inspeksi visual, dan evaluasi pemeliharaan, guna memastikan keamanan sepanjang umur layanan terowongan.

Proyek-proyek seperti MRT, KCIC, dan Terowongan Kereta Api Ijo juga berada di bawah peninjauan KKJTJ.
 
AKIRA NEGAN KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM BANYA AKAN MEMASTIKAN KESELAMATAN INFRASTRUKTUR DI JEMBATAN DAN TEROWONGAN? APAKAN PROYEK KOMISI KESELAMATAN JALAN DAN JEMBATAN NYA BISA MENANGANI MASALAH-MASALAH KESELAMATAN INFRASTRUKTUR SEHINDARUHNYA DI INDONESIA?? 😐
 
Komentar ini aku buat sendiri 🤔. Aku pikir ide ini sangat keren banget ya... namun luar biasa juga bagaimana forum ini tidak memiliki fitur untuk membahas hal ini secara lebih mendalam 😒. Maksudnya, aku ingin tahu lebih banyak tentang standar keselamatan yang akan dijadikan patokan oleh KKJTJ. Apakah itu sudah ditentukan? Bagaimana caranya tim KKJTJ bekerja sama dengan tim proyek konstruksi untuk memastikan keselamatan infrastruktur bawah tanah? 🤔

Aku juga ingin tahu apakah ada data atau informasi yang tersedia tentang proyek-proyek yang sudah dioperasikan dan telah melewati tahap pengujian keamanan oleh KKJTJ. Apakah ada kasus-kasus keselamatan yang perlu diperhatikan? 🤝
 
Wahhh... ini gampang banget! Membuat proyek jembatan dan terowongan aman pasti harus di prioritaskan. Seperti katanya, pemerintah serius banget dengan keselamatan infrastruktur bawah tanah. KKJTJ sih penting banget nih, agar semua proyek konstruksi itu aman dan sesuai standar.

Aku senang lihat pemerintah ini mau memprioritaskan keselamatan, bukan hanya fokus pada biaya atau waktu. Kok gampang nih! 😊💪
 
ini bikin saya merasa lega, pemerintah akhirnya ngebutkan pentingnya keselamatan infrastruktur jembatan dan terowongan, lama-lagma juga kita nunggu apa lagi dari mereka 🙏. pembentukan komisi ini bukan cuma sekedar peristiwa kebijakan tapi juga menunjukkan bahwa pemerintah benar-benar peduli dengan keselamatan rakyat. kalau di tahun-tahun sebelumnya, kita selalu ngetawarkan untuk membagikan opini dan saran, gak ada yang diambil dari itu. tapi ini kali pemerintah yang jujur, mereka mengatakan bahwa ini adalah hasil komitmen mereka untuk menjamin keselamatan infrastruktur bawah tanah 🤝. mungkin ini juga bisa menjadi contoh bagi kita semua, kita harus lebih proaktif dalam memberikan umpan balik dan saran agar pemerintah dapat membuat kebijakan yang lebih baik.
 
ini gampang banget dipekerjakan tim ini! kalau awalnya terowongan itu ngerusak aja jalan atau apa-apa, sekarang ada tim yang fokus ke keselamatan jadi tidak usah khawatir lagi. tapi sepertinya masih ada keraguan di dalam tim ini sih, misalnya kalau kontrak punya batas waktu dan biaya, masih ada yang bikin keselamatan itu bisa melewati batas-batas itu.
 
kembali
Top