Mobil-mobil 1980-an kembali menjadi incaran kolektor dan penggemar otomotif, bukan hanya karena nostalgia, tetapi juga karena kelangkaan unit yang membuat harganya melonjak drastis. Salah satu contoh paling menarik adalah Toyota Celica Supra MkII, generasi kedua dari Supra yang diproduksi antara 1982-1986. Saat pertama kali diluncurkan, mobil ini dibanderol sekitar Rp274 juta, tapi kini salah satu unit 1985 terjual seharga Rp798 juta, meningkat hampir 191 persen dari harga awal.
Mobil kecil legendaris seperti Volkswagen GTI Mk1, yang dijual di Amerika Serikat pada awal 1980-an dengan harga dasar sekitar Rp138 juta, kini menjadi sangat mahal. Salah satu unit hasil modifikasi terjual pada November 2025 seharga Rp748 juta. Apresiasi nilainya mencapai lebih dari 400 persen.
Fenomena ini juga terjadi pada truk dan SUV klasik, seperti Ford F-150 generasi 1980-1986. Dulu truk ini dianggap kendaraan kerja biasa dengan harga sekitar Rp182 juta, tapi sebuah unit yang dimodifikasi dijual November 2025 dengan harga Rp1,47 miliar melonjak hingga 709 persen dari harga awal.
Chevrolet Camaro IROC-Z generasi ketiga, mobil otot khas Amerika dari era 1980-an juga mengalami peningkatan harga yang luar biasa. Harga aslinya sekitar Rp232 juta - Rp249 juta, tapi saat ini versi low-mileage dan kondisi bersih bisa dilepas dengan harga hingga Rp1,4 miliar, meningkat lebih dari 500 persen.
Mobil sport Jepang klasik Datsun 280ZX 1981 juga mengalami peningkatan harga yang luar biasa. Unit orisinal dengan jarak tempuh rendah terjual hingga Rp3,8 miliar melonjak lebih dari 1.200 persen dari harga barunya.
Mobil kecil legendaris seperti Volkswagen GTI Mk1, yang dijual di Amerika Serikat pada awal 1980-an dengan harga dasar sekitar Rp138 juta, kini menjadi sangat mahal. Salah satu unit hasil modifikasi terjual pada November 2025 seharga Rp748 juta. Apresiasi nilainya mencapai lebih dari 400 persen.
Fenomena ini juga terjadi pada truk dan SUV klasik, seperti Ford F-150 generasi 1980-1986. Dulu truk ini dianggap kendaraan kerja biasa dengan harga sekitar Rp182 juta, tapi sebuah unit yang dimodifikasi dijual November 2025 dengan harga Rp1,47 miliar melonjak hingga 709 persen dari harga awal.
Chevrolet Camaro IROC-Z generasi ketiga, mobil otot khas Amerika dari era 1980-an juga mengalami peningkatan harga yang luar biasa. Harga aslinya sekitar Rp232 juta - Rp249 juta, tapi saat ini versi low-mileage dan kondisi bersih bisa dilepas dengan harga hingga Rp1,4 miliar, meningkat lebih dari 500 persen.
Mobil sport Jepang klasik Datsun 280ZX 1981 juga mengalami peningkatan harga yang luar biasa. Unit orisinal dengan jarak tempuh rendah terjual hingga Rp3,8 miliar melonjak lebih dari 1.200 persen dari harga barunya.