Tirto.id melaporkan bahwa pada triwulan ketiga tahun 2025, transaksi e-retail dan marketplace tumbuh sebesar 6,19 persen. Menurut Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Moh. Edy Mahmud menyebutkan beberapa kategori komoditas yang banyak dibeli masyarakat secara online adalah personal care, perlengkapan rumah tangga, transportasi, rekreasi dan olahraga, serta pakaian.
Nilai transaksi berbagai kelompok komoditas ini meningkat pada triwulan ketiga tahun 2025 dibandingkan dengan triwulan kedua tahun 2025. Selain itu, BPS juga melaporkan bahwa lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh sebesar 9,65 persen secara tahunan, menjadikannya keempat tertinggi di antara pertumbuhan lapangan usaha lainnya setelah jasa pendidikan, jasa perusahaan, dan jasa lainnya.
Pertumbuhan informasi dan komunikasi sejalan dengan adanya peningkatan aktivitas telekomunikasi, peningkatan traffic data, dan peningkatan transaksi perdagangan melalui sistem secara elektronik. Adapun konsumsi rumah tangga pada triwulan ketiga tahun 2025 tercatat tumbuh sebesar 4,89 persen, dengan pertumbuhan ditopang oleh konsumsi untuk transportasi dan komunikasi yang tumbuh sebesar 6,41 persen.
Selain itu, konsumsi rumah tangga juga didorong oleh konsumsi untuk restoran dan hotel yang tumbuh tinggi sebesar 6,32 persen. Namun, apabila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, konsumsi rumah tangga melambat baik secara tahunan maupun kumulatif.
Nilai transaksi berbagai kelompok komoditas ini meningkat pada triwulan ketiga tahun 2025 dibandingkan dengan triwulan kedua tahun 2025. Selain itu, BPS juga melaporkan bahwa lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh sebesar 9,65 persen secara tahunan, menjadikannya keempat tertinggi di antara pertumbuhan lapangan usaha lainnya setelah jasa pendidikan, jasa perusahaan, dan jasa lainnya.
Pertumbuhan informasi dan komunikasi sejalan dengan adanya peningkatan aktivitas telekomunikasi, peningkatan traffic data, dan peningkatan transaksi perdagangan melalui sistem secara elektronik. Adapun konsumsi rumah tangga pada triwulan ketiga tahun 2025 tercatat tumbuh sebesar 4,89 persen, dengan pertumbuhan ditopang oleh konsumsi untuk transportasi dan komunikasi yang tumbuh sebesar 6,41 persen.
Selain itu, konsumsi rumah tangga juga didorong oleh konsumsi untuk restoran dan hotel yang tumbuh tinggi sebesar 6,32 persen. Namun, apabila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, konsumsi rumah tangga melambat baik secara tahunan maupun kumulatif.