Berikut adalah contoh soal UTBK UKPPPG beserta kunci jawabannya.
1. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban, pilihan model yang tepat adalah <b>B. Inquiry Learning</b>
2. Pak Sugik memberikan permasalahan riil yang ada di kehidupan nyata dan meminta siswa untuk memecahkannya. Model pembelajaran yang digunakan Pak Sugik adalah <b>B. Problem Based Learning</b>
3. Bu Lia meminta siswa membuat alat dari beberapa barang bekas yang telah disediakan, model yang digunakan oleh Bu Lia adalah <b>C. Project Based Learning</b>
4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (<i>response</i>) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (<i>bond</i>) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (<i>law of exercise</i>). Teori belajar yang dimaksud adalah <b>A. Behavioristik</b>
5. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses <b>C. Shaping</b>
6. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran <i>Student Centered Learning</i> adalah teori <b>B. Kognitif</b>
7. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk <b>C. Cooperative Learning</b>
8. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, maka dapat dilakukan dengan cara <b>B. Memberikan <i>Pre-test</i></b>
9. Kemampuan yang harus dinilai oleh guru di kelas yaitu <b>C. Pengetahuan, Keterampilan, Sikap</b>
10. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (<i>response</i>) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (<i>bond</i>) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (<i>law of exercise</i>). Teori belajar yang dimaksud adalah <b>A. Behavioristik</b>
11. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses <b>C. Shaping</b>
12. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran <i>Student Centered Learning</i> adalah teori <b>B. Kognitif</b>
13. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk <b>C. Cooperative Learning</b>
14. Seorang guru mengajarkan pembelajaran kepada peserta didik dan memberikan contoh penerapan konsep yang diajarinya pada kesempatan nyata. Asesmen yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran tersebut adalah <b>A. Membuat kata mutiara tentang nilai yang terkandung dalam cerita</b>
15. Seorang guru sedang mengajarkan keterampilan berbicara. Peserta didik diminta untuk menceritakan kembali kisah "Kelinci Kecil dan Burung Pipit" secara runtut dengan menggunakan kata-kata sendiri. Selama proses belajar berlangsung, guru juga ingin memotret komentar peserta didik lain ketika teman sejawatnya bercerita di depan kelas. Asesmen yang sesuai dengan kebutuhan guru tersebut adalah asesmen <b>A. antarteman dengan lembar <em>checklist </em>performa bercerita</b> dan <b>E. kinerja dengan skala penilaian yang diisi semua peserta didik</b>
Contoh soal utbk ukpppg dapat menjadi bahan latihan untuk menghadapi ujian PPG tahun ini. Contoh soal UTBK UKPPPG yang tersedia berkaitan dengan beberapa materi, termasuk pedagogik.
1. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban, pilihan model yang tepat adalah <b>B. Inquiry Learning</b>
2. Pak Sugik memberikan permasalahan riil yang ada di kehidupan nyata dan meminta siswa untuk memecahkannya. Model pembelajaran yang digunakan Pak Sugik adalah <b>B. Problem Based Learning</b>
3. Bu Lia meminta siswa membuat alat dari beberapa barang bekas yang telah disediakan, model yang digunakan oleh Bu Lia adalah <b>C. Project Based Learning</b>
4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (<i>response</i>) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (<i>bond</i>) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (<i>law of exercise</i>). Teori belajar yang dimaksud adalah <b>A. Behavioristik</b>
5. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses <b>C. Shaping</b>
6. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran <i>Student Centered Learning</i> adalah teori <b>B. Kognitif</b>
7. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk <b>C. Cooperative Learning</b>
8. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, maka dapat dilakukan dengan cara <b>B. Memberikan <i>Pre-test</i></b>
9. Kemampuan yang harus dinilai oleh guru di kelas yaitu <b>C. Pengetahuan, Keterampilan, Sikap</b>
10. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (<i>response</i>) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (<i>bond</i>) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (<i>law of exercise</i>). Teori belajar yang dimaksud adalah <b>A. Behavioristik</b>
11. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses <b>C. Shaping</b>
12. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran <i>Student Centered Learning</i> adalah teori <b>B. Kognitif</b>
13. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk <b>C. Cooperative Learning</b>
14. Seorang guru mengajarkan pembelajaran kepada peserta didik dan memberikan contoh penerapan konsep yang diajarinya pada kesempatan nyata. Asesmen yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran tersebut adalah <b>A. Membuat kata mutiara tentang nilai yang terkandung dalam cerita</b>
15. Seorang guru sedang mengajarkan keterampilan berbicara. Peserta didik diminta untuk menceritakan kembali kisah "Kelinci Kecil dan Burung Pipit" secara runtut dengan menggunakan kata-kata sendiri. Selama proses belajar berlangsung, guru juga ingin memotret komentar peserta didik lain ketika teman sejawatnya bercerita di depan kelas. Asesmen yang sesuai dengan kebutuhan guru tersebut adalah asesmen <b>A. antarteman dengan lembar <em>checklist </em>performa bercerita</b> dan <b>E. kinerja dengan skala penilaian yang diisi semua peserta didik</b>
Contoh soal utbk ukpppg dapat menjadi bahan latihan untuk menghadapi ujian PPG tahun ini. Contoh soal UTBK UKPPPG yang tersedia berkaitan dengan beberapa materi, termasuk pedagogik.