Prabowo Targetkan Mobil Nasional Terwujud dalam 3 Tahun, Ingat Lagi Mobil Nasional MR90, Bimantara, Timor hingga Esemka

Presiden Prabowo Subianto kembali menekankan ambisinya untuk menghadirkan mobil buatan Indonesia dalam waktu tiga tahun mendatang. Ia memutuskan awal dengan menyiapkan lahan dan pendanaan guna membangun pabrik produksi kendaraan nasional. Sebagai contoh, saat ini tim pengembang tengah bekerja mempersiapkan segala kebutuhan agar target tersebut bisa tercapai.

Presiden juga menyebutkan pernyataannya di Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 20 Oktober 2025. Ia mengatakan bahwa saat ini tim pengembang tengah bekerja mempersiapkan segala kebutuhan agar target tersebut bisa tercapai. Saat ini sudah ada contoh mobil nasional yang sudah muncul di pasar. Salah satunya adalah Mazda MR90, yang dikembangkan pada 1990 dan merupakan hasil inisiatif Subronto Laras.

Mazda MR90 merupakan singkatan dari Mobil Rakyat 1990 dan menggunakan sasis dan bodi rancangan dalam negeri. Namun, impian menjadi mobil nasional gagal terwujud karena pemerintah tidak memberikan insentif pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Mobil ini akhirnya dijual dengan harga lebih mahal dari Toyota Kijang sehingga sulit bersaing di pasar.

Sebenarnya ada mobil nasional lain yang pernah muncul di Indonesia, seperti Bimantara Nenggala dan Cakra yang dikembangkan oleh Hyundai. Namun, tidak ada yang berhasil menjadi kebanggaan nasional.
 
Mobil nasional yang dihasilkan Indonesia harus bisa bersaing dengan mobil dari negara lain ya... harusnya ada saran tentang bagaimana membuat mobil ini bisa lebih kompetitif di pasar internasional nih ๐Ÿค”. Semoga pemerintah bisa memberikan insentif yang tepat dan membuat kreativitas tim pengembang berhasil... perlu dipertimbangkan juga bagaimana cara mengatur harga jual mobil nasional kita agar lebih menarik bagi masyarakat luas.
 
Aku pikir wajar kalau Pribowo kembali bicara soal mobil nasional, kan? Aku sendiri suka ide ini, tapi aku ragu-ragu sama Pribowo nih... bagaimana caranya dia bisa membuat mobil nasional itu berhasil? Pada suatu saat, aku pernah nyanyi lagu 'Mazda MR90' di rumah, lho! Aku buat sendiri liriknya, tapi aku nggak bisa lupa lagu itu. Aku masih ingat kalau mobil itu muncul di pasar dan semua orang terkejut... tapi kenapa gak berhasil? Aku pikir Pribowo harus baca dari kesalahan lalu.
 
Mobil buatan Indonesia ternyata masih jadi mimpi lucu aja ๐Ÿคฃ. Sudah lama gini Prabowo terus ngeluh tentang mobil nasional, tapi apa punya hasilnya? ๐Ÿคทโ€โ™‚๏ธ. Yang pasti, jika benar-benar ada mobil nasional yang bisa bersaing dengan Toyota Kijang itu, masyarakat Indonesia akan sangat senang banget ๐Ÿ˜Š. Tapi kalau lagi-lagi seperti sebelumnya, dijual lebih mahal dari Toyota? Makin bingung sih ๐Ÿค”. Kalau mau nyatakan rasa bangga, harusnyalah buat mobil yang lebih baik dari Toyota, aja nggak ๐Ÿš—๐Ÿ’ช.
 
Gue rasa Presiden Prabowo Subianto lagi-lagi buat kue kering ya ๐Ÿฐ๐Ÿ‘€. Siapa tahu mobil buatan Indonesia bisa jadi nanti menjadi contoh bagi generasi muda kita, tapi gue masih ragu-ragu apakah pemerintah ini akan sukses dalam hal ini. Lahan dan pendanaan sudah siap, tapi apa yang dibutuhkan lagi? ๐Ÿค”

Gue ingat Mazda MR90, mobil nasional asal 1990 yang gagal karena tidak ada insentif dari pemerintah. Apa yang berbeda dengan mobil buatan Indonesia nanti? Kita harus lihat hasilnya di pasar, apakah bisa bersaing dengan mobil-mobil internasional seperti Toyota atau Honda? ๐Ÿš—๐Ÿ’จ

Tapi gue juga tidak lupa bahwa ada contoh mobil nasional lain seperti Bimantara Nenggala dan Cakra yang dikembangkan oleh Hyundai. Jadi, kita harus sabar-sabaran dan lihat hasilnya. Semoga mobil buatan Indonesia nanti bisa menjadi kebanggaan nasional kita! ๐Ÿ‡ฎ๐ŸŒŸ
 
Halo ya, aku pikir kalau ini itu masalah besar nih, tapi kemudian aku pikir mungkin nggak. Jadi, Presiden Prabowo Subianto ingin bangun mobil nasional buat apa? Aku pikir ini itu bagus, tapi kemudian aku pikir mungkin nggak, karena siapa yang udah lihat produksi mobil nasional Indonesia? Aku ingat ada Mazda MR90, itu gampang banget dicuri oleh Hyundai. Mau dijual dengan harga apa aja? Tapi, aku pikir kalau Presiden Subianto ini benar-benar ingin bangun mobil nasional yang bisa bersaing di pasar internasional. Aku setuju, tapi kemudian aku pikir mungkin nggak, karena siapa yang udah melihat rencana produksi itu?
 
Gak tahu apa yang harus diharapkan dari pabrik mobil nasional ini, tapi jelas kayaknya masih banyak rintangan yang harus dihadapi... Sepertinya pemerintah terlalu berharap dengan target ini tanpa benar-benar mempertimbangkan kebutuhan pasar dan kemampuan produksi. Mobil nasional seperti Mazda MR90 yang sudah ada sebelumnya, tapi gagal jadi kesuksesan karena kurang insentif... Nanti gak jarang ada mobil yang masuk ke pasaran, tapi bukan lagi mobil nasional, tapi hanya pabrik mobil asing yang mendominasi pasar...
 
Gak sabar banget sih nih, mobil buatan Indonesia akhirnya bakal muncul! ๐Ÿš—๐Ÿ’ฅ Presiden Prabowo Subianto udah nyata-nggak niat untuk menghasilkan mobil nasional yang bisa bersaing di pasar. Awalnya, aku pikir gak mungkin bisa tercapai karena ngga ada insentif yang cukup untuk membuat pabrik kendaraan nasional. Tapi, kalau sekarang udah ada contoh seperti Mazda MR90 yang sudah ada di pasar, itu artinya ada kemajuan! ๐Ÿš€

Aku yakin mobil nasional ini bakal menjadi kebanggaan Indonesia, tapi kita harus waspada nih, biar jangan kalah dengan import dari luar. Kita juga harus memastikan bahwa mobil-mobil nasional ini memiliki teknologi yang update dan kompetitif dengan mobil-mobil asing. ๐Ÿ˜Š
 
klo nonton cerita belakangan Subroto Laras kayaknya sedang memikirkan bagaimana caranya bisa membuat mobil nasional Indonesia jadi sukses ๐Ÿ˜Š. sekarang ada contoh Mazda MR90 yang masih ada di pasar, tapi apa salahnya kita banter asahin pabrik produksi kendaraan nasional? ๐Ÿค” kayaknya perlu ada inovasi dan teknologi yang lebih maju agar mobil nasional Indonesia bisa bersaing dengan mobil impor. ๐Ÿš—๐Ÿ’ก
 
Gue pikir kalau target 3 tahun itu agak capek banget kan? Gue bayangin aja kalau sudah 5 tahun lagi nanti masih belum adanya mobil buatan Indonesia yang bisa bersaing di pasar internasional. Dan lama-lama lagi gue sih akan bawa anak-anakku pergi belanja mobil asing aja ๐Ÿ˜…. Bayangkan aja kalau anak-anak kita tahu itu mobil buatan Indonesia itu berat banget dan tidak enak untuk dipelihara. Gue rasa ini salah prioritasi, mesti ada prioritas yang lebih penting daripada membuat mobil nasional.
 
Mobil buatan Indonesia? itu cuma mimpi lucu aja ๐Ÿคฃ, kalau mau nyata rasanya harus nol penghasilan dulu ๐Ÿค‘. Tapi, aku pikir Presiden Prabowo Subianto kayak gue yang suka ngobrol, kayaknya dia nanti akan berhasil membuat mobil nasional yang keren ๐Ÿ˜Ž, tapi yang paling keren itu kalau bisa dipasarkan dengan harga murah aja sehingga banyak orang yang bisa membelinya ๐Ÿค‘๐Ÿ‘.
 
Kamu tahu kalau nanggung gini? Membayangkan kita punya mobil nasional sendiri aja, itu udah bisa membuat rasa bangga sih! Tapi, kemudian nantinya ada masalah insentif pajak, dan yang terjebak adalah mobil nasional kita. Saya pikir itu salah paham dari awal. Jangan cuma fokus pada produksi, tapi juga pastikan kamu sudah siap untuk pasar. Misalkan seperti Mazda MR90 yang sampai sekarang masih dijual dengan harga lebih mahal dari Toyota Kijang. Kalau kita mau punya mobil nasional sendiri, harus berani-nya juga nih.
 
Kurang alesan, gak usah jangka waktu tiga tahun aja, sudah kapan banget nih? Mobil buatan Indonesia udah ada lama, giliran ini siapa yang bakarnya? Mazda MR90, itu mobil apa aja? Tapi sih kalau pabrik produksi bisa dibangun, itu kayaknya akan membantu. Yang penting ya siapa yang bakar nih, bukan siapa yang kapan.
 
kembali
Top