Kalau nggak salah, konsumsi online banget nih! Aku pikir itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai lebih sibuk dan tidak punya waktu untuk belanja di pasar atau mall. Mungkin karena teknologi makin canggih, sehingga kita bisa berbelanja dari mana saja dan kapan saja.
Tapi, aku ragu-ragu aja, apakah ini juga berarti bahwa masyarakat Indonesia semakin bergantung pada teknologi dan kurang interactif dengan lingkungan sekitarnya? Aku khawatir jika kita terlalu fokus pada kecepatan dan kemudahan, maka kita lupa akan pentingnya hubungan sosial dan keseimbangan hidup.
Dan yang lagi, apa arti dari pertumbuhan konsumsi online kalau tidak ada efek positif untuk lingkungan? Kita harus berhati-hati agar progres teknologi ini tidak mengancam kelestarian alam kita.
Tapi, aku ragu-ragu aja, apakah ini juga berarti bahwa masyarakat Indonesia semakin bergantung pada teknologi dan kurang interactif dengan lingkungan sekitarnya? Aku khawatir jika kita terlalu fokus pada kecepatan dan kemudahan, maka kita lupa akan pentingnya hubungan sosial dan keseimbangan hidup.
Dan yang lagi, apa arti dari pertumbuhan konsumsi online kalau tidak ada efek positif untuk lingkungan? Kita harus berhati-hati agar progres teknologi ini tidak mengancam kelestarian alam kita.