BPJS Kesehatan Meraih Penghargaan di Indonesia Technology Excellence Awards 2025
Lembaga penyelenggara jaminan sosial kesehatan, BPJS Kesehatan, berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang Indonesia Technology Excellence Awards 2025. Pengakuan ini diberikan dalam kategori Automation: Health Insurance dan Information Management: Health Insurance.
Prestasi ini tak lepas dari inovasi-inovasi unggulan yang dikembangkan BPJS Kesehatan, seperti Robotic Automation for Claim Correction Entry (RACE) dan Robotic Automation for Payment Input Data (RAPID). Dengan sistem otomatisasi ini, proses klaim dan pembayaran dilakukan secara lebih cepat, efisien, dan meminimalkan risiko kesalahan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga mengembangkan JKN Assistant Platform Intelligence (JAPRI), asisten virtual berbasis artificial intelligence yang membantu Duta BPJS Kesehatan mengakses regulasi dan kebijakan internal dengan lebih mudah dan cepat.
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bukti nyata keberhasilan penerapan teknologi dalam mempercepat proses kerja dan mempermudah akses layanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia berharap transformasi digital yang diterapkan dapat mempermudah peserta menjangkau layanan kesehatan tanpa hambatan.
Selain itu, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, juga menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi digital merupakan bentuk investasi jangka panjang untuk meningkatkan mutu layanan dan menjaga keberlanjutan program JKN. Ia berpendapat bahwa digitalisasi menjadi jawaban atas kebutuhan peserta di era serba cepat dan dinamis.
Dengan penghargaan ini, BPJS Kesehatan terus memperkuat ekosistem digital dengan berbagai kanal layanan yang memudahkan akses peserta. Di antaranya, Mobile JKN yang dilengkapi fitur Skrining Riwayat Kesehatan, i-Care JKN, serta BUGAR untuk memantau aktivitas fisik.
Lembaga penyelenggara jaminan sosial kesehatan, BPJS Kesehatan, berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang Indonesia Technology Excellence Awards 2025. Pengakuan ini diberikan dalam kategori Automation: Health Insurance dan Information Management: Health Insurance.
Prestasi ini tak lepas dari inovasi-inovasi unggulan yang dikembangkan BPJS Kesehatan, seperti Robotic Automation for Claim Correction Entry (RACE) dan Robotic Automation for Payment Input Data (RAPID). Dengan sistem otomatisasi ini, proses klaim dan pembayaran dilakukan secara lebih cepat, efisien, dan meminimalkan risiko kesalahan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga mengembangkan JKN Assistant Platform Intelligence (JAPRI), asisten virtual berbasis artificial intelligence yang membantu Duta BPJS Kesehatan mengakses regulasi dan kebijakan internal dengan lebih mudah dan cepat.
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bukti nyata keberhasilan penerapan teknologi dalam mempercepat proses kerja dan mempermudah akses layanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia berharap transformasi digital yang diterapkan dapat mempermudah peserta menjangkau layanan kesehatan tanpa hambatan.
Selain itu, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, juga menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi digital merupakan bentuk investasi jangka panjang untuk meningkatkan mutu layanan dan menjaga keberlanjutan program JKN. Ia berpendapat bahwa digitalisasi menjadi jawaban atas kebutuhan peserta di era serba cepat dan dinamis.
Dengan penghargaan ini, BPJS Kesehatan terus memperkuat ekosistem digital dengan berbagai kanal layanan yang memudahkan akses peserta. Di antaranya, Mobile JKN yang dilengkapi fitur Skrining Riwayat Kesehatan, i-Care JKN, serta BUGAR untuk memantau aktivitas fisik.