Dishub Jakarta: Tarif TransJakarta Sudah 20 Tahun Tak Ada Penyesuaian, MRT dan LRT Tak Naik

Jakarta's Public Transportation Tariff Hasn't Been Adjusted in 20 Years

The Jakarta government has been evaluating the public transportation tariff for 20 years, with the aim of improving connectivity among different modes of transportation. As stated by Syafrin Liputo, Head of the Ministry of Transportation (Dishub) Jakarta, the coverage of public transportation services is currently at 91.8% in terms of population distribution.

This means that approximately 91.8% of Jakarta's residents can access various transportation services such as MRT, LRT, Jaklingko, and TransJakarta. However, Syafrin denied plans to increase the fare for these transportation modes, citing the fact that the infrastructure is still at a suitable level.

The Head of Dishub Jakarta explained that based on previous analysis, the willingness-to-pay and ability-to-pay of passengers are still within the current tariff range. This means that there will be no increase in the fare of MRT and LRT. However, for TransJakarta, the government is currently conducting a review to determine if the current tariff of Rp 3,500 is still suitable.

Syafrin pointed out that the current fare of Rp 3,500 is based on an inflation rate from 20 years ago and has not been adjusted accordingly. He added that if we consider the increase in the minimum wage in Jakarta over the past two decades, it would be equivalent to a tariff of around Rp 5.3 million, which divided by six would result in the current tariff.

The government is now considering whether to adjust this fare to reflect the changes in cost of living and transportation costs.
 
ini cerita yang bikin penasaran banget, nggak tahu lagi kapan jakarta terakhir naikin biaya transportasi... 20 tahun lalu udah ga ada perubahan apa-apa, kalau mau naikin fare di masa depan bakal bagaimana sih? mungkin perlu juga mempertimbangkan kondisi jalan yang masih banyak macet dan kerusakan infrastruktur yang sudah berlanjut... sengaja nggak disebutkan tentang asumsi min. gaji jakarta, tapi kalau diperhatikan aja, 5.3 juta per bulan itu hampir mencapai kantong masyarakat rakyat Jakarta...
 
Aku pikir gini juga, biar apa dulu kalau kena masuk ke MRT atau LRT? Rp 3.500 itu sudah lama ya! Kalau minimum gaji orang Jakarta naik-naik 2 dekade itu, biar apa tarifa yang sama tidak perlu lagi berubah. Aku rasa pemerintah harus mempertimbangkan hal ini, agar tak ada ketidaksetaraan bagi masyarakat yang kena beban transportasi di Jakarta.
 
kira-kira kalau gini udah berubah cara kita perjalanan sehari-hari. 20 tahun lagi, kita masih naik TransJakarta dengan tarif Rp 3.500, aku punya bayangin aja nih bagaimana kondisi hidup Jakarta saat itu... tapi sekarang kayaknya keseimbangan antara pengguna dan pemerintah masih kurang jelas, tapi aku harap gak sampai kita semua kehilangan komitmen untuk perubahan yang positif ๐Ÿค”๐Ÿš‚
 
Aku rasa paham mengapa pemerintah Jakarta tidak ingin naikkan tarif kereta api dan bus transjakarta, tapi kalau nggak diadopsi perubahan inflasi, maka orang Jakarta yang menggunakan transportasi umum ini akan merasa terkena biaya yang cukup tinggi. Aku pikir perlu ada penyesuaian dengan kenyamanan masyarakat, karena setelah ini kereta api dan bus transjakarta bakal menjadi salah satu opsi transportasi paling mahal di Jakarta! ๐Ÿš‚๐Ÿ’ธ
 
Hmmpp! Jadi aja, biar Rp 3500 itu sudah sesuai kan? Kalau minum Rp 5 juta, aku rasa itu terlalu mahal buat umum. Dan apa, aku tahu kalau jakarta ada yang suka transportasi yang cepat tapi mahal, misalnya komunitas Jakarta Selatan. Tapi kalau semua orang dapat naik MRT atau LRT dengan Rp 3500, aku rasa itu tidak masalah. Tapi sih, aksi ini penting untuk mencari solusi agar transportasi tetap nyaman dan efisien bagi masyarakat Jakartan.
 
ini pengamat Korea yang tidak bisa tidur ketika membaca tentang transpo di Jakarta ๐Ÿคฏ๐ŸšŒ. 20 tahun belom nanggung tarif yang sama kayaknya jadi masalah. aku pikir Rp 3,5 juta itu sudah ketinggalan zaman. kalau minimum gaji orang Jakarta sekarang punya angka sekitar 5,3 juta. tapi tapi perlu diingat pemerintah ini tidak mau naikin tarif, tapi mungkin mereka harus nanggung efek inflasi yang membandel ๐Ÿค‘.

mungkin pemerintah harus memperhatikan apa yang dikatakan oleh pengguna public transportasi. kalau mereka khawatir dengan tarif yang terlalu tinggi, mungkin pemerintah bisa mencari alternatif, kayaknya ada kemudahan untuk orang kaya dan orang miskin ๐Ÿค‘๐Ÿ‘ฅ. tapi aku harap pemerintah ini tidak menanggung kesepian banyak warga Jakarta yang harus mengeluarkan uang dari kantong kosong ๐Ÿ’ธ.
 
๐Ÿค” Mau tahu apa yang salah dengan sistem transportasi umum Jakarta? Masih seperti di tahun 2003! ๐Ÿš‚๐Ÿ’ธ Kalau mau naik bus, kereta, atau MRT, harganya sama-samanya, tapi di balik itu, kena utang banyak... ๐Ÿคฏ Berarti 91.8% penduduk Jakarta sudah bisa akses transportasi, tapi siapa yang mau pergi ke luar rumah untuk cari transportasi yang lebih baik? ๐Ÿ˜ด Mau naik TransJakarta dengan Rp 3.500 atau naik bus, kereta dengan Rp 1.000? ๐Ÿค‘ Walaupun ga ada perubahan, tapi mungkin perlu ada.
 
Gampangnya dihitung kan, 20 tahun tidak ada peningkatan tarif? Kita masih sama-sama naik turun, tapi ganti-ganti kereta dan bus yang sama saja. Tapi, kalau dilihat dari sisi logika, itu tidak masuk akal. Makanan, tempat tinggal, harganya meningkat setiap tahunnya, tapi kereta? Tidak ada perubahan sama sekali. Dan apa yang diharapkan dari pemerintah ini?
 
Gue penasaran sih kalau nanti apakah pemerintah Jakarta akan naikin tarif untuk TransJakarta? Gue yakin banyak orang di Jakarta yang harus naikin tiket mulai dari pagi hingga malam karena uang gaji mereka kurang. Kalau di MRT dan LRT gak ada perubahan, tapi TransJakarta sih masih dalam review. Kalau tarifnya gak naik, berarti semua orang yang menggunakan transportasi public ini tetap harus membayar Rp 3.500 untuk perjalanan yang bisa hingga 15 km. Gue rasa itu masih terlalu murah banget, tapi kalau diangkat ke Rp 5.3 juta, sih mungkin tidak ada orang lagi yang mau naik transportasi public karena terlalu mahal ๐Ÿค”๐Ÿ’ธ
 
akhirnya informasi tentang harga tiket bus dan kereta api di jakarta akhir-akhir ini mulai banyak banget aja, dan sekarang ternyata juga ada rencana untuk meningkatkan tarifnya. tapi apa yang harus dipikirkan sih? kalau 20 tahun tidak ada perubahan? itu beda dengan lain waktu nih. misalnya minum susu anak-anak, harga susu itu naik setiap kali anak tumbuh, sama halnya dengan inflasi, tapi gini ini Jakarta paling banyak banget yang kurang.
 
Pak Syafrin mau ngasih faen keren-kerenan MRT dan LRT kalau dulu sudah 20 tahun ga ada naikin? Sekarang aksi apakah mau ikut ngejalanin ketidaksetaraan biaya hidup di Jakarta? Ga masuk akal kalau mau tetap ngasih Rp 3.500 tapi minimum gaji Jakarta udah naikin 20 tahun ya! ๐Ÿคฃ
 
Maaf gak kabarin ini... 20 tahun tidak ada perubahan tarif transportasi umum di Jakarta. Saya pikir ini salah, tapi mungkin karena banyak yang nggak mau bertanggung jawab. Jika Rp 3.500 sudah tidak cukup lagi untuk jarak dan biaya transportasi apa lagi? Perlu revisi tarif agar bisa sesuai dengan kebutuhan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta. Tapi, aku juga paham kalau ada keterbatasan infrastruktur yang perlu diperbaiki terlebih dahulu...
 
Maksudnya, gini kira-kira 20 tahun tidak ada peningkatan biaya transportasi publik di Jakarta... Rp 3.500 itu seperti harga 20 tahun yang lalu, tapi belum ikut naik sesuai dengan tingginya minat gaji warga di Jakarta... Kalau dilihat dari perspektif kita sebagai ummat yang harus menjaga keseimbangan antara kemakmuran dan kebajikan, aku pikir saatnya untuk melakukan perubahan. Mungkin ada cara yang bisa dilakukan agar biaya transportasi tetap terjangkau tapi juga sesuai dengan kenyamanan bagi pengguna... Apakah ada caranya untuk menyesuaikannya dengan inflasi dan perubahan cost of living di Jakarta? ๐Ÿค”๐Ÿšถโ€โ™‚๏ธ
 
๐Ÿค” Wah, kalau jadi ini dia Jakarta paling beragam mode transportasi di Indonesia, tapi farenya masih sama 20 tahun ke belakang! ๐Ÿš—๐Ÿ’ธ Aku pikir bakalan ada perubahan, karena kalau ga diubah pasti aja kena penumpang yang sudah lelah. ๐Ÿ’ธ Aku setuju dengan Syafrin, tapi aku rasa Rp 5,3 juta itu masih terlalu mahal banget! ๐Ÿค‘ Nah, kalau ada perubahan pasti harusnya bakalan seragam dengan perkembangan biaya hidup di Jakarta. ๐Ÿค
 
Apa kaya kalau kita ngebincang tentang bus TransJakarta? 20 tahun tidak ada peningkatan tarif, tapi siapa tahu ini salah satu alasan masyarakat Jakarta udah paling familiar dengan transportasi umumnya ๐ŸšŒ๐Ÿ˜’. Tapi apa yang bisa kita lakukan sih? Kita harus terus beraneka ragam dan konsisten berkomunikasi agar nanti tarifnya tidak melambat lagi... tapi sayangnya orang Jakarta malah jadi lebih apatis, apalagi kalau ada opsi mobil privat ๐Ÿš—๐Ÿ˜.
 
gampang banget sih biar ngatur naik aja tarif transportasi umum di jakarta, setahun sekarang lagi ngajadikan review tapi kalo naibawa 3k masih masuk ya.. tapi kalau dihitung dari inflasi apa sih? 20 tahun lalu min wage Jakarta cuma Rp 150 ribu tapi sekarang udah nggabung dengan nasi dan hidupnya sih... kayaknya 5,3 juta sih yang tepat biar ngatur tarif ya ๐Ÿค”
 
Saya pikir itu lama banget kayak gini... 20 tahun nih, tidak ada perubahan tarif transportasi umum di jakarta. Aku paham dengan kekhawatiran masyarakat tentang angkot dan taksi, tapi aku rasa perlu dipertimbangkan juga faktor biaya infrastruktur. Jangan biarkan pembangunan transportasi umum menjadi sembarangan, kalau mau diperbarui aja jangan lupa menyesuaikan dengan tingkat inflasi kayak gini...
 
mana sih, kalau tarif tiket bus TransJakarta sudah belum berubah selama 20 tahun? itu benar-benar lama dan aku rasa perlu ada review lagi nih. mungkin kita harusnya mempertimbangkan kenaikan minimum gaji yang dilakukan di Jakarta sekarang, bukan hanya inflasi dari 20 tahun yang lalu. tapi aku paham juga kalau infrastruktur masih belum sepenuhnya siap, tapi ini salah satu momen yang perlu dipertimbangkan nih, kapan kita akan meningkatkan harga lagi?
 
Maksudnya 20 tahun tidak ada peningkatan biaya transportasi di Jakarta... rasanya seperti nggak berubah sama sekali kan? tapi apa salahnya nih, pengguna transportasi punya kelebihan bisa naik MRT/LRT/LK/TransJakarta aja, kayaknya cukup sudah jadi ๐Ÿคทโ€โ™‚๏ธ.
 
kembali
Top