Soal Rencana Merger GoTo - Grab, Mensesneg: Rencana Begitu

Rencana Merger Antara GOTO dan Grab Jadi Kenyataan?

Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi telah membenarkan bahwa ada rencana penggabungan antara dua raksasa aplikator ride sharing, yaitu PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT Grab Teknologi Indonesia.

"Salah satunya," ujar Prasetyo saat diwawancarai di Istana Merdeka, Jumat (7/11/2025). Rencana penggabungan ini telah dipertimbangkan oleh keduanya dan sedang dalam tahap pembicaraan untuk menentukan bentuk penggabungan yang akan dilakukan.

"Rencana begitu," kata Prasetyo. Namun, perlu diingat bahwa rencana ini masih dalam tahap diskusi dan belum ada kepastian tentang kapan targetnya dapat diselesaikan.

Menurut Prasetyo, tujuan dari penggabungan ini adalah untuk menciptakan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. "Tujuannya supaya perusahaan ini tetap berjalan," kata dia. "Karena bagaimana perusahaan ini adalah pelayanan yang di situ tercipta tenaga kerja, saudara-saudara kita yang menjadi mitra itu jumlahnya cukup besar."

Penggabungan antara GOTO dan Grab juga akan membantu meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna. "Ojol adalah pahlawan ekonomi, menggerakkan ekonomi," kata Prasetyo.
 
Mau nonton siapa yang bakar api ini? 🤔 Pertimbangan dari Menteri Sekretaris Negara tentang merger antara GOTO dan Grab pasti buat semua orang mengejutkan. Rencana penggabungan ini itu untuk membuat pelayanan di Indonesia lebih baik, tapi apa yang bikin perusahaan ini jadi satu lagi? 🤑 Ojol memang punya dampak besar di ekonomi kita, tapi siapa yang nantinya bakal mengelola semua kekayaan ini? 🤷‍♂️ Pastikan bahwa penggabungan ini dilakukan dengan benar dan tidak membuat pekerja kena korupsi ya... 😬
 
Saya pikir ini gampang banget aja. Aplikasi ojek online yang populer di Indonesia seperti GoTo dan Grab seharusnya terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanannya. Jadi, penggabungan ini itu mungkin bagus banget... tapi jangan lupa juga untuk mendengarkan pendapat dari mitranya juga ya. Karena, kalau di Indonesia kita suka apa yang "benar" bukan apa yang "bagus".
 
aku rasa ini sangat baik 🙌! kalau bisa gabungin 2 aplikasi transportasi secepat ini pasti akan membuat ojol semakin berkembang dan lebih efisien ya! aku harap targetnya bisa diselesaikan cepat, sehingga kita bisa menikmati layanan yang lebih baik dan lebih mudah 🚗💨.
 
Ggak sabar banget kenapa di kalangan netizen Indonesia banyak yang pikirin rencana merger itu akan membawa kerugian... tapi benar-benar tidak! Apalagi dengan tujuan yang jelas untuk meningkatkan layanan dan efisiensi operasional. Saya rasa kalo kita terus memperhatikan pernyataan Menteri Prasetyo, maka rencana merger ini bisa menjadi kesempatan besar bagi Indonesia... 🙏👍
 
Kalau ari, rasanya Goto dan Grab harus jadi satu dulu, biar bisa lebih baik lagi buat masyarakat, ya? Jangan cuma perusahaan yang terus maju sih, tapi tenaga kerja juga yang banyak, kalau jadi satu kaya nggak ada masalah lagi. Nah, ari bakal seru banget lihat bagaimana operasionalnya dan pelayanan pengguna kaya apapun! 💡🚗
 
"Kamu tidak bisa memprediksi masa depan, tapi kamu bisa membangun jati diri sendiri" 🕰️💪. Dengan begitu, saya pikir penggabungan antara GOTO dan Grab harus dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat. Jika dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan bagi pengguna, maka itu adalah langkah positif bagi kedua perusahaan. 🤔💼
 
Gini deh, sih... Apa kabar dengan aplikasi ojol kita? Pasti akan menjadi satu-satunya yang terus berdiri, kan? Rencana merger ini kayaknya gampang, tapi sebenarnya apa yang dimaksudkan dengan "pelayanan yang lebih baik"? Aku rasa kalau mereka hanya ingin menyelamatkan diri dari persaingan dengan ojol lainnya. Dan siapa yang akan menjadi "pahlawan ekonomi" sih? Tidak bisa dipungkiri, ojol kita sudah sangat penting bagi banyak orang. Mungkin seharusnya mereka cari cara yang lebih cerdas daripada sekedar merger aja. 🤔
 
aku pikir ini salah strategi banget, sih... kalau mau gabung kan harus ada tujuan yang jelas, bukannya hanya biar perusahaan terus berjalan? 🤔 sekarang apa yang bakal terjadi dengan kepentingan pengguna? siapa yang bakal mengatur pelayanan di masa depan? ini malah bikin aku khawatir...
 
Mengenang kisah para ojek musim panas yang pernah aku lihat saat masih SMA. Kita semua tahu bagaimana mereka bekerja keras untuk membawa penumpang, tapi tidak ada upah yang pasti dan selalu sedikit kelebihan. Itu adalah contoh dari bagaimana sistem bisnis di Indonesia seringkali membutuhkan kerja keras seseorang demi keuntungan orang lain.

Jadi, apabila penggabungan antara GOTO dan Grab bisa menyelesaikan masalah upah dan meningkatkan kualitas layanan, itu adalah hal yang sangat baik. Yang perlu kita lakukan adalah untuk memastikan bahwa manfaat dari penggabungan ini tidak hanya mencapai beberapa orang, tapi juga merespon kebutuhan masyarakat secara keseluruhan.
 
Gue rasa kalau merger ini nanti bakal memberikan faedah banget buat masyarakat. Misalnya, semakin besar perusahaan yang dibentuknya, maka semakin efisien operasional dan biaya bisa dikurangi. Nah, itulah bagaimana seharusnya penggabungan ini harus dijalankan. Gue rasa kalo perusahaan ini bisa menangani masalah transportasi di Indonesia dengan lebih efektif, makan faedah buat semua orang.

Dan gue juga senang kalau tujuan dari merger ini adalah membuat pelayanan yang lebih baik buat masyarakat. Karena sekarang kita sudah banyak melihat masalah penggunaan ojol, misalnya keterlambatan dan penurunan kualitas layanan. Jadi, merger ini pasti bakal membantu mengatasinya.

Tapi, gue rasa perlu ada kepastian tentang bagaimana merger ini akan dilakukan dan kapan targetnya dapat diselesaikan. Karena kalau tidak disiapkan dengan baik, maka semakin buruk hasilnya.
 
Maksudnya apa sih nih? Penggabungan antara GOTO dan Grab itu pasti bakal membuat konsumen lebih senang, tapi aku pikir ini juga bisa bikin kerugian bagi mitranya... Ojol di Indonesia sudah terlalu banyak, jadi jika digabungkan dengan Grab, bakal bagus atau tidak? Aku rasa masih perlu diskusi lebih lanjut tentang hal ini.
 
Aku pikir kalau GOTO & Grab dijahatin sama kompetisi aja, tapi sekarang aku rasa ada alasan buat perpaduan ya... Kalo mereka bisa buat layanan yang lebih baik dan efisien, tentu aksi itu bakal membawa manfaat bagi masyarakat. Tapi gak tahu sih apakah ini akan membuat Ojol jadi kurang banyak kerja sama dengan mitra-mitranya 😕🤔
 
Saya penasaran sih siapa yang benar nih? GOTO atau Grab? Menteri itu bilang ada rencana penggabungan, tapi gimana caranya? Cukup sekedar diskusi aja tanpa hasil apa pun? Dan mengapa harus GOJO dan Grab aja? Apalagi ada pilihan lain? Sumbernya dari mana?
 
Urgghhh 🤕 Perusahaan raksasa itu lagi punya rencana untuk gabungin. Kapan lagi mereka ingin mengubah sistem kita? Mereka bilang mau membuat pelayanan yang lebih baik, tapi aku pikir hanya cara agar mereka bisa menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional. Meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna itu apa artinya? Mereka akan menambahkan biaya untuk pengguna, kan? Saya rasa kayaknya ini hanya cara agar mereka bisa memperkuat posisi mereka di pasar. Ojol yang sekarang sudah cukup banyak, tapi mereka ingin lebih banyak lagi... 🚧
 
kembali
Top