Ratusan Kali Recall, Ada Apa dengan Ford?

Ford menempelkan ratusan ribu unit mobilnya kembali ke bengkel akibat kesalahan manufaktur yang mencakup masalah keselamatan. Pada minggu lalu, Ford mengumumkan gelombang recall yang ke-120 di tahun ini, melibatkan lebih dari 600 ribu kendaraan. Masalahnya terjadi pada komponen seat belt anchor pretensioner yang dapat berkarat akibat paparan air dan garam jalan di wilayah bersalju seperti Michigan, New York, dan Pennsylvania.

Jika dibiarkan, korosi tersebut bisa melemahkan kabel pengikat sabuk pengaman, meningkatkan risiko cedera saat kecelakaan. Ford menyatakan perbaikan untuk masalah ini baru bisa dilakukan pada Januari 2026, setelah suku cadang pengganti tersedia. Selain itu, hampir 292 ribu unit Ford F-250, F-350, dan F-450 produksi 2020–2022 juga ditarik karena sistem kamera 360 derajat yang gagal menampilkan gambar belakang dengan benar.

Dalam kasus terbaru, pemerintah Amerika menyebut adanya "perbedaan pencahayaan ekstrem antar kamera" yang menyebabkan tampilan menjadi terlalu gelap atau terlalu terang. Solusi sementara adalah pembaruan perangkat lunak, yang baru akan diluncurkan pada Maret tahun depan.

Dengan 120 recall dalam satu tahun, banyak yang menilai Ford perlu segera memperbaiki sistem kontrol kualitasnya agar reputasi merek tidak semakin terguncang. Namun, langkah cepat Ford ini dinilai sebagai upaya menjaga kepercayaan pelanggan di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif global.
 
Hehe, Ford yang seru banget, kiri kanan memutuskan mobilnya! 🤦‍♂️ Ingat aja kalau Indonesia punya masalah mobil juga, tak? 😅 Jadi, Ford menempelkan ratusan ribu unit mobilnya kembali ke bengkel karena kesalahan manufaktur. Masih bisa dibiarkan, tapi jangan sampai korosi itu melemahkan kabel pengikat sabuk pengaman, ya! 🚨

Dan lagi-lagi Ford yang menarik kamera 360 derajatnya tidak bisa menampilkan gambar belakang dengan benar. Perbedaan pencahayaan ekstrem antara kamera-kamera itu memang membuat tampilan menjadi terlalu gelap atau terlalu terang. Solusi sementara adalah pembaruan perangkat lunak, tapi jangan lupa kalau Indonesia punya masalah mobil juga! 😅

Dalam satu tahun, 120 recall Ford yang kaya banget! 🤯 Jadi, apakah Ford harus memperbaiki sistem kontrol kualitasnya agar reputasi merek tidak semakin terguncang? Atau, langkah cepat ini adalah upaya menjaga kepercayaan pelanggan di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif global? 🤔
 
Gampang banget kok, Ford harus lebih berhati-hati lagi dalam produksinya 🤦‍♂️. Kalau tidak sengaja ada kesalahan, bisa jadi korban yang takut karena mobilnya rusak atau bahkan cedera! 🚗💥. Nah, kalau mereka sudah siap dengan komponen baru dan suku cadang pengganti, itu juga udah wajar kok. Tapi, Ford harus lebih siap lagi di depannya 💪. Jangan sampai mobil-mobil mereka makin semakin rusak, kan? 🤦‍♂️.
 
Wow 😮 Ford memang lagi-lagi mengalami kesalahan produksi yang parah! Masalahnya, siapa yang tahu kalau ada orang bisa melihat masalah seperti ini dan tidak membuat perubahan? 🤔 Interesting 🚗
 
Aku pikir ini gampang banget dilarikan, kayaknya ada yang harus dicari sumber masalahnya sih... apa sih salah produksi Ford itu? 🤔
 
Gue pikir kalau Ford harus lebih teliti dalam proses manufaktur nih. Jika kesalahan-kesalahan seperti ini bisa terjadi, tentu adegan reputasi merek punya masalah. Gue juga penasaran dengan kapan suku cadang pengganti akan tersedia sih. Jangan mau tunggu sampai Januari 2026, kan? Ford harus lebih cepat memperbaiki masalah ini agar pelanggan tidak kecewa.
 
Pernah lihat kayakana kalau Ford, salah satu brand mobil paling besar di dunia ini, harus mengambil tindakan drastis seperti itu? Mereka sendiri yang salah, sih. Bagaimana bisa suatu brand mobil seperti itu bisa memiliki masalah keselamatan yang parah-parah dan masih belum berhasil memperbaikinya hingga saat ini? Masih banyak mobil-mobil di jalan yang bisa berbahaya bagi penggunanya.

Dan apa yang paling mengecewakan adalah, Ford sendiri yang tidak punya kepercayaan diri untuk mengatakan bahwa mereka sudah pasti siap memberikan kemudahan dan keselamatan bagi pengguna mobil-mobil mereka. Tapi, apa yang mereka lakukan itu? Mereka cuma bilang, "Oh, kita akan segera memperbaiki masalah ini..." Dan baru-baru ini, lagi-lagi ada recall yang dikeluarkan!

Pernah lihat kayakana kalau Ford harus berjuang keras untuk memperbarui reputasi mereka? Dan apakah itu semua bisa dilakukan dengan hanya 120 recall dalam satu tahun? Semua itu harus diubah! Kita perlu menilai kembali bagaimana sistem kontrol kualitasnya, caranya, dan semua hal lain yang terkait dengan keamanan mobil.
 
Gampang banget Ford kena bawa mobil-mobilnya pulang ke bengkel! 🤦‍♂️ Kalo tidak diperbaiki, korosi itu bisa jadi bikin sabuk pengaman gak bisa bekerja dengan baik, dan itu sama-sama berbahaya. Makanya aku senang Ford mau segera memperbaikinya. Tapi, apa yang perlu diingat sih kalau masalahnya sebenarnya dari masalah kualitas suku cadang bukan? Maka dari itu, perlu ada langkah lebih lanjut untuk mengevaluasi sistem kontrol kualitas di Ford. Kalo nggak, caranya aja bikin mobil-mobilnya semakin gak percaya. Aku harap Ford bisa segera memperbaikinya dan tidak membuat reputasinya semakin jauh. 🚗💪
 
Gue pikir kalau Ford perlu memperhatikan hal-hal yang lebih sederhana dulu, gak perlu sampai harus melakukan recall banyak kali... #KualitasBengkelMaksimal

Aku yakin kalau jika mereka memperbaiki masalah kamera 360 derajat sekarang, tidak usah nunggu sampai januari 2026 aja... Gue rasa itu bisa dipecahkan dulu #KualitasSistemKamera

Ford harus lebih proaktif dalam mengevaluasi produknya dan melakukan perbaikan sebelum recall banyak sekali... #KualitasProdukMaksimal

Tapi, aku juga mengerti bahwa Ford memiliki kekuatan besar di pasar otomotif global... Mereka harus berusaha untuk memperbaiki reputasinya dengan langkah-langkah yang tepat... #KepercayaanPelanggan
 
Gue pikir gak jarang banget banget ya Ford menemukan kesalahan-kesalahan kayaknya. Kalau bukan, nggak akan ada banyak mobil yang ditarik dari garage ya. Merek ini harus berinvestasi lebih dalam pengembangan sistem kontrol kualitasnya agar kesalahan seperti ini tidak terjadi lagi di masa depan. Gue rasa Ford harus ambil contoh dari Toyota dan Honda yang sudah jauh lebih baik dalam hal ini. 🤦‍♂️💻

Sistem kamera 360 derajat juga gak asah banget sih. Gue suka mobil F-250, tapi kalau sistemnya kayak ini, aku nggak bisa nyaman banget ketika berjalan di malam hari ya. Mereka harus fokus untuk memperbaiki semua masalah ini sebelum ada korban yang jadi bukti dari kesalahan-kesalahan ini 🚨💔
 
Gue rasa gak usah banget ya Ford kalo serius2 buat memperbaiki masalah ini, kalau mau terus kelamaan-selama dulu kabarin recall nanti kegadis-gadisan aja, kuy kudapetekan, pemerintah America udah berbicara2 aja kan, gak jelas2 apa yang harus dilakukan Ford. Mau buat perbaiki komponen ya atau mau coba lagi sambil nanti kabarin dulu, udah kayaknya kabur. Gue rasa Ford kudu serius2 buat memperbaiki masalah ini, kalau gak kabarin recall nanti gue kuy aja pilih mobil lain, gue udah capek dengan banget. 💔
 
Gini kan, kalau mobil punya masalah keselamatan, apa lagi masalahnya harus buang ribuan unit? Tapi nggak bisa dipungut uang dari mobil yang salah, jadi harus membuang dan kembali ke bengkel untuk diperiksa. Maksudnya, bisakah kalau gini terjadi di Indonesia? Bayangin aja, mobil Honda atau Toyota kapan-kapan nanti menempelkan ribuan unit karena kesalahan manufaktur, dan semua orang akan panik karena tidak bisa beli mobil favorit. Mereka siapa yang salah itu yang harus nggak punya mobil lagi 🤯.
 
Gue rasa kalau Ford udah lulus, kayaknya udah siap dibilang pabrik mobil terbaik di dunia 🤣. Jika perlu nunggu januari 2026 aja sih, itu gak bising, kan? Gue rasa pemerintah Amerika nggak bisa dipercaya, kalau punya masalah dulu kenapa punya solusi udah tahun depan? 😒 Ford udah punya jawaban yang jelas, dan itu kayaknya sudah cukup untuk diakui. Yang penting, mobil gue masih bisa dipakai dengan aman 🙏.
 
kembali
Top