Berikut 40 contoh soal UKPPPG beserta kunci jawabannya.
1. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban, pilihan model yang tepat adalah B.
2. Pak Sugik memberikan permasalahan riil yang ada di kehidupan nyata dan meminta siswa untuk memecahkannya. Model pembelajaran yang digunakan Pak Sugik adalah B.
3. Bu Lia meminta siswa membuat alat dari beberapa barang bekas yang telah disediakan, model yang digunakan oleh Bu Lia adalah C.
4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (<i>response</i>) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (<i>bond</i>) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (<i>law of exercise</i>). Teori belajar yang dimaksud adalah A.
5. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses .... C
6. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran <i>Student Centered Learning</i>...</p><p>A. Teori Behavioristik</p><p>B. Teori Konstruktivistik</p><p>C. Teori Kognitif</p><p>Jawaban: B</p>
7. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk...</p><p>A. <i>Project Based Learning</i></p><p>B. <i>Problem Based Learning</i></p><p>C. <i>Cooperative Learning</i></p><p>Jawaban: C</p>
8. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, maka dapat dilakukan dengan cara...</p><p>A. Memberikan<i> Post-test</i></p><p>B. Memberikan <i>Pre-test</i></p><p>C. Memberikan Tugas</p><p>Jawaban: B</p>
9. Kemampuan yang harus dinilai oleh guru di kelas yaitu...</p><p>A. Pengetahuan, Keterampilan, Kognitif</p><p>B. Keterampilan, Afektif, Sikap</p><p>C. Pengetahuan, Keterampilan, Sikap</p><p>Jawaban: C</p>
10. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Inovatif, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat membuat kerajinan dari tanah liat dan membuat laporan kerajinan yang telah dibuat. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya . . .<p>A. Prosedur</p><p>B. Konsep</p><p>C. Keterampilan</p><p>Jawaban: C</p>
11. Diketahui beberapa orang siswa memiliki nilai ujian IPA sebagai berikut: </p><ul><li>Maya: 67</li><li>Melani: 70</li><li>Yoga: 90</li><li>Andi: 70</li><li>Nana: 85</li><li>Sandi: 77</li><li>Ayu: 77</li><li>Diana: 86</li></ul> Jika kriteria kelulusan minimal untuk mata pelajaran IPA adalah lebih dari 70, maka siswa yang memerlukan pengayaan adalah...</p><p>A. Maya dan Melani</p><p>B. Yoga dan Diana</p><p>C. Andi dan Melani</p><p>Jawaban: B</p>
12. Bu Ani mengetahui betul bahwa siswanya mempunyai gaya belajar kinestetik dan sangat menyukai percobaan dan berkomunikasi intensif. Pada tatap muka tertentu Bu Ani ingin siswanya memiliki kompetensi "mengkomunikasikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah". Pendekatan yang paling tepat dan harus diterapkan Bu Ani dalam pembelajaran supaya para siswa mencapai kompetensi tersebut adalah ...<p>A. Saintifik</p><p>B. metakognitif</p><p>C. <i>Direct instruction</i></p><p>Jawaban: A</p>
13. Pada percobaan analisis kadar abu terjadi kecelakaan kerja, salah satu siswa tersentuh wadah bahan yang panas. Tindakan pertama yang tepat pada bagian tubuh siswa yang terkena benda panas adalah ...<p>A. Mengolesi dengan alkohol</p><p>B. Mengoleskan pasta gigi</p><p>C. Mendinginkan dengan es</p><p>Jawaban: C</p>
14. Pak Budi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan listrik dinamis. Apersepsi yang paling tepat dilakukan Pak Budi adalah menggali pengetahuan awal siswa terkait....<p>A. Medan listrik dan kuat arus listrik</p><p>B. Rangkaian listrik dan medan listrik</p><p>C. Rangkaian listrik dan medan magnet</p><p>Jawaban: C</p>
15. Kata kerja operasional berikut ini yang termasuk dalam HOTS...<p>A. Membuat, menjelaskan, menentukan</p><p>B. Membandingkan, mengidentifikasi, mengevaluasi</p><p>C. Menciptakan, memilih, membandingkan</p><p>Jawaban: C</p>
16. Di halaman sekolah tempat Pak Ali mengajar banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti ketela pohon, ubi jalar, bunga pukul empat, dan pacar air. Pak Ali ingin membelajarkan siswanya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan transportasi air dan zat hara yang terlarut di dalamnya pada tumbuhan. Sistem transportasi pada tumbuhan dapat divisualisasi dengan menggunakan tumbuhan tertentu yang tepat sebagai bahan percobaan. Pasangan model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat yang harus digunakan Pak Ali adalah…<p>A. Kooperatif-<i>paper and pencil test</i></p><p>B. PBL- test kinerja</p><p>C. Inkuiri-test kinerja</p><p>Jawaban: C</p>
17. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan…<p>A. Memberikan Bimbingan</p><p>B. Memberikan Tes Awal</p><p>C. Memberikan Kaitan</p><p>Jawaban: C</p>
18. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena...</p><p>A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap</p><p>B. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa</p><p>C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua</p><p>Jawaban: A</p>
19. Pak Andi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan menemukan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Andi pada fase ke-5 (evaluasi formatif) adalah...</p><p>A. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, kelompok lain cukup mendengarkan saja, guru memberikan umpan balik dan penguatan.</p><p>B. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru memberikan umpan balik dan penguatan.</p><p>C. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru mendengarkan dan menilai.</p><p>Jawaban: B</p>
20. Istilah pengukuran dalam sistem evaluasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat ...<p>A. objektif</p><p>B. subjektif</p><p>C. objektif</p><p>D. subjektif</p><p>E. berbeda antara evaluasi dan penilaian</p><p>Jawaban: A</p>
21. Guru menggunakan metode pengawasan yang meliputi...<p>A. mengamati perilaku siswa</p><p>B. memberikan umpan balik kepada peserta</p><p>C. membuat kurikulum yang berperan sebagai alat evaluasi</p><p>D. mengumpulkan data belajar siswa</p><p>E. melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran</p><p>Jawaban: A, B, C</p>
22. Seorang guru menggunakan evaluasi formatif berupa...<p>A. ujian kehadiran</p><p>B. tes kreativitas</p><p>C. proyek</p><p>D. portofolio</p><p>E. evaluasi diri siswa</p><p>Jawaban: D, E</p>
23. Tujuan dari metode pembelajaran yang bersifat kontektual adalah...</p><p>A. mengetahui kemampuan peserta dalam hal keterampilan</p><p>B. mengukur peningkatan keterampilan seseorang</p><p>C. memberikan contoh penggunaan teori yang telah dipelajari di kelas</p><p>D. memastikan agar siswa dapat mencapai nilai minimum sesuai dengan kurikulum</p><p>Jawaban: D</p>
24. Sebelum melaksanakan pembelajaran di ruang kelas, seorang guru harus melakukan...<p>A. evaluasi kemampuan peserta</p><p>B. evaluasi lingkungan belajar</p><p>C. evaluasi kurikulum</p><p>D. evaluasi diri sendiri sebagai penilai</p><p>E. evaluasi hasil pelajaran di kelas</p><p>Jawaban: A, B, C</p>
25. Seorang guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bersifat berkelompok untuk memotivasi siswa. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut yaitu:</p><p>A. mengumpulkan beberapa siswa ke dalam kelompok</p><p>B. mengadakan presentasi di depan kelas untuk memberikan hasil kerja kelompok</p><p>C. mengatur tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melaksanakan tugas kelompok</p><p>D. menyebarkan kerja kelompok di seluruh kelas</p><p>E. membuat pengaduan kelompok dengan guru sebagai pelatih</p><p>Jawaban: B, C</p>
26. Seorang guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bersifat berkelompok untuk melaksanakan proyek. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut yaitu:</p><p>A. menyebarkan kerja kelompok di seluruh kelas</p><p>B. mengatur tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melaksanakan tugas proyek</p><p>C. memberikan instruksi kepada guru yang dianggap sebagai pelatih</p><p>D. memberikan umpan balik dan penguatan kepada siswa</p><p>E. menyajikan hasil proyek kelompok di depan kelas</p><p>Jawaban: B, E</p>
27. Seorang guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bersifat berkelompok untuk menilai kemampuan peserta. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut yaitu:</p><p>A. memberikan umpan balik kepada siswa</p><p>B. memberikan pengaduan kepada siswa</p><p>C. memberikan tes kepada siswa</p><p>D. mengumpulkan data hasil belajar siswa</p><p>E. membuat portofolio</p><p>Jawaban: A, D, E</p>
28. Berikut adalah contoh dari perbedaan antara evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran yaitu:
Evaluasi adalah suatu kegiatan yang berfungsi untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran. Penilaian adalah suatu kegiatan yang bersifat objektif dan dijalankan oleh guru dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
29. Seorang guru dapat menggunakan metode pengawasan untuk memantau kemajuan siswa dalam melaksanakan tugas belajar secara berkala. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: meliputi aktivitas-aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung di kelas
Evaluasi: dapat dilakukan dengan menggunakan teknik evaluasi yang telah disebutkan oleh para ahli, seperti metode survei dan metode pengumpulan data.
Koreksi: meliputi kegiatan-kegiatan guru yang bertujuan untuk menyesuaikan diri terhadap kesalahan yang ditemukan saat pengamatan dan evaluasi
30. Dengan menggunakan metode pengawasan, seorang guru dapat memantau kemajuan siswa dengan lebih efektif. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: siswa di observasikan selama pembelajaran berlangsung.
Evaluasi: evaluasi dilakukan secara teratur untuk memantau kemajuan belajar siswa
Koreksi: guru memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
31. Dalam penggunaan metode pengawasan, seorang guru harus menyediakan informasi yang cukup dan tepat. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: untuk memantau kemajuan siswa
Evaluasi: untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran
Koreksi: untuk memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
32. Seorang guru dapat menggunakan metode pengawasan untuk memantau kemajuan siswa dengan lebih efektif. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: melakukan pengamatan dan evaluasi terhadap aktivitas-aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
Evaluasi: melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran
Koreksi: memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
33. Seorang guru dapat menggunakan metode pengawasan untuk memantau kemajuan siswa dengan lebih efektif. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: melakukan pengamatan terhadap aktivitas-aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
Evaluasi: melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran
Koreksi: memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
1. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban, pilihan model yang tepat adalah B.
2. Pak Sugik memberikan permasalahan riil yang ada di kehidupan nyata dan meminta siswa untuk memecahkannya. Model pembelajaran yang digunakan Pak Sugik adalah B.
3. Bu Lia meminta siswa membuat alat dari beberapa barang bekas yang telah disediakan, model yang digunakan oleh Bu Lia adalah C.
4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (<i>response</i>) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (<i>bond</i>) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (<i>law of exercise</i>). Teori belajar yang dimaksud adalah A.
5. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses .... C
6. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran <i>Student Centered Learning</i>...</p><p>A. Teori Behavioristik</p><p>B. Teori Konstruktivistik</p><p>C. Teori Kognitif</p><p>Jawaban: B</p>
7. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk...</p><p>A. <i>Project Based Learning</i></p><p>B. <i>Problem Based Learning</i></p><p>C. <i>Cooperative Learning</i></p><p>Jawaban: C</p>
8. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, maka dapat dilakukan dengan cara...</p><p>A. Memberikan<i> Post-test</i></p><p>B. Memberikan <i>Pre-test</i></p><p>C. Memberikan Tugas</p><p>Jawaban: B</p>
9. Kemampuan yang harus dinilai oleh guru di kelas yaitu...</p><p>A. Pengetahuan, Keterampilan, Kognitif</p><p>B. Keterampilan, Afektif, Sikap</p><p>C. Pengetahuan, Keterampilan, Sikap</p><p>Jawaban: C</p>
10. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Inovatif, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat membuat kerajinan dari tanah liat dan membuat laporan kerajinan yang telah dibuat. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya . . .<p>A. Prosedur</p><p>B. Konsep</p><p>C. Keterampilan</p><p>Jawaban: C</p>
11. Diketahui beberapa orang siswa memiliki nilai ujian IPA sebagai berikut: </p><ul><li>Maya: 67</li><li>Melani: 70</li><li>Yoga: 90</li><li>Andi: 70</li><li>Nana: 85</li><li>Sandi: 77</li><li>Ayu: 77</li><li>Diana: 86</li></ul> Jika kriteria kelulusan minimal untuk mata pelajaran IPA adalah lebih dari 70, maka siswa yang memerlukan pengayaan adalah...</p><p>A. Maya dan Melani</p><p>B. Yoga dan Diana</p><p>C. Andi dan Melani</p><p>Jawaban: B</p>
12. Bu Ani mengetahui betul bahwa siswanya mempunyai gaya belajar kinestetik dan sangat menyukai percobaan dan berkomunikasi intensif. Pada tatap muka tertentu Bu Ani ingin siswanya memiliki kompetensi "mengkomunikasikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah". Pendekatan yang paling tepat dan harus diterapkan Bu Ani dalam pembelajaran supaya para siswa mencapai kompetensi tersebut adalah ...<p>A. Saintifik</p><p>B. metakognitif</p><p>C. <i>Direct instruction</i></p><p>Jawaban: A</p>
13. Pada percobaan analisis kadar abu terjadi kecelakaan kerja, salah satu siswa tersentuh wadah bahan yang panas. Tindakan pertama yang tepat pada bagian tubuh siswa yang terkena benda panas adalah ...<p>A. Mengolesi dengan alkohol</p><p>B. Mengoleskan pasta gigi</p><p>C. Mendinginkan dengan es</p><p>Jawaban: C</p>
14. Pak Budi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan listrik dinamis. Apersepsi yang paling tepat dilakukan Pak Budi adalah menggali pengetahuan awal siswa terkait....<p>A. Medan listrik dan kuat arus listrik</p><p>B. Rangkaian listrik dan medan listrik</p><p>C. Rangkaian listrik dan medan magnet</p><p>Jawaban: C</p>
15. Kata kerja operasional berikut ini yang termasuk dalam HOTS...<p>A. Membuat, menjelaskan, menentukan</p><p>B. Membandingkan, mengidentifikasi, mengevaluasi</p><p>C. Menciptakan, memilih, membandingkan</p><p>Jawaban: C</p>
16. Di halaman sekolah tempat Pak Ali mengajar banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti ketela pohon, ubi jalar, bunga pukul empat, dan pacar air. Pak Ali ingin membelajarkan siswanya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan transportasi air dan zat hara yang terlarut di dalamnya pada tumbuhan. Sistem transportasi pada tumbuhan dapat divisualisasi dengan menggunakan tumbuhan tertentu yang tepat sebagai bahan percobaan. Pasangan model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat yang harus digunakan Pak Ali adalah…<p>A. Kooperatif-<i>paper and pencil test</i></p><p>B. PBL- test kinerja</p><p>C. Inkuiri-test kinerja</p><p>Jawaban: C</p>
17. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan…<p>A. Memberikan Bimbingan</p><p>B. Memberikan Tes Awal</p><p>C. Memberikan Kaitan</p><p>Jawaban: C</p>
18. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena...</p><p>A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap</p><p>B. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa</p><p>C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua</p><p>Jawaban: A</p>
19. Pak Andi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan menemukan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Andi pada fase ke-5 (evaluasi formatif) adalah...</p><p>A. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, kelompok lain cukup mendengarkan saja, guru memberikan umpan balik dan penguatan.</p><p>B. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru memberikan umpan balik dan penguatan.</p><p>C. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru mendengarkan dan menilai.</p><p>Jawaban: B</p>
20. Istilah pengukuran dalam sistem evaluasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat ...<p>A. objektif</p><p>B. subjektif</p><p>C. objektif</p><p>D. subjektif</p><p>E. berbeda antara evaluasi dan penilaian</p><p>Jawaban: A</p>
21. Guru menggunakan metode pengawasan yang meliputi...<p>A. mengamati perilaku siswa</p><p>B. memberikan umpan balik kepada peserta</p><p>C. membuat kurikulum yang berperan sebagai alat evaluasi</p><p>D. mengumpulkan data belajar siswa</p><p>E. melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran</p><p>Jawaban: A, B, C</p>
22. Seorang guru menggunakan evaluasi formatif berupa...<p>A. ujian kehadiran</p><p>B. tes kreativitas</p><p>C. proyek</p><p>D. portofolio</p><p>E. evaluasi diri siswa</p><p>Jawaban: D, E</p>
23. Tujuan dari metode pembelajaran yang bersifat kontektual adalah...</p><p>A. mengetahui kemampuan peserta dalam hal keterampilan</p><p>B. mengukur peningkatan keterampilan seseorang</p><p>C. memberikan contoh penggunaan teori yang telah dipelajari di kelas</p><p>D. memastikan agar siswa dapat mencapai nilai minimum sesuai dengan kurikulum</p><p>Jawaban: D</p>
24. Sebelum melaksanakan pembelajaran di ruang kelas, seorang guru harus melakukan...<p>A. evaluasi kemampuan peserta</p><p>B. evaluasi lingkungan belajar</p><p>C. evaluasi kurikulum</p><p>D. evaluasi diri sendiri sebagai penilai</p><p>E. evaluasi hasil pelajaran di kelas</p><p>Jawaban: A, B, C</p>
25. Seorang guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bersifat berkelompok untuk memotivasi siswa. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut yaitu:</p><p>A. mengumpulkan beberapa siswa ke dalam kelompok</p><p>B. mengadakan presentasi di depan kelas untuk memberikan hasil kerja kelompok</p><p>C. mengatur tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melaksanakan tugas kelompok</p><p>D. menyebarkan kerja kelompok di seluruh kelas</p><p>E. membuat pengaduan kelompok dengan guru sebagai pelatih</p><p>Jawaban: B, C</p>
26. Seorang guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bersifat berkelompok untuk melaksanakan proyek. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut yaitu:</p><p>A. menyebarkan kerja kelompok di seluruh kelas</p><p>B. mengatur tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melaksanakan tugas proyek</p><p>C. memberikan instruksi kepada guru yang dianggap sebagai pelatih</p><p>D. memberikan umpan balik dan penguatan kepada siswa</p><p>E. menyajikan hasil proyek kelompok di depan kelas</p><p>Jawaban: B, E</p>
27. Seorang guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bersifat berkelompok untuk menilai kemampuan peserta. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut yaitu:</p><p>A. memberikan umpan balik kepada siswa</p><p>B. memberikan pengaduan kepada siswa</p><p>C. memberikan tes kepada siswa</p><p>D. mengumpulkan data hasil belajar siswa</p><p>E. membuat portofolio</p><p>Jawaban: A, D, E</p>
28. Berikut adalah contoh dari perbedaan antara evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran yaitu:
Evaluasi adalah suatu kegiatan yang berfungsi untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran. Penilaian adalah suatu kegiatan yang bersifat objektif dan dijalankan oleh guru dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
29. Seorang guru dapat menggunakan metode pengawasan untuk memantau kemajuan siswa dalam melaksanakan tugas belajar secara berkala. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: meliputi aktivitas-aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung di kelas
Evaluasi: dapat dilakukan dengan menggunakan teknik evaluasi yang telah disebutkan oleh para ahli, seperti metode survei dan metode pengumpulan data.
Koreksi: meliputi kegiatan-kegiatan guru yang bertujuan untuk menyesuaikan diri terhadap kesalahan yang ditemukan saat pengamatan dan evaluasi
30. Dengan menggunakan metode pengawasan, seorang guru dapat memantau kemajuan siswa dengan lebih efektif. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: siswa di observasikan selama pembelajaran berlangsung.
Evaluasi: evaluasi dilakukan secara teratur untuk memantau kemajuan belajar siswa
Koreksi: guru memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
31. Dalam penggunaan metode pengawasan, seorang guru harus menyediakan informasi yang cukup dan tepat. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: untuk memantau kemajuan siswa
Evaluasi: untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran
Koreksi: untuk memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
32. Seorang guru dapat menggunakan metode pengawasan untuk memantau kemajuan siswa dengan lebih efektif. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: melakukan pengamatan dan evaluasi terhadap aktivitas-aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
Evaluasi: melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran
Koreksi: memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki
33. Seorang guru dapat menggunakan metode pengawasan untuk memantau kemajuan siswa dengan lebih efektif. Berikut adalah salah satu cara yang paling efektif dalam melaksanakan metode tersebut yaitu:
Pengamatan: melakukan pengamatan terhadap aktivitas-aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
Evaluasi: melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran
Koreksi: memberikan umpan balik kepada peserta yang perlu diperbaiki