AHY Ungkap Alasan Bandara Kertajati Sepi: Terpencil tapi Punya Misi Integrasi Wilayah

Hai guys, aku rasa makin kesal banget denger kabar bandara Kertajati masih terjebak di kemacetan itu 😩. Aku pikir mereka sudah punya rencana yang baik dan semua fasilitas yang dibutuhkan, tapi ternyata masih banyak masalah. Mau nggak percaya banget aja sih. Kenapa pembangunan seperti ini terus keterjebak dalam kemacetan? Aku rasa perlu ada pemindaian ulang dan revisi rencana yang lebih matang, ya? Tidak bisa semakin berlambat lagi, karena banyak yang sudah menunggu dan keberuntungannya tidak akan pernah nanti πŸ’”. Aku yakin jika diatur dengan baik, bandara ini bisa menjadi salah satu bandara terbesar dan modern di Indonesia 🀞. Tapi kalau jadi seperti ini, aku pikir lebih baik mau mundur dari proyek itu daripada terus keterjebak dalam masalah 😬.
 
Kalau mau bangun bandara di pinggiran kota, harusnya ada rencana yang jelas πŸ€”. Sebenarnya saya tahu pengembang bandara ini sudah banyak banget berinvestasi dan punya plan yang bagus, tapi sepertinya mereka kurang fokus pada hal-hal praktis. Misalkan akses ke lokasi itu sendiri, akses ke jalan utama juga harusnya diwaspadininya lebih baik. Saya rasa jika mereka bisa memperhatikan hal-hal ini dulu, kemudian bandara ini nanti akan terbang (bisa dipahami sebenarnya tidak?? πŸ˜‚). Nah kalau gini, saya khawatir justru bakalan semakin panjang proses pembangunan.
 
iya kayaknya kalau mau dibangun bandara di tempat itu nanti aja jadi salah satu tempat yang paling kacau di Jawa Barat πŸ˜‚. aku rasa pengembang harus lebih teliti lagi dalam memilih lokasi pembangunan bandara. bandara itu harus dekat dengan pusat pariwisata, tidak perlu terlalu jauh dari rumah-rumah masyarakat πŸšΆβ€β™‚οΈ. kalau tidak nanti aja para pengunjung akan kesulitan untuk sampai ke bandara dan musim liburan pasti makin panas ya πŸ˜“.
 
ada kabar gembira deh... pengembangan bandara kertajati itu masih lama banget! kemacetan di daerah masing-masing pengembangnya masih menjadi masalah yang serius. siapa tahu kalau kita sudah memiliki fasilitas transportasi udara yang baik, pasti akan mempengaruhi kenyamanan perjalanan para pengunjung. tapi apa lagi, masih banyak hal yang belum terpecahkan seperti jalur akses dan fasilitas lainnya... aku berharap pengembangnya bisa melihat masalah ini dari perspektif pengguna jasa transportasi udara sehingga bisa segera diselesaikan.
 
ini kabar baik kalian ah... bandara kertajati ternyata masih banyak macet. siapa tahu nanti bakal ada kecelakaan besar juga. kenapa pembangunan ini selalu macet? kalau jadi begitu nggak akan selesai aja... tapi kalau selesai dan bisa digunakan apa punya manfaatnya juga. tapi perlu diingat ada risiko juga...
 
Kita liat aja kemacetan di bandara kertajati sih, aku rasa pengembang harus lebih berhati-hati dulu sebelum bikin proyek besar like ini. Aku pikir mereka harus melihat dari segi lingkungan yang ada sekarang, apa yang sudah terjadi karena konstruksi, kemacetan di daerah sekitar, dan bagaimana caranya mencegah hal seperti itu kembali terjadi.

Kerja sama dengan masyarakat juga sangat penting, aku rasa mereka harus berbicara dengarkan kebutuhan masyarakat, bukan hanya asuh pada kepentingan bisnis. Kita liat aja banyak proyek yang selesai tapi akhirnya tidak sesuai dengan harapan masyarakat karena kurang melibatkan masyarakat.

Aku pikir kerahasiaan pengembangan juga harus dihentikan, jangan seperti ini kalau dulu pengembangan bandara bandung dijadikan rahasia, apa yang terjadi? Kita lihat akhirnya ada banyak kesalahannya dan masalah. Aku harap pengembang bandara kertajati bisa belajar dari kesalahan-kesalahan itu 😊
 
hehe, aku sibuk banget dengan pemandangan di luar jendela hari ini, sih... tapi gue liat kabar tentang Bandara Kertajati, oh iya! Aku pikir itu project yang sangat penting buat perkembangan ekonomi di Jawa Barat. tapi, apa aja tujuan mereka? bikin bandara yang luas dan indah, tapi kemacetan lokasi masing-masing gak bisa dihindari, kan?

aku pikir, kalau mau bikin bandara yang bagus, harus dipikirkan sekarang juga, sih... buat sistem transportasi yang baik, jalan yang rapi, dan fasilitas untuk para petugas. tapi, aku lihat kabar mereka masih sibuk dengan perubahan lokasi dan masalah teknis. gue rasa itu seperti berjalan 2 langkah ke depan, lalu kembali 1 langkah lagi... apa aja tujuan mereka?
oh iya, aku lupa membeli buah-buahan di pasar tadi hari, aku harus beli yang segar!
 
Saya pikir konsep pengembangan bandara itu agak bodoh, sih. Jika di desa seperti ini yang agak jauh dari kota, apalagi harus melayani pelancong... kalau ada kesempatan mereka bisa melihat langsung kondisi sebenarnya. Tapi aku rasa pihak pengembang lagi-lagi malah salah menghitung biaya dan waktu. Bandara itu masih dalam tahap konstruksi dan sudah masuk 5 tahun, tapi kabar gosipnya kalau masih ada masalah teknis... apa lagi yang dibutuhkan?

Saya setuju dengan kebijakan ini untuk mengatur proyek-proyek pembangunan di daerah-daerah luar kota. Tapi, kita harus bisa melihat kebenaran, bukan hanya fokus pada visi-visi jangka panjang. Kita harus bisa memastikan apa yang sudah dibangun itu bisa berjalan dengan baik dan tidak hanya kehabisan anggaran.
 
Saya pikir itu karena konsep bandaranya terlalu besar dan tidak mempertimbangkan efisiensi dalam penggunaan lahan. Kalau kita lihat, ada banyak pilihan parkir yang tidak terpakai dan tidak fungsional. Saya rasa perlu ada re-evaluasi dari pihak pengembang tentang bagaimana cara untuk meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam layanan bandara tersebut.

Selain itu, saya juga ingin menekankan pentingnya integrasi dengan sistem transportasi umum di sekitar bandara. Jika kita bisa menciptakan hubungan yang lebih baik antara bandara dan kota sekitarnya, maka pengunjung tidak akan merasa terjebak dalam kemacetan tersebut. Mungkin perlu ada penyesuaian pada rencana transportasi awal untuk mempertimbangkan kebutuhan pengunjung yang akan datang.

Saya berharap pihak pengembang dapat melihat kembali rencana mereka dan mencari solusi yang lebih baik untuk mengatasi masalah kemacetan di Bandara Kertajati.
 
Aku pikir kalau pengembang bandara Kertajati ini seharusnya ngaturin strategi transportasinya sendiri, jangan tergantung pada kemacetan di daerah-daerah lain. Kamu tahu kalau aku pernah kecanduan ngobrol dengan temen-teman di Jakarta, dan rute jalan punya kerumitan banget. Tapi aku pikir kalau ada solusi yang lebih baik daripada memikirkan bandara sendiri.

Aku bayangkan kalau mereka buat sistem transportasi yang kaku, seperti ngaturin layanan taksi atau bus, sehingga orang yang datang ke bandara tidak terlalu berat. Misalnya, ada area parkir untuk mobil-mobil pribadi, lalu ada jasa transportasi umum yang konsisten. Atau kalau mereka buat sistem pernapasan angkat badan (elevated highway) seperti di Singapura, biar akses ke bandara lebih mudah.

Aku rasa kalau itu solusi yang lebih baik daripada memikirkan bandara sendiri. Aku tidak tahu siapa yang terlibat dalam proyek ini, tapi aku doang harap mereka bisa mencari solusi yang masuk akal.
 
Saya pikir pengembangan bandara Kertajati di daerah ini masih terlalu banyak kekurangan. Selama ini, saya sudah melihat ada banyak kesempatan yang gagal untuk mengembangkan daerah ini menjadi lebih baik. Sampai saat ini, kondisi jalan dan transportasi di sekitar bandara masih belum optimal, membuat pengunjung dan pekerja di daerah ini sangat berat kepala. Bahkan, beberapa kali saya pergi ke daerah ini, saya sudah terlambat karena kesulitan lalu lintas di sekitar bandara.

Saya pikir pihak pengembang harus lebih serius dalam merencanakan infrastruktur yang cukup untuk mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di daerah ini. Jika tidak, maka keberhasilan pengembangan bandara ini akan terhambat oleh masalah-masalah sederhana seperti lalu lintas dan transportasi.
 
aku pikir pemerintah punya kesempatan untuk memperbaiki keterbatasan masalah logistik di bandara ini, tapi ternyata masih banyak yang sama. aku tahu bahwa lokasi bandara kertajati itu strategis, tapi apa salahnya kalau ada perencanaan yang lebih matang? aku lihat pengembangan di daerah yang sekitar bandara ini sering terganggu karena kepadatan lalu lintas. aku harap pemerintah bisa memperhatikan hal ini dan memberikan solusi yang lebih baik untuk mengatasi masalah tersebut 🚧
 
Hmmppp.. pengembangan bandara kertajati ini masih nggak beres. kayaknya mereka udah masuk tahun aja dan masih banyak masalah yang harus diatasi. kemacetan lokasi masing-masing lagi jadi perdebatan di forum ini... siapa tahu, kalau bisa sederhanakan pembangunan atau pindahkan ke lokasi lain yang lebih strategis aja, aku pikir itu akan lebih efektif. tapi, sepertinya masih banyak kepentingan yang saling melengkapi sehingga sulit dilakukan perubahan. dan lagi-lagi, komunitas di sekitar lokasi ini masih nggak puas dengan hasil pengembangan ini... siapa yang benar? aku malah pikir lebih baik kalau kita fokus pada solusi daripada memperburuk masalahnya lagi...
 
ada kabar itu banget, pengembang bandara kertajati masih banyak masalah di lokasinya πŸ€¦β€β™‚οΈ. aku pernah lihat foto-foto pembangunan bandara itu dan sekarang sudah selesai tapi masih banyak kendala. apa yang dibutuhkan lagi sih? kereta api, jalan tol, dan lain-lain... kalau semua itu selesai, maka akrabnya Jakarta-Bandung bakal semakin cepat πŸš‚πŸ’¨. tapi kayaknya pembangunan saja tidak cukup, perlu juga pertimbangan tentang lingkungan dan kehidupan masyarakat di sekitar lokasi itu. aku harap pengembang bisa lebih mempertimbangkan hal-hal tersebut agar proyeknya berjalan lancar 🀞.
 
ini sengaja aku coba aja buat revivre diskusi lama tentang proyek bandara kertajati ya, tapi nggak ada banyak yang ngobrol tentang hal ini di media online. aku pikir masalahnya adalah pengembang tidak siap dengan kemacetan lokasi konstruksi, padahal sudah diketahui sebelumnya bahwa daerah itu sangat genangan banget πŸ˜…. jadi, aku rasa pengembang harus bertanggung jawab lebih lanjut dan tidak hanya fokus pada target waktu proyek.

dan aku juga pikir penting buat diperhatikan dampak lingkungan yang sering diabaikan dalam konstruksi seperti ini. misalnya, bagaimana mereka akan mengatasi masalah banjir dan polusi udara? kita harus lebih berhati-hati dalam merencanakan proyek-infrastruktur yang besar seperti bandara. siapa tahu kalau ada cara untuk mengurangi kerumitan konstruksi dan biaya yang dibebankan kepada pemerintah 😊.
 
kaya gak bisa diatur sama pengembangnya, bandara kertajati ini masih jadi sumber kemacetan banget! siapa yang bikin konsep ini? sih yang paham cari jalan yang lancar? sepertinya mereka hanya fokus pada proyek sendiri aja. dan kini lagi ada masalah sama sekali, wah itu kayaknya kebiasaan mereka. kalau tidak dengan cara ini, bandara ini akan menjadi sumber masalah bagi masyarakat sekitar. dan apa yang bisa dilakukan? sih kembali ke awal dan periksa kembali konsepnya aja... tapi sepertinya sudah terlambat banget.
 
Makasih kawan, aku lihat thread ini sudah lama sih πŸ™„. Tapi aku nggak sabar untuk memberi opini tentang bandara Kertajati ini. Aku pikir pengembangnya memilih lokasi yang salah sekali, kalau kira-kira mau makin banyak pelancong, tapi sekarang kabutnya lagi terus2... 🌫️

Aku rasa mereka harus paham bahwa transportasi udara bukan hanya tentang biaya, tapi juga tentang kemudahan dan keamanan. Kalau lokasi ini yang sering kabur, aku nggak sabar banget untuk ngalami kesulitan saat nempel ke bandara. Bayangin aja, kamu sudah terbang pulang ke rumah, tapi lalu harus menunggu jamat kemburu lagi... 😩

Aku harap pengembangnya bisa mencoba lagi, cari lokasi yang lebih strategis. Jadi pelancong tidak perlu khawatir dengan kabut dan kesulitan. Mari bandara ini bisa terbang tinggi, tanpa ada hambatan πŸšπŸ’¨.
 
Kemacetan di Kertajati itu kayak gampangnya 🀯. Belum ada solusi lagi, pengembangnya sendiri yang jadi penyumbang masalahnya πŸ˜’. Bandara itu harus terbang ke bawah tanpa masalah, bukan mengalirkan kemacetan ke sekitar πŸ˜‚. Siapa nanti yang bilang ini pilihan yang tidak tepat? πŸ€·β€β™‚οΈ Kita kira aja pengembangan bandara itu baik-baik saja, ternyata cuma cerita dong πŸ‘€.
 
Buatlah strategi yang lebih baik biar kertajati jadi bandara yang sukses, kalau gini terus, lokasi yang sama kok masih berat. Mungkin harus cari lagi tempat yang lebih strategis, jauh dari kemacetan di daerah itu. Saya pikir ini masalah besar bagi pengembang, biar kertajati bisa menjadi bandara yang baik dan efisien. Kalau mau sukses, harus siap menghadapi kesulitan seperti ini.
 
kembali
Top