Produsen Ban Michelin Dikabarkan PHK Ratusan Karyawan

Dalam rangka efisiensi, PT Multistrada Arah Sarana Tbk memutuskan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 280 karyawan. Presiden KSPI yang juga Partai Buruh Said Iqbal menyatakan bahwa PHK ini didikte oleh kurangnya permintaan ban di dalam negeri, kemudian mengakui produksi mobil dan motor juga berkurang mengingat daya beli masyarakat semakin turun.
 
pembatalan PHK itu keren sekali ๐Ÿ˜Š tapi gara-gara masalah produksi mobil dan motor yang dihasilkan oleh PT Multistrada Arah Sarana Tbk ini ada yang harus dimikrokirkir ya ๐Ÿค” gimana kalau produksi mobil dan motor di Indonesia bisa meningkat lagi? ๐Ÿš—๐Ÿ› ๏ธ misalnya dengan membuat strategi promosi yang lebih baik atau memproduksi produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga permintaan ban meningkat kembali ๐Ÿ”„.
 
Pemutusan hubungan kerja yang melibatkan ratusan karyawan itu apa yang bikin? Saya pikir salah satu penasaran aku ni, kalau di luar negeri seperti amerika atau jepang, mereka punya kesempatan untuk berinvestasi dan meningkatkan produksi mobil. Di sini, saya rasa baniru banih... ๐Ÿค”

Aku pikir presiden KSPI yang menyatakan hal itu memang benar, tapi kalau sudah benar, kenapa gak ada upaya lagi untuk meningkatkan permintaan atau daya beli masyarakat? Saya bayangkan kalau kita mau mengembangkan industri otomotif di Indonesia, kita harus berinovasi dan mencari pasar baru. ๐Ÿš—
 
PHK yang begitu banyak, sih... Rasanya PT Multistrada lagi sibuk dengan perubahan ini, tapi apa keuntungannya? Karyawan yang dipecahkan itu, gue rasa mereka punya rights. Nah, sayangnya, kurangnya permintaan ban, produksi mobil dan motor kental, bisa jadi karena masyarakat Indonesia semakin sibuk dengan gaya hidup yang lebih santai, kayak gini... Tapi apa jawabannya? Gue pikir, PT Multistrada harus fokus pada hal-hal positif lagi, bukan hanya patah-patahan seperti ini. Mungkin mereka bisa memberikan pelatihan agar karyawan yang dipecahkan itu bisa langsung bekerja di perusahaan lain atau bahkan menjadi peluang bagus untuk mendirikan usaha sendiri... ๐Ÿค”๐Ÿ’ผ
 
Gini deh ceritanya, kalau mau fokus pada efisiensi kayak gini nggak ada masalah sih tapi ayo kita lihat dari perspektif karyawan ya! Mereka sudah kerja keras nggak? Nah, sepertinya PT Multistrada Arah Sarana Tbk lebih fokus pada profit daripada kesejahteraan karyawannya. Kalau di Indonesia ban semakin turun siapa yang mau membeli mobil atau motor kayaknya? Maka dari itu PHK ini kayaknya wajar tapi ayo diarahkan agar karyawan yang ditimpa dampak bisa mendapatkan bantuan yang cukup dan ada program latihan baru agar mereka bisa langsung mencari kerja di industri otomotif lain yang lebih stabil ya!
 
๐Ÿค” ini kabar nggak enak banget sih... 280 karyawan yang kehilangan pekerjaan? itu bikin aku merasa sedih banget... tapi kalau memang karena kurangnya permintaan ban di dalam negeri, dan produksi mobil/motor juga berkurang... itu masalahnya gampang-gampang, tapi solusinya nggak mudah. aku rasa PT Multistrada Arah Sarana Tbk harus fokus membuat strategi baru untuk meningkatkan permintaan ban di dalam negeri. Mungkin mereka bisa bekerjasama dengan pemerintah atau organisasi bisnis lainnya untuk menyelesaikan masalah ini... ๐Ÿค
 
Gue pikir ini sangat sengaja aja, siapa tau produksi mobil dan motor masih cukup well. Tapi nggak sanya bisa dipertimbangkan, gue melihat banyak temen kuli yang harus dibeban beban biaya transportasi dan sewa tempat tinggal karena gaji mereka tidak stabil. Itu memang masalah ekonomi bukan hanya soal permintaan ban aja. Jadi, apakah kita bisa mencari solusi yang lebih baik untuk menghadapi situasi ini?
 
Gue jadi nggak percaya aja kalau PT Multistrada Arah Sarana Tbk memutuskan PHK sekitar 280 karyawan. Gue pikir sih produksi mobil dan motor itu masih stabil, tapi sepertinya gue salah. Kalau benar, itulah yang terjadi di Indonesia saat ini. Kurangnya permintaan ban di dalam negeri pasti salah tempat, tapi gue masih percaya bahwa PT Multistrada Arah Sarana Tbk bisa membuat strategi baru yang lebih baik.

Tapi apa yang terjadi dengan karyawan yang akan diberhentikan? Mereka sudah bekerja keras untuk beberapa tahun, dan sekarang mereka harus mencari pekerjaan baru. Gue harap PT Multistrada Arah Sarana Tbk bisa membantu mereka mencari pekerjaan atau bahkan memberikan bantuan keuangan. Itulah yang penting.
 
ini gampang banget dikalahin aja ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ kalau tidak ada regulasi yang tepat. kalau kurang permintaan ban, siapa saja yang bertanggung jawab? PT Multistrada Arah Sarana Tbk harusnya punya strategi jitu untuk menghadapi situasi ini, bukan cuma biarkan aja ๐Ÿค”. saya pikir ini kesempatan bagi mereka untuk memperbaiki sistem produksi dan mencari pasar baru, apa tidak?

saya juga penasaran sih bagaimana Presiden KSPI Said Iqbal bisa langsung mengakui itu bukan masalah kebijakan kSPI tapi masalah internal perusahaan ๐Ÿคทโ€โ™‚๏ธ. mungkin ini kesempatan bagi pemerintah untuk memperhatikan industri otomotif dan membantu meningkatkan permintaan ban di dalam negeri, kan? ๐Ÿ‘
 
Apa sih yang terjadi disini? 280 orang karyawan potong tangan tanpa ada bukti yang jelas. Kalau produsen mobil dan motor itu benar-benar mengalami kerugian, kenapa mereka juga tidak mencoba untuk meningkatkan harga atau cari sumber daya yang lebih baik? Seringkali kata-kata dari orang yang punya kepentingan bisa dipakai untuk mempengaruhi opini publik tanpa ada bukti yang concrete.

Mungkin ada kalanya produsen mobil dan motor itu benar-benar mengalami masalah, tapi kalau begitu, kenapa mereka tidak mencoba untuk berkomunikasi dengan karyawan atau mencari solusi bersama? Tapi sih, saya rasa yang salah bukan dari produsen, tapi lebih kepada cara bagaimana informasi ini disampaikan ke publik. Saya butuh melihat sumber-sumber yang jelas dari Presiden KSPI itu sebelum bisa percaya apa yang dia katakan ๐Ÿค”
 
Wow ๐Ÿ˜ฎ! Semua ini sangat sedih ya.. 280 orang karyawan yang kehilangan pekerjaannya karena kekurangan permintaan ban di dalam negeri. Itu memang bukan hal yang mudah untuk mereka. Semoga saja mereka bisa mendapatkan pekerjaan baru dengan cepat ๐Ÿ’ผ. Nah, kalau PHK ini terjadi karena produksi mobil dan motor juga berkurang, itu juga harus berarti bahwa industri otomotif kita sedang mengalami kesulitan besar. Hmm... mungkin harus ada perubahan strategi agar industri tersebut bisa stabil kembali ๐Ÿค”.
 
Makasih kalau PT Multistrada nggak mau membohongi kita lagi ๐Ÿ™„. Kenapa mereka harus menyerah dulu? Kalau ban produksi kurang, ngaruhin giliran karyawan yang tidak memiliki pekerjaan lagi ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ. Saya bayangkan kalau kalian punya keluarga sendiri, bagaimana rasanya jika suami/istri tidak dapat membayar utang atau budi cantik jadi tidak bisa membeli makanan untuk keluarga ๐Ÿ’”? Gampang banget sih kehidupan yang pahit. Tapi sayangnya banyak orang di Indonesia yang harus mengalami hal itu ๐Ÿ˜”.
 
Maksudnya karyawan harus bisa adaptasi dengan situasi yang terjadi di pasar mobil ๐Ÿš—๐ŸŒŽ. Kalau tidak, otomatis mereka akan menjadi korban PHK ๐Ÿค•. Saya paham kalau kurangnya permintaan ban dan daya beli masyarakat yang turun mempengaruhi produksi mobil dan motor. Itu bagus kalau perusahaan melakukan evaluasi kembali strategi bisnis mereka ๐Ÿ“Š.

Saya berharap karyawan yang akan diterjunkan oleh PT Multistrada Arah Sarana Tbk dapat cepat menemukan pekerjaan baru ๐Ÿ’ผ. Mereka pasti masih memiliki kemampuan dan pengalaman yang bisa bermanfaat bagi perusahaan lain ๐ŸŒˆ.
 
Makasih ke Presiden KSPI nih, kayaknya PHK ini tidak bisa dihindari lagi ๐Ÿค•. Aku sengaja nggak ingin berpikir tentang masalah ini, tapi apa salahnya kalau beberapa karyawan harus buang-buang waktu mereka sendiri? ๐Ÿคทโ€โ™‚๏ธ

Aku rasa siapa yang tahu apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan permintaan ban di dalam negeri? Mungkin harus ada inovasi baru atau strategi pemasaran yang lebih baik. Tapi, kayaknya produksi mobil dan motor harus dipertimbangkan juga. Kalau daya beli masyarakat semakin turun, apa artinya produksi tidak akan menurun juga? ๐Ÿค”

Aku rasa perlu ada diskusi yang lebih dalam tentang masalah ini, kalau bisa dengan beberapa orang penting di industri otomotif. Mungkin bisa ada solusi yang lebih baik daripada PHK ini... ๐Ÿ˜ฌ
 
๐Ÿค” Maksudnya kalau karena kurang permintaan ban di dalam negeri, tapi gimana lagi sih? Kita lihat kemana impor ban keberhasilannya? Ada yang ngatakan, PHK ini lebih banyak terjadi di pabrik manapun, bukan hanya Multistrada. Dan bagaimana kalau ban impor, kualitasnya sama baiknya dengan ban lokal? Tahukah sih Presiden KSPI itu berapa banyak ban impor yang masuk ke negeri kita? ๐Ÿคทโ€โ™‚๏ธ
 
Gue pikir ini kalau gue bule jadi Presiden KSPI, gue akan lebih fokus pada hal yang penting, seperti transportasi umum di kota besar. Jangan lupa transportasi itu juga penting untuk pariwisata, karenanya banyak wisatawan asing datang ke Indonesia. Kalau hanya fokus pada mobil dan motor, itu cuma sekedar membantu kumpulan mafia mobil yang suka ngelagukan harga.
 
Gue penasaran sih, PT Multistrada terus mengurangi karyawan lagi. Apalagi gue suka ban, jadi makin kekurangan ban di Indonesia kayaknya aku nggak nyaman ๐Ÿ˜. Mungkin mereka harus mencoba bikin mobil dan motor dengan harga yang lebih murah, ya? Dengan demikian orang masyarakat bisa beli dan membutuhkan barang-barang mereka, kayaknya tidak ada lagi PHK yang berlebihan ๐Ÿค”.
 
Gue rasanya banjir... bikin head gue nu tersedih. PHK ini terlalu banyak lah, 280 karyawan kan? Itu seperti membunuh bekal kita nanti. ๐Ÿค•

Aku pikir presiden KSPI sih bisa cari solusi lain bukan PHK. Mungkin dia bisa kerjasama dengan pemerintah atau perusahaan lain yang masih ada di industri mobil dan motor.

Gue lihat chart ini, sejak 2020 produksi mobil dan motor di Indonesia banjir banget. Lalu tahun 2022-2023 produksi mulai menurun karena daya beli masyarakat yang turun. ๐Ÿ“‰

Tapi, gue juga lihat grafik ini, harga ban di Indonesia masih banyak yang tinggi dari tahun ke tahun. Sehingga jika permintaan ban di dalam negeri tidak meningkat, maka produksi mobil dan motor juga tidak akan meningkat.

Gue rasa pemerintah bisa memberikan bekal tambahan kepada perusahaan seperti Multistrada agar mereka bisa mempertahankan kerja karyawan mereka. Itu yang penting banget! ๐Ÿ’ธ
 
kembali
Top