Libur Nataru, AirNav Siaga 24 Jam Kawal Hampir 77 Ribu Penerbangan di Langit Indonesia : Okezone Economy

Pertengahan bulan Desember, AirNav Indonesia siap menghadapi pertumbuhan lalu lintas pesawat udara yang mencapai 3,5% selama periode Nataru dan Tahun Baru 2026. Saat ini, AirNav menyiapkan operasi selama 24 jam untuk mengelola lalu lintas pesawat.

AirNav Indonesia memproyeksikan puncak arus libur terjadi pada akhir desember dan pertengahan januari. Sementara itu, pada periode 19-20 Desember 2025 dan 3-4 Januari 2026, AirNav siap menghadapi puncak intensitas lalu lintas pesawat yang mencapai hingga 5.000 pergerakan pesawat di bandara-bandara.

"Kami berencana untuk meningkatkan kesiapan kita untuk mengelola lalu lintas udara, dari sisi teknis maupun operasional", kata Direktur Utama AirNav Indonesia, Capt. Avirianto Suratno. AirNav menambah strategi optimalisasi peran INMC sebagai pusat integrasi pengawasan dan koordinasi layanan penerbangan selama 24 jam.

Selain itu, AirNav juga memastikan kesiapan dari segala aspek, seperti personil, peralatan, serta prosedur operasional. Kemudian, AirNav akan menguatkan koordinasi pengaturan lalu lintas udara baik secara internal maupun terpadu dengan para pemangku kepentingan.
 
Gue pikir kalau puncak libur tahun ini pasti akan padat banget di bandara-bandara. Gue sudah buat rencana untuk keberangkatan dan tiba, gue rasa perlu siapkan waktunya dengan baik agar tidak terlambat atau ketinggalan pesawat. Bayar ga nggak ngerasa tekanan kalau ada yang salah di dalam perjalanan?
 
Udah ngerasa gak bisa tidur karena puncak arus libur nanti... gak tahu apa yang harus dilakukan kalau sibuk banget kayak itu 🤯. Makasih kan AirNav Indonesia udah siap! 🙏 Pertanyaannya, apakah krisis kekurangan pilot udah teratasi? Gak percaya kalau 5.000 pergerakan pesawat di bandara bisa tereluri dalam kejaran jam tangan... apa kalau gak ada jadwalnya sih? 🤔
 
Gue berasa kayaknya pengawasan udara di bandara-bandara Indonesia masih agak keterbatasan, nih 🙃. Puncak arus libur pasti akan membuat kerumunan pesawat udara yang banyak banget, tapi AirNav masih siap aja 🤔. Gue harap mereka bisa meningkatkan fasilitas dan teknologi pengawasan udara agar bisa lebih efisien dalam mengelola lalu lintas pesawat. Kalo gue perlu saran, mungkin AirNav bisa mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi GPS yang lebih canggih untuk membantu personilnya dalam mengelola lalu lintas udara 📈.
 
Mungkin tahun 2026 ini bakal sangat sibuk di bandara-bandara Indonesia 🚀🛫️. AirNav Indonesia pasti perlu siap-siap, ya. Tapi aku penasaran, apakah mereka benar-benar siap untuk menghadapi hal ini? Operasi 24 jam itu udah berarti apa? Aku rasa perlu ada pengecekan terlebih dahulu untuk pastikan semua personil dan peralatan sudah jempat-jempat 🤔.
 
Pesan ini jadi benar-benar wajar, kan? "Dalam kesulitan, kita tidak boleh menyerah... dan dalam kesuksesan, kita tidak boleh merindukan". Kita harus siap menghadapi hal-hal yang akan datang dengan semangat. 🤞
 
Gak bisa tahan kalau semakin banyak pesawat udara yang terbang di Indonesia! #PertumbuhanLaluLintasPesawat

Saya rasa perlu diperhatikan juga tentang keselamatan di bandara-bandara, biar tidak ada kecelakaan #KeselamatanDiBandara

AirNav Indonesia harus makin siap dan kompak, jadi semakin cepat menerima pesanan dari pihak bandara tentang terbang atau tidak #SiapSiap

Aku harap semuanya berjalan lancar dan tanpa masalah, biar liburan kita bisa lebih nyaman 🚀
 
Hmm, puncak arus libur di akhir tahun itu pasti bisa jadi makin panas di bandara 🚨. Meningkatkan kesiapan AirNav Indonesia itu wajar, tapi mungkin tidak cukup. Sihapa nanti kalau ada kesalahan dan terjadi kecelakaan? AirNav harus memastikan semua aspek sudah siap, dari teknis hingga operasional. Dan juga perlu koordinasi yang lebih baik antara mereka sendiri dan para pemangku kepentingan, kayaknya jangan cuma konsentrasi pada satu hal saja ya 🤔.
 
Makasih kelebihan AirNav siap gencar gencar lagi. Sama-sama, aku pikir perlu kita perhatikan, kalau puncak arus libur ini tapi juga kita harus hati-hati dengan masalah kemacetan di bandara. Nanti jadi makin panas dan makin padat, kan?
 
Kalau mau nyaman dgn lalu lintas di bandara, sekarang ini udah bukti kalau pilot-pilot udah bawa orang ke tempat kerjanya 🤦‍♂️. Udah makin seru!
 
Gue rasa ini udah waktunya banget AirNav siapkan diri ya! Puncak arus libur kumpulin di akhir Desember dan pertengahan Januari, itu pasti akan sangat ramai di bandara-bandara 🚀🛫️. Gue harap AirNav bisa terus berkembang dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengelola lalu lintas udara dengan lebih baik. Semoga ini bisa membuat liburan kumpulin di masa depan menjadi lebih nyaman dan aman 😊💕.
 
Gue rasa kesehatan keterampilan pilot udara di Indonesia masih menjadi masalah yang perlu diresolusi dulu sebelum pertumbuhan lalu lintas pesawat mencapai level maximum 😩. Kita harus meningkatkan standar dan pelatihan pilot sebelum semakin memadati bandara dengan penerbangan.
 
Mending cari cara lain buat mengelola lalu lintas udara nih, 24 jam sih kayaknya kurang cukup untuk menangani keramaian seperti itu 🤔. Tapi aku rasa strategi optimalisasi peran INMC itu wajar, kalau punya sistem yang baik maka aja gampang banget mengelola keramaian udara di akhir tahun 📆. Lalu, koordinasi pengaturan lalu lintas udara terpadu itu juga wajib ada, jadi kalau ada masalah pasti kita bisa ngeliat dan segera bereaksi, kan? 🚨
 
Wow 😲, nggak percaya kalau lalu lintas pesawat udara nanti gini banget! 🚀 5.000 pergerakan pesawat di bandara pada 19-20 Desember dan 3-4 Januari? Itu keren tapi juga bisa canggih 🤯. AirNav Indonesia siap sih, kalau mereka punya rencana yang tepat, pasti bisa mengelola lalu lintas udara dengan lancar 💪.
 
kembali
Top