Drama pendek dari luar negeri, seperti drakor, kini telah melewati tahapnya dan menjadi "demam" besar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Konten pendek yang awalnya hanya dianggap sebagai hiburan ringan saat ini telah menjadi salah satu kategori tontonan paling populer.
Tren konsumsi baru ini membuat pengguna semakin sulit melepaskan diri dan dalam waktu setahun, aplikasi drakor berhasil menembus pangsa pasar platform video-on-demand (VOD) dan menggantikan pola menonton masyarakat yang sebelumnya didominasi oleh film dan serial panjang.
Menurut laporan e-Conomy SEA 2025 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, aplikasi short drama mencatat peningkatan unduhan yang sangat signifikan selama paruh pertama 2025. Kontribusi aplikasi drakor terhadap total unduhan platform VOD melonjak menjadi 56%, naik dari 31% pada periode yang sama di 2024.
Dalam satu tahun, jumlah unduhan aplikasi drakor tumbuh 120% year-on-year (YoY) menunjukkan percepatan yang jarang terlihat di kategori hiburan digital lain. Sementara itu, pangsa pengguna aktif aplikasi drama pendek naik dari 5% menjadi 17%, atau melonjak 200% YoY.
Laporan tersebut menilai bahwa short drama menjadi format yang paling efisien untuk bersaing dengan raksasa global karena biayanya lebih rendah, durasinya lebih pendek, dan cocok dengan kebiasaan pengguna yang semakin cepat dalam mengonsumsi konten. Model bisnisnya juga fleksibel, sejalan dengan preferensi pengguna baru di Asia Tenggara.
Tren konsumsi baru ini membuat pengguna semakin sulit melepaskan diri dan dalam waktu setahun, aplikasi drakor berhasil menembus pangsa pasar platform video-on-demand (VOD) dan menggantikan pola menonton masyarakat yang sebelumnya didominasi oleh film dan serial panjang.
Menurut laporan e-Conomy SEA 2025 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, aplikasi short drama mencatat peningkatan unduhan yang sangat signifikan selama paruh pertama 2025. Kontribusi aplikasi drakor terhadap total unduhan platform VOD melonjak menjadi 56%, naik dari 31% pada periode yang sama di 2024.
Dalam satu tahun, jumlah unduhan aplikasi drakor tumbuh 120% year-on-year (YoY) menunjukkan percepatan yang jarang terlihat di kategori hiburan digital lain. Sementara itu, pangsa pengguna aktif aplikasi drama pendek naik dari 5% menjadi 17%, atau melonjak 200% YoY.
Laporan tersebut menilai bahwa short drama menjadi format yang paling efisien untuk bersaing dengan raksasa global karena biayanya lebih rendah, durasinya lebih pendek, dan cocok dengan kebiasaan pengguna yang semakin cepat dalam mengonsumsi konten. Model bisnisnya juga fleksibel, sejalan dengan preferensi pengguna baru di Asia Tenggara.