Pasang Listrik Baru dari Rumah Dengan Mudah, Tanpa Harus Datang ke Kantor
PT PLN (Persero) meluncurkan layanan pemasangan listrik baru bagi pelanggan. Kini, pengajuan pasang listrik baru bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus datang langsung ke kantor, cukup hanya melalui aplikasi PLN Mobile atau website resmi PLN.
Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengajukan permohonan pemasangan baru secara praktis hanya dengan beberapa langkah. Pertama-tama, mereka harus membuka aplikasi PLN Mobile, kemudian memilih menu "Pasang Baru". Setelah itu, mereka harus menentukan lokasi pemasangan, lengkapi detail layanan, isi data SLO (Sertifikat Laik Operasi), pilih jenis token (untuk pelanggan prabayar), serta isi data pelanggan. Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditetapkan.
Setelah pembayaran dikonfirmasi, petugas PLN akan datang untuk melakukan pemasangan kWh meter di lokasi yang telah ditentukan. Untuk mengetahui perkembangan permohonan, pelanggan dapat melakukan pengecekan status secara langsung di aplikasi PLN Mobile dengan langkah berikut: memilih menu "Profil", kemudian klik "Daftar Riwayat", pilih "Permohonan" dan cari daftar pengajuan yang ingin dicek. Langkah terakhir adalah mengklik "Lihat" untuk menampilkan detail status permohonan yang sedang diproses.
Sementara itu, PLN juga menyediakan layanan pengajuan pasang baru melalui website resmi di https://layanan.pln.co.id/. Langkah-langkahnya sebagai berikut: akses situs tersebut, pilih menu "Permohonan", lalu klik "Pasang Baru" pada kolom Web Korporasi PLN. Setelah itu, mereka harus membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian klik "Setuju" dan "OK" pada kolom informasi.
Kemudian, mereka harus lengkapi data pelanggan dan data pemohon sesuai dengan kebutuhan pemasangan baru. Langkah selanjutnya adalah memasukkan detail layanan (termasuk pilihan tarif dan daya baru), lalu klik "Hitung Biaya" untuk mengetahui total biaya yang harus dibayarkan. Setelah itu, mereka harus simpan permohonan dan melakukan konfirmasi melalui email yang terdaftar.
Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran biaya penyambungan melalui kanal pembayaran resmi yang tersedia. Setelah pembayaran terverifikasi, petugas PLN akan datang ke lokasi untuk memasang kWh meter.
PT PLN (Persero) meluncurkan layanan pemasangan listrik baru bagi pelanggan. Kini, pengajuan pasang listrik baru bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus datang langsung ke kantor, cukup hanya melalui aplikasi PLN Mobile atau website resmi PLN.
Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengajukan permohonan pemasangan baru secara praktis hanya dengan beberapa langkah. Pertama-tama, mereka harus membuka aplikasi PLN Mobile, kemudian memilih menu "Pasang Baru". Setelah itu, mereka harus menentukan lokasi pemasangan, lengkapi detail layanan, isi data SLO (Sertifikat Laik Operasi), pilih jenis token (untuk pelanggan prabayar), serta isi data pelanggan. Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditetapkan.
Setelah pembayaran dikonfirmasi, petugas PLN akan datang untuk melakukan pemasangan kWh meter di lokasi yang telah ditentukan. Untuk mengetahui perkembangan permohonan, pelanggan dapat melakukan pengecekan status secara langsung di aplikasi PLN Mobile dengan langkah berikut: memilih menu "Profil", kemudian klik "Daftar Riwayat", pilih "Permohonan" dan cari daftar pengajuan yang ingin dicek. Langkah terakhir adalah mengklik "Lihat" untuk menampilkan detail status permohonan yang sedang diproses.
Sementara itu, PLN juga menyediakan layanan pengajuan pasang baru melalui website resmi di https://layanan.pln.co.id/. Langkah-langkahnya sebagai berikut: akses situs tersebut, pilih menu "Permohonan", lalu klik "Pasang Baru" pada kolom Web Korporasi PLN. Setelah itu, mereka harus membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian klik "Setuju" dan "OK" pada kolom informasi.
Kemudian, mereka harus lengkapi data pelanggan dan data pemohon sesuai dengan kebutuhan pemasangan baru. Langkah selanjutnya adalah memasukkan detail layanan (termasuk pilihan tarif dan daya baru), lalu klik "Hitung Biaya" untuk mengetahui total biaya yang harus dibayarkan. Setelah itu, mereka harus simpan permohonan dan melakukan konfirmasi melalui email yang terdaftar.
Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran biaya penyambungan melalui kanal pembayaran resmi yang tersedia. Setelah pembayaran terverifikasi, petugas PLN akan datang ke lokasi untuk memasang kWh meter.