MenPAN-RB Dukung Integrasi Layanan Transfromasi Digital di KBRI Spanyol

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Madrid, Spanyol, Mendapat Dukungan LANjutan Transformasi Digital

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Rini Widyantini, KBRI di Madrid merupakan contoh praktik birokrasi Indonesia yang efektif dan profesional di luar negeri. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan oleh KBRI akan langsung dirasakan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Spanyol serta berbagai stakeholder eksternal terkait dengan kepentingan Indonesia.

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik, pemerintah sedang membangun Digital Public Infrastructure (DPI), yang mencakup digital ID, data exchange dan digital payment. Tujuannya adalah agar pelayanan publik bisa terintegrasi lintas instansi, menyatukan layanan supaya masyarakat cukup sekali memasukan data dan mengakses layanan dengan mudah dan transparan.

KBRI di Madrid juga menjadi salah satu contoh layanan yang dapat dijadikan sebagai suatu use-case keterpaduan layanan digital. Pelayanan paspor, promosi, investasi dan kekonsuleran merupakan beberapa contoh layanan yang dapat terintegrasi dengan DPI. Dengan demikian, KBRI akan menjadi bagian penting dari ekosistem keterpaduan layanan pemerintah serta memberikan kemudahan bagi masyarakat secara nyata.

Pemerintah juga mengutamakan reformasi birokrasi yang lebih responsif dan bekerja dengan koordinasi lintas instansi. KBRI bukan hanya diukur dari layanan kekonsuleran semata, tapi juga kontribusinya dalam mendukung pencapaian prioritas nasional.

Saat ini, Kementerian PAN-RB terus mendukung peningkatan kualitas layanan KBRI agar lebih aksesibel, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Rini Widyantini juga berdiskusi dengan pegawai dan ASN yang ada di KBRI Madrid untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menunjang pelayanan publik.
 
Pemerintah lagi-lagi membuat konten yang bikin people merasa puas, tapi aku rasa masih banyak hal yang perlu diperbaiki πŸ€”. Kalau KBRI Madrid bisa terintegrasi dengan DPI dan menjadi contoh birokrasi Indonesia yang efektif di luar negeri, mengapa kita di Indonesia belum bisa melakukan hal yang sama? πŸ€·β€β™‚οΈ. Dan sih, apa salahnya kalau pelayanan kekonsuleran semata-mata sudah cukup untuk KBRI Madrid, tapi di Indonesia terus ada permasalahan birokrasi dan kualitas layanan yang rendah? πŸ˜’. Aku rasa pemerintah harus fokus lebih pada hal-hal yang penting seperti efisiensi dan efektifitas birokrasi kita sendiri sebelum lagi bikin konten yang bikin people merasa puas 🀝.
 
Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid memang menjadi contoh bagus dari birokrasi Indonesia yang profesional, tapi apa sih yang membuatnya bisa demikian? Mungkin karena tidak ada birokrasi yang sempurna, tapi yang penting adalah semakin baik pelayanan publik. Nah, itu bisa dicapai dengan membangun digital public infrastructure (DPI) yang lebih baik lagi. Seperti digital ID, data exchange dan digital payment. Jika semua layanan diintegrasikan dengan DPI, maka warga negara Indonesia di Spanyol bisa langsung merasakan manfaatnya.

Tapi, yang penting adalah tidak hanya KBRI Madrid saja, tapi juga birokrasi lainnya di Indonesia harus menjadi lebih baik. Nah, saya rasa pemerintah sudah berusaha dengan reformasi birokrasi yang lebih responsif dan bekerja dengan koordinasi lintas instansi. Jadi, semoga saja semua layanan diintegrasikan dengan DPI dan menjadi lebih aksesibel, inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat 🀞
 
Aku pikir ini itu bagus sekali! KBRI Madrid bisa jadi contoh bagi kita semua bahwa birokrasi Indonesia bisa profesional dan efektif. Mereka udah terintegrasi dengan teknologi digital, kayak apa kabar dari sini. Makin mudah aja pas warga negara Indonesia di Spanyol mau konsulat kan? Aku senang sekali pemerintahnya nantinya akan semakin baik lagi dan birokrasinya tidak lagi berantakan. Mungkin kita bisa belajar banyak dari mereka. Dan kalau tidak salah, ada juga rencana untuk membuat digital ID dan sistem lain-lain ya? Aku penasaran banget!
 
Makasih ya pemerintah ini, memang benar aja, KBRI Madrid itu contoh birokrasi Indonesia yang profesional banget! Nah, aku rasa pemerintah juga benar-benar mengutamakan kualitas layanan publik, especially untuk warga negara Indonesia di luar negeri. Kalau sudah bisa terintegrasi lintas instansi, maka masyarakat Indonesia di Spanyol pun akan semakin mudah aja untuk mengakses layanan kekonsuleran dan lain-lain.

Aku rasa ini juga membangun kepercayaan masyarakat, kalau pemerintah benar-benar peduli dengan kualitas layanan publik. Nah, aku rasa ini semua itu akan membuat Indonesia semakin maju dan terintegrasi di dunia internasional 😊
 
🌿 Ah, ya kenapa pemerintah harus serius banget dalam mengembangkan teknologi digital, bukan? Dulu kalinya kantor-kantor negeri hanya fokus pada birokrasi yang teduh, kayaknya punya banyak kesempatan untuk korupsi. Sekarang jadi bisa terintegrasi dengan layanan online, jadi warga tidak perlu khawatir lagi. KBRI Madrid bukan cuma sekedar kekonsuleran aja, tapi juga ada digital payment dan exchange data, kayaknya lebih efisien. Pemerintah harus terus berinovasi dan tidak kalah dengan teknologi global, jadi kalau punya kesempatan kita harus ambil! 🌱
 
πŸ€” Saya pikir ini sangat penting banget, kan? Pemerintah Indonesia terus berinovasi untuk membuat layanan di luar negeri kita menjadi lebih baik dan lebih mudah diakses oleh warga negara Indonesia yang ada di luar negeri. Kalau bisa seperti itu, bukan main kekurangan ya 😊.

Saya juga penasaran bagaimana cara KBRI Madrid akan terintegrasi dengan DPI tersebut. Asumsi ini benar, pelayanan paspor, promosi, investasi, dan kekonsuleran semuanya sudah bisa diakses secara online, itu akan sangat membantu banyak orang, termasuk saya sendiri πŸ˜….

Tapi, yang terpenting adalah kemampuan KBRI Madrid untuk mendukung pencapaian prioritas nasional. Jika bisa, ini akan memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia di luar negeri untuk lebih actively berpartisipasi dalam hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan negara kita 🌎.

Atau mungkin ada cara lain yang bisa dilakukan agar layanan KBRI Madrid semakin baik dan lebih efisien? Saya ingin tahu lebih banyak tentang ini, moga di masa depan bisa menjadi contoh bagi layanan-layanan konsuler di Indonesia lainnya 🀞
 
πŸ€” KBRI Madrid ini bagus banget, tapi kenapa gak banyak yang tahu tentang keberhasilan mereka? πŸ€·β€β™‚οΈ Mungkin karena masih banyak kekurangan di bidang birokrasi kita, ya... 😊
 
Saya pikir ini sangat keren banget, pemerintah Indonesia bisa jadi contoh bagi negara-negara lain tentang bagaimana menerapkan teknologi digital di bidang kependudukan. KBRI Madrid memang sudah melakukan banyak hal yang baik seperti meningkatkan layanan paspor dan promosi investasi. Tapi, saya pikir kita juga perlu fokus pada lingkungan dan energi, karena itu adalah masalah yang sangat serius. Jangan lupa, kita harus menjadi contoh bagi negara-negara lain tentang bagaimana mengelola sumber daya dengan lebih bijak 😊
 
aku nggak percaya banget kalau KBRI Madrid bisa menjadi contoh birokrasi Indonesia yang efektif . mungkin karena adanya transformasi digital yang digunakan, tapi aku masih ragu apakah ini hanya sekedar propaganda saja atau benar-benar ada perubahan yang signifikan dalam layanan pemerintah. aku penasaran juga mengapa pembangunan Digital Public Infrastructure (DPI) di Indonesia seperti ini jarang dibicarakan . pasti karena banyak aspek lain yang lebih penting, tapi aku rasa DPI seperti ini bisa menjadi solusi besar bagi masalah keterpurukan birokrasi di Indonesia.
 
πŸ€” aku pikir itu bagus banget! KBRI di Madrid menjadi contoh nyata bahwa birokrasi Indonesia bisa efektif dan profesional, bahkan di luar negeri. Mereka fokus pada pelayanan yang mudah dan transparan, apa lagi kalau ada digital ID, data exchange, dan payment? πŸ“ˆ itu kayaknya sangat membantu masyarakat Indonesia di Spanyol.

Aku senang juga melihat bahwa KBRI Madrid menjadi contoh layanan yang bisa dijadikan sebagai use-case keterpaduan layanan digital. Paspor, promosi, investasi, dan kekonsuleran... semua itu bisa terintegrasi dengan DPI! 🀩 itu kayaknya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia secara nyata.

Dan aku juga senang melihat bahwa pemerintah fokus pada reformasi birokrasi yang lebih responsif dan bekerja dengan koordinasi lintas instansi. KBRI tidak hanya diukur dari layanan kekonsuleran semata, tapi juga kontribusinya dalam mendukung pencapaian prioritas nasional! πŸ™Œ itu kayaknya sangat baik.
 
Gue penasaran deh sama kabar ini πŸ€”. Kalau gue lihat, KBRI Madrid itu seperti character utama di film birokrasi Indonesia yang sukses πŸŽ₯! Mereka berhasil meningkatkan kualitas layanan dan membangun Digital Public Infrastructure (DPI) yang efektif πŸ”‹. Itu seperti plot twist di cerita birokrasi kita, tapi kali ini ya gak ada lagi rintangan yang tidak terduga πŸ™…β€β™‚οΈ.

Gue juga suka sama rencana reformasi birokrasi yang lebih responsif dan koordinasi lintas instansi 🀝. Itu seperti dialog antara berbagai character dalam film birokrasi, tapi kali ini ya semua karakter bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama πŸ’ͺ.

Aku rasa ini juga seperti "twist of fate" di cerita birokrasi kita, kalau kita tidak ada rencana seperti ini, KBRI Madrid mungkin tidak bisa menjadi contoh yang baik πŸ€·β€β™‚οΈ. Tapi sekarang gue yakin ya bahwa birokrasi Indonesia bisa menjadi lebih efektif dan profesional πŸ™Œ!
 
πŸŒΏπŸ‘ Mereka bilang KBRI Madrid bisa menjadi contoh birokrasi Indonesia yang efektif, tapi apa itu artinya? Apa yang dibutuhkan lagi untuk membuat layanan ini lebih mudah akses di spanyol? Saya pikir pemerintah harus fokus pada hal lain seperti memperbaiki lingkungan kota Madrid, yang jadi rumit banget. 🌳
 
πŸ€” aku rasa ini sangat keren banget nih! KBRI Madrid kayaknya menjadi contoh bagus kalau Indonesia bisa membuat birokrasi yang efektif dan profesional di luar negeri. waduh kan kalau kita bisa buat layanan publik yang lebih terintegrasi dan mudah diakses oleh masyarakat? πŸ™Œ aku harap pemerintah bisa terus meningkatkan kualitas layanan KBRI agar lebih aksesibel, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. mungkin bisa juga kalau kita bisa buat sistem digital yang lebih baik nih... 😊
 
πŸ€” memang gak asyik dilihat KBRI Madrid udah nggabung dengan program digitalisasi yang banget, seperti digital ID dan pembayaran digital. itu akan membuat pelayanan kekonsuleran di KBRI Madrid lebih efisien dan cepat aja. tapi kalo kita lihat dari data ini siapa saja yang bisa jadi manfaat dari program ini? apakah hanya warga negara Indonesia saja atau juga ada sisi lainnya? πŸ€”
 
aku pikir ini sangat keren banget! KBRI Madrid bisa menjadi contoh bagus bagaimana birokrasi Indonesia bisa lebih efektif dan profesional di luar negeri 🀩. aku senang melihat pemerintah berfokus pada reformasi birokrasi yang lebih responsif dan bekerja dengan koordinasi lintas instansi. itu akan membantu meningkatkan kualitas layanan publik dan membuat masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan layanan dari KBRI Madrid πŸ“ˆ.

saya juga senang melihat bahwa KBRI Madrid tidak hanya diukur dari layanan kekonsuleran semata, tapi juga kontribusinya dalam mendukung pencapaian prioritas nasional. itu menunjukkan bahwa pemerintah benar-benar peduli dengan kesejahteraan masyarakat dan ingin membuat perubahan yang positif 🌟.

aku harap KBRI Madrid bisa menjadi contoh yang baik bagi KBRI lainnya di Indonesia, sehingga kita bisa meningkatkan kualitas layanan publik secara keseluruhan πŸ‘.
 
aku pikir ini wajar banget, kan? birokrasi kita masih banyak yang kurang maju, tapi kadang nggak bisa langsung dilihat karena kita masih sibuk dengan hal-hal lain. tapi kalau ada contoh seperti KBRI Madrid, itu berarti kita sudah memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

dan aku rasa pemerintah benar-benar berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam birokrasi. tapi aku harap gak ada yang terlupakan, seperti komunitas dan organisasi kecil-kecilan yang mungkin kesulitan akses layanan ini.

jika kita bisa terus mendukung dan memberikan dukungan kepada KBRI Madrid, mungkin kita bisa belajar banyak hal dari contoh ini.
 
Maksudnya apakah KBRI Madrid udah bisa bikin layanan digitalnya lebih mudah akses oleh warga Indonesia di spanyol? Gak perlu jalan-jalan ke embassy lain, udah bisa langsung online ya... πŸ€”πŸ‘
 
Maksudnya kayak gak KBRI Madrid ini seperti tim sepak bola yang bagus banget! Mereka sudah jadi contoh bagaimana birokrasi Indonesia bisa berjalan lancar dan efektif di luar negeri. Sekarang kalian bisa melihat hasil kerja sama antara pemerintah dan KBRI, kayak gak seperti strategi pertahanan tim yang kuat!
 
πŸ€” Mungkin KBRI Madrid ini bisa jadi contoh bagus buat negara kita nih... di sisi lain, pemerintah harus fokus terus ke digital payment dan data exchange ya... siapa tahu kalau ini bisa menjadi contoh bagi KBRI kota-kota lainnya juga πŸ“ˆ
 
kembali
Top