25 Contoh Soal PAS IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya

Dari laporan Tirto.id, soal IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka merupakan salah satu contoh soal yang sering digunakan guru untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Tujuannya adalah agar siswa dapat menunjukkan pemahaman mereka secara langsung terhadap materi yang dipelajari, serta menguji kemampuan analisis dan keterampilan praktik peserta didik.

Soal IPAS ini membahas topik biologi dan fisika dengan fokus pada hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh manusia, seperti pancaindra. Dengan menggunakan soal-soal yang disertai gambar atau sketsa, siswa harus dapat menganalisis dan memahami konsep dasar melalui pengamatan dan percobaan sederhana.

Selain itu, siswa juga diharapkan untuk membuat simulasi siklus hidup makhluk hidup menggunakan bagan atau alat bantu sederhana. Aktivitas ini melatih siswa untuk mengaitkan teori dengan pengalaman sehari-hari dalam kehidupan lingkungan.

Berikut adalah beberapa contoh soal IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka dan jawabannya:

1. Bahan yang dibutuhkan tanaman untuk fotosintesis?
Jawaban: sinar matahari dan karbon dioksida

2. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada umbi?
Jawaban: bawang merah

3. Ciri-ciri perkembangbiakan generatif pada bunga?
Jawaban: (1) Mahkota bunga, (4) Kelopak bunga

4. Jenis penyerbukan antar bunga dari pohon berbeda?
Jawaban: penyerbukan silang

5. Manfaat tumbuhan dan fotosintesis bagi lingkungan?
Jawaban: membantu udara menjadi bersih
 
Gak percaya banget ya, soal IPAS kelas 4 itu gampang aja! Kita jadi harus bisa menganalisis dan memahami konsep dasar biologi dan fisika itu dengan cepat. Tapi, apa artinya jika kita cuma fokus pada topik-topik yang sudah ada dan tidak mencoba untuk mempertanyakan hal-hal itu? Apakah itu bukan cara untuk belajar yang lebih inovatif?

Dan kayaknya, soal-soal IPAS ini gampang dipahami tapi benar-benar tidak menantang. Kita harus lebih berani untuk menciptakan simulasi siklus hidup makhluk hidup sendiri dengan menggunakan bagan atau alat bantu yang kita buat sendiri. Itu cara belajar yang lebih interactif dan membuatnya lebih menarik!
 
Maksudnya siapa gini soal IPAS itu? Membuat simulasi siklus hidup makhluk hidup, kan kayak buatan film animasi aja... ๐Ÿ๐Ÿ’ก Saya jadi ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana guru membuat soal-soal yang seru dan bikin siswa terhibur saat belajar biologi. Tapi, nggak ada salahnya kalau kita nantikan hasil pertandingan Indonesia vs Korea di Piala Dunia 2025, kan? ๐Ÿ†๐Ÿ‘Š
 
Soal IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka memang agak sulit, kan? Saya ingat saat masih sekolah, soal-soal seperti ini membuat saya penasaran. Tapi sekarang, saya lihat sudah ada gambar atau sketsa yang membantu. Saya pikir itu bagus, karena bisa membuat siswa lebih mudah memahami konsep dasar biologi dan fisika.

Saya ingat saat masih kecil, saya tidak pernah memiliki alat bantu seperti bagan untuk membuat simulasi siklus hidup makhluk hidup. Tapi sekarang, saya melihat ada alat bantu sederhana yang bisa membantu siswa mengaitkan teori dengan pengalaman sehari-hari. Itu memang bagus!

Saya pikir soal-soal ini juga harus lebih menantang, kan? Saya ingin melihat bagaimana siswa dapat menganalisis dan memahami konsep dasar biologi dan fisika secara langsung. Mungkin itu bisa membuat siswa lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Saya senang melihat bahwa guru-guru masih menggunakan soal-soal IPAS untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Itu bagus, karena dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan!
 
aku pikir soal ipas kelas 4 itu seru banget! aku suka di bagian simulasi siklus hidup makhluk hidup, karena bisa diterapkan ke kehidupan sehari-hari. misalnya, aku bisa membuat simulasi tentang cara menyiapkan makanan untuk hewan peliharaan aku di rumah. dan soal biologi yang disertai gambar kayaknya sangat membantu, aku jadi lebih mudah memahami konsep dasar itu ๐Ÿ˜Š.
 
Maksudnya soal IPAS seperti ini memang bikin siswa harus berpikir kritis, tapi sih agak susah nih. Bisa jadi di kurikulum lain disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa? Karena kalau masih sama kayak sebelumnya, siswa kurang mau belajar. Tapi gampang nih buat guru yang harus membuat soal yang benar-benar sesuai dengan materi biologi dan fisika.
 
Soal IPAS kelas 4 kayaknya gampang deh banget! Saya pikir itu karena ada gambar di soal, sih. Kadang-kadang aku pikir sih, "Oh iya, aku lupa soal ini kayak apa? ๐Ÿ˜‚" Tapi sepertinya itu soal yang nggak terlalu sulit, kan? Aku suka dengar tentang fotosintesis dan bagaimana tumbuhan berfungsi di lingkungan. Semoga siswa-siswi kelas 4 bisa belajar banyak hal baru dari soal-soal IPAS ini! ๐Ÿ‘
 
Wah, soal IPAS kelas 4 kurikulum Merdeka lagi-lagi membutuhkan gambar dan sketsa gampang-gamping... Apa sih tujuannya, buat siapa? Saya rasa guru harus bisa mencari soal yang seru dan bikin siswa nggak bosan, tapi kayaknya soal ini hanya membuat siswa nggak mau belajar lagi ๐Ÿ˜’. Pancaindra yang bikin siswa pusing, dan simulasi siklus hidup makhluk hidup yang bikin siswa capek... Kenapa gak soal tentang permainan online atau apa-apa yang bikin siswa senang? ๐Ÿค”
 
Soal IPAS kelas 4 ini memang kayaknya agak sulit banget, tapi aku pikir itu bagus sekali! Karena siswa harus bisa menganalisis dan memahami konsep dasar melalui pengamatan dan percobaan sederhana. Aku suka dengan soal nomor 5, karena itu membuatku paham betapa pentingnya fotosintesis bagi lingkungan ya! Kalau aku bisa, aku akan banget bikin simulasi siklus hidup makhluk hidup sendiri! Tapi, aku rasa soal ini kurang memberikan contoh gambar yang cukup jelas, aku rasa itu membuat siswa kesulitan memahami konsepnya ๐Ÿ˜Š
 
Saya pikir soal IPAS ini tidak cukup menantang untuk siswa kelas 4, kan? Mereka harus sudah bisa menganalisis dan memahami konsep biologi dan fisika yang rumit, seperti pancaindra. Saya ingin melihat bagaimana mereka dapat menghubungkan teori dengan pengamatan sehari-hari dalam kehidupan lingkungan. Contohnya, bagaimana mereka dapat membuat simulasi siklus hidup makhluk hidup menggunakan bagan atau alat bantu sederhana? Saya ingin melihat apakah mereka sudah bisa memahami konsep dasar di bidang biologi dan fisika.

Dan, saya juga ingin bertanya, mengapa soal ini tidak ada contoh yang lebih menarik, seperti simulasi di laboratorium atau aktivitas di luar ruangan? Saya pikir itu akan membuat siswa lebih aktif dan tertarik dalam belajar.
 
Wahhh ๐Ÿคฉ๐Ÿ“š soal IPAS kelas 4 itu boleh-belaunya aku sini ๐Ÿ˜‚ tapi aku rasa soal-soal itu ngga terlalu sulit banget deh ๐Ÿค” aku pikir soal-soal seperti ini bisa membuat siswa jadi lebih mudah paham tentang biologi dan fisika aja ๐ŸŒŸ lho, kalau soal-soalnya begitu sederhana, maka siswa juga harus lebih berhati-hati dalam mengerjakannya ๐Ÿ˜Š aku rasa aktivitas seperti simulasi siklus hidup makhluk hidup itu nggak bisa salah ๐ŸŒฟ๐Ÿ‘
 
Saya rasa soal IPAS kelas 4 itu sengaja dibuat seperti ini agar siswa malah memikirkan tentang bagaimana cara membuat tanaman yang sehat dan siap digunakan untuk fotosintesis, bukan sekedar mengingat kata-kata aja. Saya ingat saat-saat belajar di SD, gak pernah ada yang berdiskusi tentang bagaimana caranya membuat tanaman yang sehat dan siap digunakan untuk fotosintesis. Itu soal IPAS banget! ๐Ÿค”
 
kembali
Top