Kadishub DKI Pastikan Tarif MRT-LRT Tak Naik, TransJ Butuh Penyesuaian

Penegakan tarif MRT dan LRT di Jakarta tidak akan naik meski ada penurunan Dana Bagi Hasil (DBH) dari pemerintah pusat, kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Syafrin menyatakan analisis subsidi tarif MRT dan LRT masih masuk dalam perhitungan. Dia mengatakan bahwa untuk perhitungan keekonomian tarif MRT tahun lalu sekitar Rp 13 ribu, sedangkan tarifnya saat ini Rp 7 ribu. Sehingga subsidi rata-rata per pelanggan sekitar Rp 6 ribu.

Sementara itu, Syafrin juga menyebutkan tarif Transjakarta butuh penyesuaian karena sudah terakhir ditetapkan pada tahun 2005. Dia menilai bahwa saat ini harga upah minimum provinsi berkali lipat sekitar 6 kali lipat.

Dia juga mengatakan bahwa inflasi rata-rata 20 tahun terakhir telah mencapai 186,7% dan harga barang meningkat 2,87 kali lipat. Penyesuaian tarif Transjakarta dibutuhkan untuk menjaga keberlanjutan layanan.
 
rasanya susah dulu banget, masyarakat Jakarta harus membayar tarif MRT dan LRT yang mahal juga tapi kini gak naik meski ada penurunan DBH dari pemerintah pusat. aku pikir giliran saat ini adalah menyesuaikan tarif Transjakarta ya, kalau tidak nanti akrab banget dengan harga barang yang naik 2,87 kali lipat dan inflasi yang 186,7%
 
Kalau ini gak masuk akal aja. Dana DBH naik tapi tarif MRT/LRT terus turun. Itu artinya gak ada perubahan yang signifikan ya? Kalau mau jaga efisiensi, biar naik aja tarifnya, tapi ini gak bisa dilakukan. Kalau tidak naik, tapi dana DBH naik, itu bukan kebijakan yang bijak juga. Saya rasa ini perlu perhatian dari pemerintah DKI Jakarta agar bisa memberikan solusi yang tepat untuk perubahan tarifnya.
 
Hmm, ga sepaham sama pendapat Syafrin tentang subsidi MRT/LRT. Jika rata-rata per pelanggan sekitar Rp 6 juta, itu bukannya cukup banyak? Saya pikir ada cara lain untuk menghemat biaya yang tidak harus menurunkan lagi subsidi. Apalagi jika Transjakarta sudah lama ditetapkan harga dan inflasi di Jakarta sangat tinggi... Mungkin perlu dilakukan analisis lebih lanjut tentang bagaimana tarifnya seharusnya disesuaikan dengan kenaikan biaya hidup dan inflasi yang sudah sangat tinggi.
 
Makasih atas kabar baik ini ๐Ÿ™. Saya senang tahu bahwa penegakan tarif MRT dan LRT tidak akan naik lagi. Tapi, saya masih ragu-ragu tentang apakah subsidi yang diberikan benar-benar membantu atau tidak. Di masa lalu, aku masih ingat saat-saat kita semua turut berpartisipasi dalam gerakan sosial, seperti 1998 dan 1999. Kita semua sangat peduli dengan masalah ekonomi dan kemiskinan di Indonesia.

Sekarang, sepertinya kita sudah terlalu terbiasa dengan kehidupan yang mudah dan tak peduli lagi tentang dampaknya. Saya ingat saat-saat itu, kita semua berjuang untuk apa yang kita percayai. Apakah itu benar-benar ada bedanya antara generasi ini dan generasi sebelumnya?
 
Gampang ngebayangkan siapa yang kangen naikin tarif MRT & LRT di Jakarta . tapi syafrin bilang kan kalau subsidi lagi masuk dalam perhitungan . dan apa itu sebenarnya perhitungan itu ? apakah itu buat jelas bagaimana cara mengelola dana DBH itu ? mungkin perlu dilakukan analisis lebih lanjut .
 
Hmm, nggak bisa tidak bikin pusing sih kalau biaya kereta api dan bus di Jakarta masih sama lama aja... Kalau dulu Rp 13 ribu, sekarang sudah Rp 7 ribu, itu artinya penasaran sih bagaimana cara membuat biaya tetap stabil. Saya rasa penyesuaian tarif Transjakarta itu penting banget, kalau tidak nanti semua biaya akan naik bersama-sama dan bisa bikin konsumen kesal.
 
Makasih informasinya nih ๐Ÿ™. Aku pikir kalau subsidi tarif MRT/LRT masih penting banget, tapi ada hal yang kurang jelas. Syafrin bilang tarif Transjakarta perlu diubah karena sudah lama ditetapkan sejak 2005, tapi tidak jelas kapan aja penyesuaian itu nanti dilakukan ๐Ÿค”. Ada kalanya di Jakarta terus terlalu padat dan mobil/motor umumnya bisa naikin tarifnya, tapi apa yang salah dengan Transjakarta kalau naikin tarifnya juga? Selain itu, inflasi dan harga barang meningkat sekali lipat, jadi perlu penyesuaian lagi ๐Ÿ“ˆ. Aku rasa penting buat mengeksploitasi teknologi baru untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Jakarta, misalnya transportasi daring atau yang nantinya bisa diintegrasikan dengan Transjakarta.
 
Kalau nggak penyesuaian tarif Transjakarta kayaknya biaya operasional nanggung banyak ๐Ÿ˜ฌ. Jadi apa bila inflasi naik 200%, kalau juga harga barang naik 2,87 kali lipat, tolong tambahkan sekitar Rp 5 ribu aja tarifnya? ๐Ÿค”. Saya pikir penyesuaian itu wajar banget ๐Ÿ™. Aku juga ingat saat 2005, Rp 10.000 sudah bisa nanggung banyak biaya untuk Transjakarta. Sekarang kalau upah minimum naik 6 kali lipat, aja tambahkan sekitar Rp 7 ribu lagi? ๐Ÿ˜…. Saya pikir itu masuk akal ya ๐Ÿ™.
 
Hmmpppp... kalau ini mau menyesuaikan tarif MRT/LRT aja, tapi masih konsultasi dulu dengan kementerian apa? Kalau gak jadi, aku bayangin penumpangnya nanti mau paya tambahan ya. Tapi, aku paham kalau inflasi naik 186,7% sepanjang 20 tahun, itu benar-benar pesona... ๐Ÿคฏ
 
Wah, kalau gini sih bisa dilakukan ya? Biar tidak ada masalah lagi nanti. Saya pikir mesti perlu penyesuaian tarif MRT dan LRT, bukan hanya naik aja nanti. Kalau nggak dipertimbangkan, tentu akan banyak yang merasa salah. Inilah yang disebut keseimbangan ekonimi. Dan kalau lagi dari aspek sosial, anggapna kalau ada orang yang kurang mampu membayar biaya MRT dan LRT, itu apa? Saya pikir perlu penyesuaian tarifnya juga.

Dan Transjakarta, sih gak bisa dibiarkan terus nih. Kalau nggak diatasi, harga upah minimumnya akan terus naik... dan inflasinya jadi lebih tinggi lagi. Mereka harus berhati-hati dengan ini. Biar tidak ada masalah nanti.
 
Aku pikir pengetuhan ini masuk akal banget, tapi aku masih ragu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Aku lihat tarif MRT dan LRT bisa turun, tapi aku khawatir jika penurunan DBH itu akan mempengaruhi kualitas layanan. Seperti di Naruto, ada kalanya Konohagakure harus mengorbankan sesuatu untuk bertahan hidup, mungkin ini juga hal yang sama. Aku harap mereka bisa menemukan solusi yang tepat agar transaksi umum tetap aman dan nyaman bagi pengguna. ๐Ÿš‚๐Ÿ’ฐ
 
Maksudnya kalau subsidi tarif MRT/LRT gak naik walaupun DBH kurang, tapi ini masih masuk dalam perhitungan. Makin berarti subsidi itu sengaja dipotong dari tahun ke tahun, tapi tapi jadi bagian dari sistem operasional ya. Dan apa sih kalau transjakarta lagi ditentapkan sejak 2005? Maksudnya kalau kita asumsikan inflasi dan harga barang naik 20 tahun terakhir, tapi tapi sebenarnya sudah lama banget kayak gini... Nah mending ditebusin biaya operasional transjakarta ya.
 
๐Ÿ˜• Wah, masih banyak lagi biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat Jakarta nih! Kalau ini aja, bagaimana kalau ada penambahan biaya lain seperti biaya lingkungan atau biaya perawatan? Pasti akan membuat beban masyarakat semakin berat. ๐Ÿคฏ Mungkin bisa dipertimbangkan untuk menyesuaikan tarif MRT dan LRT dengan lebih hati-hati, bukan hanya fokus pada keekonomian aja. Yang penting adalah keberlanjutan layanan transportasi di Jakarta! ๐Ÿ’š
 
aku pikir ini benar-benar sulit dipercaya! siapa yang mengatakan subsidi tarif MRT & LRT tidak akan naik? itu tidak masuk akal lagi kalau ada penurunan DBH dari pemerintah. tapi mungkin ini bisa jadi strategi agar pengguna MRT & LRT tetap puas dengan harga yang masih terjangkau. tapi yang penting, apakah keberlanjutan layanan transito kita sebenarnya menjadi prioritas? aku masih ragu ๐Ÿค”
 
Aku pikir ini benar-benar penting banget, tapi aku rasa ada sesuatu yang salah di sini... Aku pikir mungkin ada kesalahan dalam menganalisis data subsidi tarif MRT dan LRT ya... Kalau sebenarnya kebijakan subsidi itu seharusnya berjalan dengan perubahan inflasi dan harga barang, tapi apa kalau kita asumsikan inflasi dan harga barang tidak terlalu naik ya? ๐Ÿค”

Dan aku rasa transjakarta ini benar-benar membutuhkan penyesuaian tarif juga... Kita tidak boleh lupa bahwa Jakarta adalah kota yang sedang berkembang dan kita harus siap untuk menghadapi perubahan-perubahan besar seperti itu. ๐Ÿš‚๐Ÿ’จ

Tapi aku senang sekali mendengar bahwa pemerintah masih ingin menjaga keberlanjutan layanan transportasi umum di Jakarta... Kita harap semoga mereka bisa membuat kebijakan yang tepat untuk semua orang yang menggunakan layanan tersebut. ๐Ÿ’•
 
Makasih dia yang sibuk masih bisa jelas ceritanya ๐Ÿ’ก. Kalau tidak salah informasi biaya kereta api Jakarta lagi dibiayai oleh negara, tapi syafrin bilang subsidi tarif masih masuk dalam perhitungan ๐Ÿค‘. Saya pikir seharusnya mereka penyesuaian tarif Transjakarta juga ya, tapi ternyata sudah lama ditetapkan tahun 2005... ๐Ÿ•ฐ๏ธ. Inflasi yang tinggi ini memang membuat harga barang naik banyak, tapi kalau tidak ada penyesuaian tarif, bagaimana nanti mereka bisa menjaga keberlanjutan layanan? ๐Ÿค”. Saya harap pemerintah bisa segera menyelesaikan hal ini agar kita punya jalan yang aman dan terjangkau untuk semua orang di Jakarta ๐Ÿ’š.
 
kembali
Top