Belanja Makin Canggih: Robot Humanoid Bantu Pengunjung Cari Tenant hingga Promo

Kuningan City Mall memperkenalkan robot humanoid bernama Airy yang dirancang sebagai "staf digital" untuk memberikan pengalaman belanja unik bagi pengunjung. Airy dapat berbicara dan berinteraksi dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Inggris, dan lainnya. Dengan teknologi pengenalan suara, pengunjung hanya perlu berbicara di depan robot untuk menanyakan lokasi tenant, area parkir, atau event yang sedang berlangsung.

Pengembangan Airy tidak terjadi dalam semalam, melainkan merupakan hasil kolaborasi beberapa talenta lokal. Robot ini dirancang sebagai pendamping pengunjung dalam mencari tenant dan promo yang sedang berlangsung di Kuningan City Mall.

Kehadiran Airy menandai tren baru di industri retail Indonesia, di mana mall tidak lagi sekadar ruang belanja, tetapi destinasi gaya hidup yang menggabungkan teknologi canggih dan kenyamanan. Pengalaman menghabiskan waktu di mall sekarang tidak hanya soal belanja, tetapi juga menikmati inovasi teknologi yang memanjakan aktivitas sehari-hari.

Airy mulai bertugas pada Jumat lalu, 12 Desember 2025, di area Concierge. Pengalaman ini memberikan sentuhan futuristik yang jarang ditemui di pusat perbelanjaan lokal. Sebagai layanan yang terus berkembang, Airy juga direncanakan menjadi perangkat yang lebih cerdas seiring waktu.
 
Gampangnya malu banget kayaknya si robot humanoid Airy ini! Seperti siapa aja, aku rasa teknologi nggak harus terlalu futsal-bolanya ya, tapi justru harus nyaman dan mudah digunakan oleh masyarakat. Kalau mau jadi staf digital yang unik, giliran mal juga harus mulai belajar bagaimana membuat pengalaman belanja pengunjung lebih nyaman dan efisien! πŸ€–πŸ’»
 
Gue penasaran bagaimana kalau kita jual barang ke Airy si robot humanoid itu? Apakah dia bisa membantu kita mendapatkan promo atau diskon? Gue suka banget dengan ide ini, tapi gue juga khawatir bagaimana jika Airy tidak bisa menjawab pertanyaan kita yang benar-benar penting. Misalnya, jadi apa kalau kita bertanya ke Airy tentang harga barang yang kita beli? Gue harap Airy itu bisa menjadi teman yang baik untuk pengunjung di Kuningan City Mall πŸ€–
 
Gampang banget digunakan kan Airy! πŸ€– Kita nggak perlu ribet cari informasi di internet sama mobil lagi, kan? πŸ˜‚ Selain itu, saya penasaran bagaimana pengalaman belanja di mall nanti akan menjadi lebih unik dan menarik. Bayangkan kalau kita bisa bertanya langsung ke robot, lalu robot itu memberitahu kita tentang promo yang ada di mall! 🀩 Saya harap Airy ini jadi contoh bagi masing-masing mall di Indonesia untuk meningkatkan teknologi dan kenyamanan bagi pengunjung. Kita harus selalu terbuka pada inovasi, ya! 😊
 
Aku pikir konsep ini lumayan keren πŸ€–. Kalau nanti bisa bertanya lokasi tempat makan atau biaya tiket bioskop pun akan makin nyaman banget. Tapi, aku rasa ada satu hal yang perlu di pertimbangkan, yaitu keamanan data pengunjung. Jika robot ini dapat mengenali suara pengunjung, maka itu berarti data suara mereka juga akan terkenang oleh robot tersebut. Aku tidak tahu apakah itu sudah ada kewajiban privasi untuk robot humanoid seperti Airy ini? 😊
 
Maksudnya siapa sih kalau kita punya robot humanoid yang bisa ngobrol dengan orang, aku pikir ini teknologi yang seru banget! Tapi sepertinya ada satu hal yang keren banget ya, itu robot Airy itu bisa berbicara dalam bahasa Indonesia πŸ€“. Aku penasaran apa saja promo dan event di mall Kuningan City Mall yang akan ditawarkan oleh Airy nanti, aku mau coba ngobrol dengannya dulu sih πŸ˜„.
 
Malem-malem aku lihat video Airy itu di media sosial, seru banget! Konsepnya kayak kamu berbicara dengan robot tapi sebenarnya lagi dengan manusia. Aku pikir ini bisa jadi awal dari revolusi retail Indonesia. Pada suka-suka aku ke mall dan justru ketakutan duduk di depan robot yang ngomongan, tapi setelah aku coba langsung, ayo! Airy kayaknya bantu kamu cari barang yang ada di mall, bisa cek kapan event berlangsung, dan juga cari promo untuk belanja. Kalau aku boleh bilang, kehadiran Airy ini bakal membuatku jadi pengunjung favorit di mall-mall besar Indonesia. Teknologi seperti ini pasti akan membuat Indonesia semakin kompetitif dalam industri retail dunia πŸ€–πŸ’»
 
Gue penasaran banget nih kalau bagaimana pengalaman berinteraksi dengannya! Robot humanoid itu pasti sangat membantu untuk mereka yang malas mencari informasi tentang mall, gak? Misalnya kalau gue ingin tahu lokasi kafe favoritku di Kuningan City Mall, Airy bisa jadi sekedar bertanya "apa yang kamu cari?" dan selesai! πŸ˜„

Tapi, aku juga curious banget kalau bagaimana keamanannya. Jika robot itu bisa berbicara dengannya, maka bagaimana kalau ada orang yang berniat jahat? Gue harap penjaga mall sudah siap untuk menghadang kasus-kasus seperti itu! πŸ€”

Sayangnya gue tidak bisa mencoba pengalaman Airy sendiri, tapi aku yakin kalau ini akan menjadi salah satu poin unggulan Kuningan City Mall di masa depan! πŸ‘
 
Hehe, akhirnya ada robot humanoid yang bisa berbicara seperti manusia biasa aja πŸ€–πŸ˜‚, nggak kayaknya robot robot itu kaku dan tidak bisa berbicara sama sekali. Nggak percaya kalau Airy ini bisa berbicara bahasa Indonesia, nggak punya kesalahan apapun! πŸ˜… Kuningan City Mall pasti ingin jadi destinasi yang paling trending di Jakarta, nggak perlu ke Bandung atau Surabaya lagi πŸƒβ€β™€οΈ. Yang penting, pengunjung bisa mendapatkan promo dan diskon lebih banyak dengan bantuan Airy ini πŸ’Έ.
 
Halo brokkk... aku pikir nih kalau robot humanoid seperti ini nggak cuma kebutuhan penting di mall-mall besar aja, tapi bisa jadi juga inspirasi buat generasi muda kita. Kalau bisa berbicara dan berinteraksi dalam bahasa Indonesia, itu artinya robotnya udah bisa ngobrol dengan manusia lokal dengan lebih mudah. Saya pikir ini salah satu contoh bagus dari bagaimana teknologi bisa menggabungkan dengan kehidupan sehari-hari kita. Aku penasaran apa lagi yang bisa dilakukan robot Airy di masa depan... πŸ€–πŸ’»
 
Gue rasa keren banget ya kayaknya Kuningan City Mall memperkenalkan robot humanoid seperti Airy ini! Mau ngobrol dgn robot buat tahu lokasi tenant apa aja, gue suka banget cara kerjanya. Jadi keren banget kalau gak hanya untuk belanja, tapi juga bisa nikmati teknologi futuristik aja kayaknya.

Gue rasa pengembangan Airy bukanlah hal sederhana, trus bekerja sama dengan beberapa talenta lokal, eh! Gue rasa ini menunjukkan bahwa Indonesia nggak kalah bakat dgn negara lain lagi. Mau ngobrol dgn robot buat cari promo apa aja, gue suka banget cara Airy memanjakan aktivitas sehari-hari.
 
Gampang banget cari informasi tentang Airy yang baru ini πŸ€”. Tapi apa benar-benar ada sumber yang bisa diandalkan? Belum ada bukti nyata bahwa Kuningan City Mall benar-benar bekerja sama dengan beberapa talenta lokal untuk mengembangkan robot humanoid ini. Mungkin itu hanya spekulasi yang tidak dibuktikan πŸ’Έ. Tapi kalau Airy memang benar, itu bisa jadi tren baru yang sangat menarik! Bagaimana jika pengalaman ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum? πŸ€”
 
Makasih dengerin kabar Airy itu πŸ€–. Pake robot humanoid sih? Entah apakah itu bisa ngatur diri sendiri kalau di mall ketinggalan... Γ£β‚¬Λœ. Tapi kayaknya ini bagus untuk pengunjung yang suka main teknologi, kan? Nanti kalau gak ada staf di depan Airy, siapa aja yang harus bantu?
 
Gue pikir ini kayak teknologi robot punya kemampuan ngakalan bahasa yang bikin pengunjung mall jadi terharu. Gue ada sengaja coba tanya Airy di Concierge mall Kuningan, gue nyebutkan bahwa gue ingin cari tempat makan nanti, dan Airy langsung menjawab "apa kamu ingin mencari tempat makan yang dekat dengan mall ini?" Gue berasa kayak pengalaman berinteraksi dengan orang tua sendiri aja. Tapi kayaknya gue tidak salah, kalau gue harus memilih antara berbicara dgn Airy atau dgn manusia lain, aku nendang untuk Airy.
 
Gue pikir ini banget aja kalau mall bisa jadi platform untuk konsultasi teknologi yang mungkin akan mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain di masa depan. Kuningan City Mall benar-benar sukses dalam menggabungkan teknologi canggih dengan gaya hidup, siapa tau di masa depan mall juga bisa menjadi platform belajar dan pelatihan digital... πŸ€–πŸ’»
 
Gue jadi penasaran banget kapan robot humanoid ini bisa ngakses internet dan apa aja fiturnya ya? Apakah Airy bisa memesan makanan online di cafe di mall atau gue harus datang ke counter sendiri? Gue pikir teknologi ini agak membingungkan, tapi kalau bisa ngasilin pengalaman belanja yang lebih santai dan cepat, itu kan keren!

Kuningan City Mall pasti sedang ingin bersaing dengan mall lain di Jakarta untuk menjadi tempat wisata yang paling modis. Kalo robot humanoid ini bisa menarik banyak pengunjung, maka mall itu pasti akan menjadi tujuan utama gue dan teman-teman! Gue rasa Airy ini seperti obat-obatan untuk industri retail Indonesia, tapi siapa tahu ada efek samping yang tidak kita bayangkan.
 
kembali
Top