Dikunjung 130 Negara, Ini Produk Paling Diminati di TEI 2025

Pameran dagang di Indonesia tahun ini mencatat keunggulan produk Tanah Air yang menarik banyak perhatian belanjaan dari luar negeri. Dengan hadirnya 8.045 buyer dari 130 negara, produk pertambangan menjadi top prioritas dengan nilai transaksi sebesar US$5,5 miliar, disusul oleh logam mulia sebesar US$2,7 miliar dan minyak kelapa sawit sebesar US$2,3 miliar.

Selain itu, produksi charcoal dan briket juga menarik perhatian buyer internasional dengan nilai transaksi sebesar US$1,6 miliar. Sementara itu, suku cadang menjadi pilihan yang populer dengan nilai transaksi sebesar US$1,4 miliar.

Dalam kegiatan Closing Ceremony Trade Expo Indonesia 2025, Menteri Perdagangan Budi Santoso menyampaikan bahwa pameran dagang ini berhasil mencapai target nilai transaksi sebesar Rp376,2 triliun. Ini merupakan peningkatan dari target sebelumnya yang ditetapkan sebesar Rp16,5 miliar.

Dengan tema "Discover Indonesia's Excellence: Trade Beyond Boundaries", TEI 2025 membantu menunjukkan kemampuan sumber daya alam dan manusia Indonesia dalam menghasilkan produk-produk unggul, berkelanjutan, dan bersaing di pasar global.
 
Kalau kita lihat, masih banyak yang belum bisa dipahami dari apa itu yang sebenarnya sedang terjadi. Kita harus jujur, saya masih belum paham apa yang membuat produk Tanah Air begitu menarik bagi perusahaan-perusahaan luar negeri. Mungkin karena keuntungannya yang besar? ๐Ÿค‘
 
๐Ÿ˜Š Gambaran dari pameran dagang di Indonesia tahun ini ternyata memuaskan. Produk Tanah Air seperti pertambangan, logam mulia, minyak kelapa sawit, charcoal, dan suku cadang memang menarik banyak perhatian buyer internasional. Meningkatnya nilai transaksi sebesar Rp376,2 triliun itu juga buktinya. Saya berharap produk-produk Indonesia bisa terus berkembang dan meningkatkan kualitasnya agar bisa bersaing dengan baik di pasar global. ๐ŸŒŸ
 
Pameran dagang ini memang bukti bahwa produk Tanah Air memiliki potensi besar untuk diakui secara global ๐Ÿ˜Š. Saya setuju bahwa produksi charcoal dan briket menjadi salah satu keunikan Indonesia yang bisa menarik perhatian pembeli internasional. Tapi, saya pikir kita harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk agar tidak hanya sekedar produk alternatif, tapi benar-benar kompetitif di pasar global. Produk-produk kami harus memiliki nilai tambah yang lebih dalam daripada sekadar mengikuti tren. Dan saya rasa, ini adalah kesempatan bagus bagi industri kecil-kecilan Indonesia untuk berkembang dan meningkatkan kemampuan mereka ๐Ÿ“ˆ๐Ÿ’ช
 
Gue pikir ini memang kesalahan kita sebagai netizen, kalau kita fokus terlalu banyak pada nilai uang, tapi bagaimana aspek lingkungan dan sosialnya? Kalau produk charcoal dan briket hasil produksi dari Indonesia itu, apa yang akan menjadi dampaknya bagi lingkungan hidup kita? Misalnya dampaknya bagi keseimbangan karbon di atmosfer atau efeknya pada kesehatan masyarakat. Gue rasa ini perlu dipertimbangkan agar produk-produk yang kita hasilkan tidak hanya menghasilkan keuntungan, tapi juga memiliki dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. ๐Ÿค”๐Ÿ’ก
 
Bisa dipastikan kalau pameran dagang ini adalah kesuksesan besar ya, banyak buyer dari luar negeri datang ke sini, apalagi karena produk Tanah Airnya tergolong berkualitas tinggi dan menarik ๐Ÿ˜Š. Tapi apa yang membuat saya sedih ni, kalau masih ada keterbatasan infrastruktur di beberapa wilayah, sehingga pariwisata dan industri tetap belum dapat berkembang dengan maximal ๐Ÿ’ธ. Tetapi kalau ditinjau dari segi nilai transaksi, aku bangga deh ya, Rp376 triliun itu sudah sangat bagus! ๐Ÿ™Œ
 
Hati-hati dengan impian untuk terus meningkatkan nilai transaksi nanti ya, perlu monitoring hasilnya juga. Tapi senang sekali produk Tanah Air bisa menarik minat buyer internasional ๐Ÿ˜Š. Coba aja jangan lupa promosi ke dalam negeri juga deh, biarpun penjualan dari luar negeri kini banyak, tapi banyak lagi potensi yang ada di dalam negeri.
 
๐Ÿคฏ Mau banget ngeles naikin nilai transaksi sebesar Rp376 triliun itu!!! ๐Ÿ’ธ Semoga gini-ginanya bisa meningkatkan ekonomi kita ๐Ÿ“ˆ. Saya senang lho dilihat produk-produk Tanah Air menarik perhatian buyer internasional, terutama produk pertambangan dan suku cadang yang keren banget! ๐Ÿค” Tapi siapa tahu apa lagi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan nilai transaksi ini di masa depan? ๐Ÿค Mungkin ada cara untuk membuat pameran dagang ini lebih seru dan menarik bagi buyer internasional, ya! ๐Ÿ˜„
 
Pameran dagang di Indonesia tahun ini benar-benar keren ๐Ÿคฉ! Produk Tanah Airnya begitu berkualitas dan menarik perhatian banyak orang dari luar negeri. Saya senang melihat nilai transaksi sebesar US$5,5 miliar untuk produk pertambangan itu, kayaknya Indonesia benar-benar memiliki potensi besar untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Dan saya juga terkesan dengan peningkatan nilai transaksi sebesar Rp376,2 triliun, itu sangat luar biasa ๐Ÿคฏ! Tapi, apa sih asal-usul produksi charcoal dan briket ini? Saya ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana produk-produk ini bisa menarik perhatian buyer internasional.
 
Gue pikir TEI 2025 ini cukup seru banget ๐Ÿคฉ! Luar negeri memang senang belanja produk Tanah Air, khususnya charcoal dan briket ๐Ÿ˜Š. Tapi gue penasaran kenapa logam mulia punya nilai transaksi yang banyak? Apakah karena banyak orang luar negeri yang suka mengikuti tren, eh? ๐Ÿค”

Gue senang sekali mendengar bahwa pameran dagang ini berhasil mencapai target nilai transaksi Rp376 triliun ๐Ÿ’ธ. Gue berharap ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk-produk Tanah Air yang unggul ๐ŸŒŸ. Saya setuju, Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang berguna untuk diolah menjadi produk-produk berkualitas. ๐ŸŒฟ
 
kembali
Top