Kapolda Kepri Jamin Penyelidikan Kebakaran Kapal Tanker Berjalan

Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan penyelidikan terhadap kebakaran kapal tanker Federal II di galangan PT ASL Marine Shipyard, Kota Batam. Penyelidikan ini masih berlangsung dan belum ada tersangka yang ditetapkan. Tim gabungan dari Ditreskrimum, Inafis, Labfor Polda Kepri, dan Satreskrim Polresta Barelang diterjunkan untuk melakukan investigasi menyeluruh.

Irjen Asep Safrudin, kepala Kepolisiya Kapulauan Riau, memastikan bahwa penyelidikan akan dilakukan secara profesional dan transparan. "Saat ini situasi di lokasi kejadian telah kondusif. Seluruh korban telah dievakuasi, dan aktivitas di area galangan kapal dihentikan sementara untuk kepentingan penyelidikan," katanya.

Penyelidikan ini mencakup pemeriksaan terhadap manajemen PT ASL Marine Shipyard, subkontraktor, serta petugas keselamatan kerja. Penyidik juga menelusuri dokumen administrasi tenaga kerja, kontrak kerja subkontraktor, dan penerapan prosedur K3 di perusahaan tersebut.

Menurut Irjen Asep, kebakaran terjadi di area WBT 2S saat dilakukan pekerjaan pengelasan di dalam tangki. Sebanyak 21 pekerja masih menjalani perawatan, sementara 10 orang lainnya meninggal dunia. "Kami akan menelusuri penyebab pasti kebakaran ini melalui olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi. Apabila ditemukan adanya unsur kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang, maka akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujarnya.

Kapolda Kepri juga dipastikan terus berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja, BP Batam, dan otoritas maritim guna melakukan evaluasi menyeluruh terhadap standar K3 di industri galangan kapal di wilayah Kepulauan Riau.
 
Kapolda Kepri gak punya alasan untuk tidak segera menangkap siapa pun yang salah, apalagi kalau ada kelalaian yang bikin nyawa seseorang hilang! Mereka harus lihat apa aja yang salah dengan sistem manajemen PT ASL Marine Shipyard, dan siapa aja yang bertanggung jawab atas kebakaran itu. Kalau ada kesalahan, maka harus dihukum sesuai hukum! Saya rasa ini bukan tentang keselamatan kerja, tapi tentang ketidakfungsian sistem manajemen yang bikin kebakaran terjadi.
 
πŸ€” Ah, kebakaran kapal tanker Federal II yang terjadi di Batam buatlah kita sedih sekali, ya... Tapi kita jangan berhenti di situasi ini, tapi kita gunakan kesempatan ini untuk belajar dan meningkatkan standar keselamatan kerja di industri galangan kapal. Penyelidikan yang dilakukan Kapolda Kepri pasti akan membantu menemukan penyebab kebakaran itu, apakah karena kelalaian manusia atau teknis. Tapi apa yang paling penting adalah semua korban sudah aman dan nyawanya pun masih bisa dipertahankan, 21 orang saja yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. Maka dari itu, kita harap penyelidikan ini akan memberikan jawaban pasti dan tidak ada lagi kehilangan nyawa karena kebakaran kapal tanker. πŸš£β€β™‚οΈ
 
Gue rasa nih, kalau gak ada sistem inspeksi yang baik di industri galangan kapal, tentunya bakalan kebakaran seperti ini terjadi lagi dan lagi... gue lupa bilang, kaya kayaknya perlu adanya standar keamanan yang lebih ketat di kapal-kapal itu... apalagi kalau ada pekerja yang masih sibuk mencari uang aja...
 
aku rasa ini salah saat lagi lagi ada kebakaran kapal, siapa nii yang tidak bisa mengendalikan api kayak gajah🀣 tapi serious aja, kamu tahu apa yang bikin banyakin bencana di galangan kapal? itu karena kurangnya pendidikan keselamatan kerja kayak ayo belajar sebelum mencoba ngelasin di dalam tangki, sihπŸ™„
 
ini kalau kalian nggak perhatikan, kalau ada kebakaran di galangan kapal apa aja, langsung keluar kabar tentang penyelidikaan Kapolda Kepri. tapi sepertinya ada sesuatu yang tidak beres. seperti apakah ada yang bisa menyebabkan kebakaran itu? dan siapa yang bertanggung jawab? kalo nyata2 ada kesalahan, toh harus ada yang diproses. tapi apa yang terjadi, kapolda Kepri langsung memaksa penyelidikaan tanpa harus baca-denda terlebih dahulu πŸ€”
 
πŸ˜• Kalau dilihat dari situasi ini, rasanya ada kecelakaan yang sangat tragis dan mengkhawatirkan. 21 orang pekerja masih koma dan 10 orang meninggal 😭. Makin seriusnya, apa aja yang salah dengan perusahaan tersebut? Membuat dokumen administrasi kerja sampai kontrak subkontraktor kayakapa itu penting banget πŸ€”. Tapi apa aja hasilnya? Kita harap ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak πŸ™.
 
Hehehe, apa artinya kebakaran itu? Kenapa harus buat penyelidikan yang panjang... semoga bisa menemukan kalian yang salah πŸ€”

Nanti aku mau tahu, siapa yang terlibat dalam pekerjaan pengelasan itu? Dan siapa aja subkontraktornya? Aku punya temen yang nulis di blognya tentang industri galangan kapal di Batam, mungkin bisa bawa informasi di situ πŸ“š

Banyak korban yang wafat, ini salah satu faktor apa lagi yang harus diperhatikan? Dan siapa aja yang bertanggung jawab atas kebakaran itu? Aku tidak tahu nih... πŸ€·β€β™‚οΈ
 
Saya pikir ini sangat bikin bingung sih, kebakaran kapal tanker seperti ini apa lagi ada korban yang meninggal, kayaknya harus dilakukan penyelidikan yang lebih matang dari segi teknis dan keselamatan kerja... Mungkin perlu dilakukan audit terhadap PT ASL Marine Shipyard untuk memastikan bahwa mereka telah mengikuti prosedur K3 dengan baik. Saya khawatir kalau ini bukan hanya kecelakaan, tapi mungkin ada yang salah juga dari sisi keamanan dan keselamatan kerja...
 
Wah, kebakaran kapal tanker itu kayaknya sangat berbahaya! Saya pikir penyelidikan yang dilakukan oleh Kapolda Kepri harus cepat dan akurat agar tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kalau salah lagi, itu akan bikin reputasi perusahaan dan industri galangan kapal di Kepulauan Riau jadi semakin buruk. Saya harap penyelidikan ini bisa memberikan jawaban pasti tentang apa yang menyebabkan kebakaran itu 🀞
 
Kepri nggak bisa ngedekan kalau ada kebakaran seperti ini di tempat kerja! 21 korban already meninggal, itu sudah banyak banget. Jadi nggak ada jalan keluar lagi selain investigasi yang serius dan transparan. Saya harap penyelidikan ini bisa menemukan tahu pastiapa siapa yang bersalah dan nggak mau nunggu sampai kapan lagi korban mengalami kesedihan ini.
 
πŸ€” kalau mau ngomong soal kebakaran itu, mungkin karena numpang tindih aja gampang terjadi? kayaknya harus ada kesadaran yang lebih tinggi dari PT ASL Marine Shipyard dan petugas keselamatan kerja ya... 🚧

tidak ngerti sih mengapa punya pekerja di dalam tangki, itu aneh banget! tapi kalau kebakaran itu benar-benar akibat kelalaian, maka harus ada tindakan yang lebih keras dari pihak perusahaan dan pemerintah. 🚫

pasti kita semua ingin melihat apa yang terjadi di balik kebakaran itu, dan bagaimana langkah-langkah yang akan diambil oleh Kapolda Kepri dan pihak lainnya untuk mencegah hal seperti ini terulang lagi... πŸ•΅οΈβ€β™€οΈ
 
ini kalau mau tahu apa yang harus dibawa pergi ke galangan kapal lagi, itu kalau ada kesalahan sama PT ASL Marine Shipyard nanti harus dibawa ke pengadilan. tapi apabila nanti hanya kalahatan karena tekanan waktu, toh semua orang yang bekerja di sana harus mulai dari sini, siapa yang kelalaian? kalau gak ada penyidik yang jujur, punyeta sama korban.
 
Kalau ini benar-benar kebakaran yang serius, gue rasa harus ada proses evaluasi yang baik dan transparan dari Kapolda Kepri. Gue harap juga diterapkan standar K3 yang lebih ketat di industri galangan kapal, jadi kalau ada kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa lalu tidak akan terulang lagi. Dan gue rasa juga penting agar semua korban yang meninggal dunia mendapatkan kompensasi yang adil dari pemerintah dan perusahaan yang bertanggung jawab.
 
Aku pikir ini waktunya banget untuk menggunakan teknologi canggih dalam penelitian kebakaran seperti ini πŸš’πŸ’». Dengan menggunakan drone dan CCTV, penyelidik bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang terjadi saat kebakaran itu terjadi. Lalu, dengan menggunakan teknologi analisis data, bisa menemukan penyebab pasti kebakaran itu. Aku juga yakin bahwa dengan kerja sama dari berbagai otoritas dan perusahaan, kita bisa mengurangi risiko kebakaran di industri galangan kapal di Kepulauan Riau 🌟
 
Aku pikir penyelidikan ini wajar banget, tapi juga aku rasa ada yang salah dengan hal ini... Mungkin karena aku sendiri yang jatuh cinta dengar berita kebakaran kapal tanker itu, tapi aku rasa Kapolda Kepulauan Riau harus lebih cepat dalam menyelidiki penyebab kebakaran itu... 21 pekerja masih menjalani perawatan? itu berarti banyak kesalahan yang terjadi di tempat kejadian, tapi aku tidak tahu apa-apa... Dan aku juga pikir evaluasi standar K3 di industri galangan kapal ini benar-benar penting, tapi aku rasa Kapolda Kepulauan Riau harus lebih transparan dalam penyelidikannya... Tapi, saya juga tidak yakin apa yang benar dan salahnya...
 
Aku pikir ini yang bakanya kalau gak ada kesempatan untuk ngobrol ngegabik siapa aja yang bertanggung jawab gini, kayaknya harus saking serius aja dulu. Tapi aku rasa gara-gara kapal tanker itu terbakar, pasti ada yang salah ya? Aku pikir salah satu dari perusahaan tersebut, atau mungkin gajat-nye, yang nggak ngatur benar-benar standar keselamatan kerja. Dang, aku ingat ketika aku ngobrol dengar dengan teman aja di kantor, dia nggak nyaman banget dengan kerja di galangan kapal karena kekurangan peralatan keselamatan. Mungkin aku salah, tapi aku rasa ini yang bakanya kalau siapa yang bertanggung jawab, harus dihukum banget.
 
Wah, kabar gembira kalau korban kebakaran kapal tanker bisa dievakuasi! πŸ™ Tapi siapa tahu apa yang terjadi di balik kebakaran itu? Ada yang tahu ada kesalahan dari PT ASL Marine Shipyard atau subkontraktornya? Maksudnya, mungkin mereka tidak punya standar K3 yang pas? πŸ€” Aku kayaknya ingin melihat dokumentasi tentang pekerjaan kerja di sana, apakah mereka menggunakan peralatan yang aman atau tidak?
 
πŸ€” kalau mau tahu siapa yang bertanggung jawab atas kebakaran itu... saya pikir lebih baik jika kita fokus pada penyelidikan yang sedang berlangsung bukan? tapi kalau harus, gue rasa PT ASL Marine Shipyard harus dijadikan target utama. karena siapa sih yang mengawasi keamanan kerja mereka? πŸ€·β€β™‚οΈ kayaknya mereka harus dihadapkan pada tuntutan hukum apabila ada adanya kelalaian yang membuat kebakaran itu terjadi... tapi sayangnya, penyelidikan ini masih berlangsung dan belum ada hasil. πŸ˜’
 
Kalau mau tahu nih, kebakaran kapal tanker itu gak cuma soal keselamatan kerja aja, tapi juga tentang keseimbangan biaya dan target waktu. Kalau sih aspek keselamatan kerja di PT ASL Marine Shipyard itu sudah cukup baik, tapi biaya operasionalnya terlalu mahal banget! Maka dari itu, perusahaan harus lebih fokus pada efisiensi produksi dan mengurangi biaya. Gak cuma itu aja, juga perlu ada sistem pengawasan yang lebih ketat untuk mencegah kecelakaan di lapangan. Kalau gak ada kesadaran akan pentingnya keamanan kerja, maka korban bisa jadi banyak lagi! 🚨πŸ’₯
 
kembali
Top