Kemenhub perkuat keselamatan penerbangan nasional lewat MOR-VRS

Kemenhub Dalam Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Nasional

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Perhubungan Udara) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menekankan pentingnya meningkatkan keselamatan penerbangan nasional melalui sosialisasi tata cara pelaporan Mandatory Occurrence Report (MOR) dan Voluntary Reporting System (VRS).

Hal ini diungkapkan dalam keterangan yang diberikan Kepala Bagian Hukum dan Kerja Sama Dirjen Perhubungan Udara, Gali Sarjono, saat membuka sosialisasi Tata Cara Pelaporan MOR dan VRS bagi penyedia jasa penerbangan di Indonesia periode ke-II Tahun 2025.

Menurut Gali, aspek keselamatan penerbangan merupakan prioritas utama yang tidak dapat ditawar. Ia menekankan bahwa komitmen dalam penguatan keselamatan transportasi udara diwujudkan melalui penerapan State Safety Programme (SSP) yang menjadi mandat dari International Civil Aviation Organisation (ICAO) kepada setiap negara anggotanya, termasuk Indonesia.

"Melalui program ini, pemerintah memastikan seluruh penyedia jasa penerbangan menerapkan Safety Management System (SMS) secara konsisten dan berkelanjutan," kata Gali.

Selain itu, Ia menjelaskan bahwa salah satu unsur penting dalam pelaksanaan SSP adalah tersedianya sistem pelaporan keselamatan yang efektif dan dapat dipercaya.

MOR merupakan sistem pelaporan wajib atas kejadian yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan, mulai dari insiden, insiden serius, hingga kecelakaan yang membutuhkan tindak lanjut untuk menjaga keselamatan operasi penerbangan.

Sementara itu, VRS memberikan kesempatan kepada personel penerbangan untuk melaporkan secara sukarela potensi bahaya dan penyimpangan prosedur yang berisiko terhadap keselamatan penerbangan.

"Gedung kedua sistem ini saling melengkapi, MOR berfungsi sebagai sarana korektif, sedangkan VRS berperan sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan penerbangan," kata Gali.
 
Tapi apa yang bisa diharapkan sih dari program ini? Udah banyak sekali kasus kecelakaan penerbangan di Indonesia, kan? Nah, mungkin ini sudah buat perubahan, ya... Sistem pelaporan keselamatan yang efektif dan dapat dipercaya itu penting banget, tapi apa kalau ada penipuan atau kesalahan dalam pelaporannya? Aku rasa biar lebih baik jika ada pengawasan yang ketat, ya... Dan siapa sih yang akan bertanggung jawab kalau terjadi kesalahan di dalam sistem ini?
 
Aku pikir kalau kita harus meningkatkan keselamatan penerbangan nasional, kita harus ngobrol dulu tentang bagaimana sistem pelaporan ini bisa berjalan dengan baik. MOR dan VRS itu serupa aja, kayak kunci yang sama, tapi perbedaannya ada di cara kerjanya.

MOR itu wajib, jadi setiap penyedia penerbangan harus melaporkan kejadian apa pun yang terkait dengan keselamatan penerbangan. Tapi, VRS itu bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pilot dan staff di bandara, karena mereka juga bisa melihat potensi bahaya sebelum terjadi.

Aku pikir kita harus ngajak semua penyedia penerbangan untuk menggunakan kedua sistem ini, jadi tidak ada yang dilewatkan. Kita perlu memastikan bahwa sistem pelaporan ini efektif dan bisa dipercaya, supaya tidak ada kejadian lagi yang tidak perlu terjadi di udara.

Dan aku rasa kementerian perhubungan harus ngawasi proses pelaksanaan sistem ini dengan baik, agar semua penyedia penerbangan menggunakannya secara konsisten dan berkelanjutan.
 
Aku pikir itu keren banget Kemenhub ini. Mereka memang fokus pada keselamatan penerbangan, itu prioritas utama ya. Kalau diawasi nanti tidak ada kecelakaan lagi, itu akan sangat baik untuk para penumpang. Mor dan VRS itu apa-apa tidak salah, malah membantu agar terjadi keselamatan yang lebih baik di udara. Gali Sarjono ini orang yang bisa dipercaya, dia tahu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan. Semoga saja program ini berhasil dan tidak ada masalah lagi saat-saat tertentu. 🙏
 
Gampang banget ya, kita harus lebih teliti saat menggunakan layanan penerbangan. Saya pikir ini penting untuk mengurangi risiko kecelakaan penerbangan di Indonesia. System pelaporan yang efektif dan sistem manajemen keselamatan udara (SMS) bisa mencegah banyak hal yang tidak diinginkan saat terbang. Yang penting adalah kita semua harus bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan penerbangan nasional 🛫💺
 
aku pikir ini semua sangat ngencang banget, kenapa harus makin banyak regulasi dan pelaporan? toh kita sudah cukup banyak ya, apa yang ada di sini adalah peningkatan keselamatan penerbangan, tidak apa-apa lagi. kayaknya lebih baik jika pemerintah fokus pada implementasinya daripada membuat banyak regulasi baru yang hanya akan membuat orang-orang malah bingung. dan aku juga tidak setuju dengan ide bahwa sistem pelaporan harus dipercaya, siapa nanti yang bisa menjamin itu?
 
iya kayaknya kemenhub punya rencana yang bagus biar keselamatan penerbangan nasional bisa meningkat 🚀. MOR dan VRS itu salah satu cara yang efektif untuk mencegah kecelakaan penerbangan, dan aku senang lihat dirjen perhubungan udara punya komitmen yang kuat dalam meningkatkan keselamatan transportasi udara di indonesia 💕. gali sarjono itu orang yang cerdas banget, dia nggak hanya menekankan pentingnya MOR dan VRS itu, tapi juga jelasin bagaimana sistem pelaporan keselamatan itu bisa membantu mencegah kecelakaan penerbangan 🤝. aku harap program ini bisa terlaksana dengan baik dan membuat keselamatan penerbangan nasional semakin meningkat 🚀🙏
 
Saya pikir ini keren banget ya! Meningkatkan keselamatan penerbangan itu harus diprioritaskan, tapi apa yang diusung Gali Sarjono ini bisa menjadi solusi? Mending tidak ada MOR dan VRS aja, kan? Sih sistem pelaporan yang lemah dan tidak efektif. Dan kayaknya orang2 penyedia jasa penerbangan udah malas-malasan banget! 😒
 
Aku rasa ini bikin aku penasaran, mengapa harus naikin intensitas sosialisasi MOR dan VRS lagi? Sebelumnya sudah ada yang disosialisasikan kan? Aku rasa ini memang penting untuk meningkatkan keselamatan penerbangan nasional, tapi tidak tahu apa sebenarnya kegagalan sistem yang ada sebelumnya. Mungkin ada hal-hal yang harus diperbaiki sebelum naikin intensitas sosialisasi lagi.
 
Mau banget kayaknya dirjen perhubungan udara Kemenhub kayaknya benar-benar serius dengan program MOR dan VRS di tahun 2025 nih! Meningkatkan keselamatan penerbangan itu penting banget, kayaknya kita harus selalu waspada dan siap untuk menghadapi apa pun yang mungkin terjadi di atas awak. Saya yakin kalau dirjen perhubungan udara benar-benar fokus dan berkomitmen dalam program ini, maka keselamatan penerbangan kita akan semakin aman! 👍💪
 
Gue pikir kemenhub ini benar-benar fokus pada keselamatan penerbangan. MOR dan VRS itu penting banget, gue rasa jadi makin bersemangat baca tentangnya 😊. Apalagi kalau sistem pelaporan yang efektif itu dapat mencegah terjadinya kecelakaan penerbangan, karena itu sangat berat badan ya... Bagi gue, keselamatan udara adalah hal utama yang tidak bisa kita tutupkan 💯.
 
aku rasa kalau ingin meningkatkan keselamatan penerbangan nasional, kita harus fokus pada kemampuan pilot dan sistem control udara yang ada di indonesia. aku pikir program SSP itu penting tapi jika tidak diterapkan dengan benar, apa manapun hasilnya? beberapa tahun terakhir, aku sudah melihat banyak kecelakaan penerbangan yang cukup tragic. aku rasa kita harus lebih teliti dalam melakukan analisis dan evaluasi tentang keselamatan penerbangan kita sendiri.
 
Aku pikir benar-benar penting ya kalau kita harus meningkatkan keselamatan penerbangan nasional, tapi aku juga rasa kita harus jujur dengan diri sendiri, aku sendiri pikir sistem MOR dan VRS ini bisa diubah lagi 🤔👀. Aku pikir sistem ini terlalu berat dan memaksa, aku suka ide untuk membuatnya lebih ringan dan mudah dilakukan oleh banyak orang, tapi aku juga rasa itu salah kalau aku tidak peduli dengan keselamatan penerbangan ya? 🤷‍♂️🛬. Aku bilang, kita harus mencoba hal-hal baru dan inovatif untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, tapi aku juga rasa itu salah kalau aku tidak berhati-hati dengan konsekuensi yang mungkin terjadi 🤕.
 
kembali
Top