20 Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan PGSD 2025 & PDF

Kisi-kisi beserta contoh soal tes substantif PPG Prajabatan PGSD 2025 diantaranya:

1. Makna penting dalam kompetensi kurikulum 2013 adalah kemampuan intelektual, keterampilan, sikap, etika, dan estetika.

2. Kegiatan karya wisata mengunjungi objek wisata dan kegiatan lainnya termasuk implementasi kurikulum.

3. Ciri organisasi kurikulum tematik terpadu adalah integrasi antar-mata pelajaran dalam satu tema

4. Belajar menurut teori kognitif dapat dimaknai sebagai pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif

5. Pembelajaran kontekstual dapat dimaknai sebagai pemanfaatan lingkungan yang sesuai dengan lingkungan anak

6. Bekal kemampuan yang perlu diberikan kepada peserta didik agar mampu beradaptasi di masa depan adalah kemampuan mengakses informasi.

7. Keterampilan dan sikap sosial dapat dikembangkan menggunakan interaksi interpersonal

8. Pembelajaran kognitif dapat menjangkau kemampuan pengembangan sikap dan nilai kepribadian yang baik

9. Bahan penilaian harus tersedia agar guru dapat menilai kemampuan siswa dengan lembar observasi, kejelasan tentang hal-hal yang akan dievaluasi.

10. Penilaian acuan patokan (PAP) menggunakan kriteria kemampuan maksimal ideal

11. Pemilihan strategis dan pendekatan pembelajaran selayaknya mempertimbangkan ragam gaya belajar siswa.

12. Penggunaan cermin dan objek-objek simetris untuk menunjukkan konsep simetri dalam pembelajaran di kelas

13. Pelaksanaan metode mengajarkan tentang siklus hidup kupu-kupu dengan menggunakan model 3D untuk memastikan pemahaman peserta didik.

14. Menggunakan termometer dan mengajak peserta didik mengukur suhu berbagai benda dalam pembelajaran mengajar konsep suhu dan termometer

15. Pelaksanaan langkah awal pengelompokkan siswa secara homogen untuk merancang rencana program pembelajaran mengakomodasi keberagaman kognitif di kelas.

16. Sifat bangun layang-layang ditunjukkan oleh 1-3, yaitu bentuk persamaan dari 3 buah sisi dengan panjang yang sama.

17. Kecepatan rata-rata motor Ulfa selama perjalanan adalah sekitar 60 km/jam

18. Nilai akhir KPK dari bilangan 7, 14, dan 28 adalah 196.

19. Nilai akhir FPB dari bilangan 36, 45, dan 63 adalah 9.

20. Faktor prima dari bilangan 84 adalah 2, 3, dan 7
 
Tapi nggak bisa dipungut niat sih, soal-soal ini sumpah lama banget πŸ˜’. Kalau mau belajar, kalau mau tahu, kenapa tidak mulai dari sekarang? πŸ€”. Pergi ke objek wisata hanya untuk ilmu pengetahuan, bukan main-main aja πŸ˜…. Dan yang bikin bingung sih soal termometer dan suhu, gini aja apa maksudnya? πŸ€·β€β™‚οΈ. Bayangkan kalau di SMP, harus pakai termometer untuk mengukur suhu tubuh, nggak serius banget! πŸ˜‚.
 
Aku pikir soal-soal ini terlalu mudah πŸ€”, tapi aku juga rasa kalau soal-soal ini kurang konsisten dengan tujuan PPG Prajabatan PGSD 2025, apa kebenarannya? 😐 Kegiatan karya wisata dan implementasi kurikulum memang penting, tapi bagaimana kalau dilarang kegiatan wisata yang harus dihadapi oleh siswa? πŸ€¦β€β™€οΈ

Aku juga pikir ciri organisasi kurikulum tematik terpadu adalah integrasi antar-mata pelajaran dalam satu tema yang tepat dan efektif, tapi apa kalau tidak semua mata pelajaran diatur dengan satu tema? πŸ˜• Banyak faktor lain seperti kemampuan berpikir kritis, pengembangan kemampuan mengakses informasi, dan pendekatan pembelajaran selayaknya mempertimbangkan ragam gaya belajar siswa. πŸ€”
 
aku pikir tes ini terlalu banyak soalnya... kalau aku harus memilih satu yang paling penting, aku akan memilih contoh soal nomor 4, yaitu "Belajar menurut teori kognitif dapat dimaknai sebagai pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif". aku rasa ini adalah hal penting yang harus dipahami oleh guru-guru, karena kalau mereka tidak bisa mengajarkan anak-anak untuk berpikir kritis, maka kita tidak akan memiliki generasi yang cerdas di masa depan.
 
Saya tidak biasanya membicarakan tentang tes PPG 😐 tapi kalau harus, aku pikir soal-soal tersebut terlalu panjang dan kompleks banget 🀯. Gimana kalau kita fokus pada keterampilan yang perlu diberikan kepada peserta didik agar mampu beradaptasi di masa depan? Kemampuan mengakses informasi itu penting banget πŸ“Š di era digital ini. Saya rasa banyak guru yang lupa bahwa anak-anak di masa depan harus dapat berinteraksi dengan teknologi dan internet secara efektif πŸ’».
 
Pertanyaan-nya kayaknya juga menarik banget πŸ€”. Saya rasa soal ini dipisahkan menjadi beberapa kategori, seperti kemampuan intelektual, keterampilan, sikap, etika, dan estetika πŸ“š. Saya pikir itu penting karena kamu perlu memahami apa yang dimaksud dengan kompetensi kurikulum 2013 di sekolah 🏫.

Saya juga suka soal kegiatan wisata, karena itu bisa membuat anak-anak lebih aktif dan berpikir kritis 🌳. Tapi, saya pikir penting juga untuk tidak hanya fokus pada kegiatan wisata saja, tapi juga harus memahami kurikulum yang ada di sekolah πŸ“Š.

Saya rasa soal ini juga bisa membuat kamu memikirkan bagaimana cara beradaptasi dengan teknologi yang semakin canggih di masa depan πŸ€–. Kamu perlu memahami bagaimana mengakses informasi dan menggunakan keterampilan yang tepat untuk itu πŸ’».

Tapi, saya pikir yang paling penting adalah soal pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif di sekolah πŸ€”. Saya pikir itu sangat penting untuk membuat anak-anak menjadi siswa yang lebih baik di masa depan πŸ‘.
 
😊 Aku pikir tes ini agak terlalu fokus pada teori-teori dan kurikulum, tapi gak ada salahnya nih! πŸ€” Sebenarnya aku suka konteks apapun yang bikin siswa bisa bekerja sama dengan lingkungan sekitar ya! πŸ’š Misalnya contoh soal 5, kalau anak-anak belajar tentang pemanfaatan lingkungan itu pasti bakal lebih peduli dengan lingkungan di sekitarnya. 🌿

Tapi aku pikir ada satu hal yang gak jelas, ya? Bagaimana dengan teori kognitif? Aku rasa itu agak tekanan, kayaknya anak-anak harus bisa berpikir kritis dan kreatif itu bisa bikin mereka stres, kan? πŸ˜… Sebenarnya aku lebih suka konteks yang lebih santai, gak perlu terlalu banyak teori-teori. πŸ™

Aku juga rasa ada beberapa soal yang agak sulit, ya? Seperti contoh 18 dan 19, kalau aku tidak punya rekap bilangan itu gak tahu apa lagi! πŸ˜‚ Sebenarnya aku pikir tes ini harus lebih santai, kayaknya anak-anak bisa nanggung dengan tekanannya. πŸ™

Tapi, secara keseluruhan aku pikir tes ini agak baik, ya? Aku suka konteks yang beragam dan teori-teori yang bikin siswa bisa belajar banyak hal! πŸ’‘
 
Pagi-pagian, aku sengaja membaca soal tes PPG Prajabatan PGSD tahun 2025 ini. Aku pikir soalnya cukup menarik, tapi juga sedikit membuatku bingung. Aku rasa banyak hal yang perlu diperhatikan oleh gurunya. Seperti, apa yang dimaksud dengan "bekal kemampuan" yang harus di berikan kepada siswa? Apa itu kriteria maksimal ideal yang digunakan dalam penilaian PAP? Aku rasa gurunya perlu lebih teliti dan mempertimbangkan banyak faktor saat membuat rencana pembelajaran.
 
Halo broπŸ€—! Pertanyaan-pertanyaan di atas pasti akan membuat banyak temen-temen kamu bingung kan? πŸ€” tapi jangan khawatir, kita bisa belajar dari sana juga! πŸ“š Saya pikir pilihan nomor 4 itu sangat keren bro! Belajar menurut teori kognitif benar-benar membuat kita bisa berpikir kritis dan kreatif, ya! πŸ€“ Saya ingat saat-saat di sekolah yang saya belajar menggunakan teori kognitif, aku bisa fokus dan bisa membuat konsep-konsep yang sulit itu lebih mudah dipahami. 😊
 
hebat banget aja soal-intrigu si tes PPG Prajabatan PGSD 2025 πŸ€“, tapi gampang banget aja dijangkau jawaban-jawabannya dari google πŸ˜‚. ari aji mungkin ada yang suka-sukai memikirkan hal-hal yang lebih mendalam tentang teori-teori pembelajaran dan kurikulum, tapi kalau bukan siapa-siapa bisa langsung googling πŸ€·β€β™‚οΈ. paham juga sih bahwa pembelajaran kognitif itu sebenarnya tentang pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, tapi mungkin ari yang suka belajar jadi harus sendiri-sendiri ya πŸ˜….
 
Gue pikir 8 ini penting banget! Kognitif itu bisa mengembangkan sikap berpikir yang lebih baik, bukan cuma sekedar ingat-Ingat aja. Gue rasa itu lebih serius dari soal-soal di atas yang jadi cerita-cerita sederhana aja.
 
Soal-soal tes substantif PPG Prajabatan PGSD 2025 ini makin sulit kayaknya πŸ€”. Saya rasa konsep-konsep yang dibahas harus jelas dan mudah dipahami agar peserta didik bisa mengerjakan soal dengan lancar πŸ’‘. Tapi, kalau peserta didik tidak memahami konsepnya sendiri, apa gunanya jawaban yang benar? πŸ€·β€β™‚οΈ
 
Aku pikir soal ini terlalu panjang 🀯. Coba cari konsep dasar aja ya... Makna penting dalam kompetensi kurikulum 2013 buat aku adalah kemampuan berpikir kritis dan mengakses informasi. Yang dihitung nanti gppa πŸ˜….
 
Ini kayak gini nih, tes PPG Prajabatan PGSD 2025 makin panjang kayak gine, apa aja yang penting, siapa yang tau kalau ada yang masuk nilai akhirnya? Saya rasa pentingnya adalah guru harus bisa mengajar dengan cara yang lebih kreatif, jangan cuma sekedar mengerjakan soal-soal kayak biasanya. Yang penting adalah peserta didik itu bisa belajar dengan baik dan mengerti konsep-konsep yang diajarkan. Kita harap tidak ada yang gagal ya, karena kalau gagal, siapa yang harus bertanggung jawab? πŸ˜‚πŸ“š
 
Aku pikir soal-soal ini terlalu sederhana banget πŸ˜’. Aku kira kalau PPG Prajabatan PGSD 2025 harus memadati konten yang lebih kompleks dan relevan dengan realita dunia kerja. Kegiatan wisata juga tidak sempeka untuk dibangun dalam bentuk tes. Aku pikir ada kebutuhan untuk soal-soal yang lebih praktis dan dapat menguji kemampuan siswa dalam menganalisis data, menyelesaikan masalah, atau membuat keputusan yang tepat πŸ€”.
 
Saya tahu, pasti banyak yang suka dengan tes-tes ini... apa lagi yang bisa dipertanyakan kalau sudah ada soal tentang makna penting dalam kompetensi kurikulum 2013? Siapa yang tidak ingin menjadi orang pintar, kan? πŸ€” Tapi, gimana caranya kalau di sekolah aja gak ada waktu untuk main game atau ngobrol dengan teman...? Bayangin aja kalau kamu harus masuk dalam tim karya wisata dan diharuskan implementasikan kurikulum. Hmm, berat ya...
 
heyy πŸ’‘, apa yang kamu pikir soal-soal tes substantif PPG Prajabatan PGSD 2025 ini? πŸ€” aku rasa pertanyaan tentang makna penting dalam kompetensi kurikulum 2013, yaitu kemampuan intelektual, keterampilan, sikap, etika, dan estetika, benar-benar penting banget πŸ™Œ. kalau aku harus memilih satu soal, aku pikir soal tentang kegiatan karya wisata yang dapat dimaknai sebagai pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif πŸ‘ itu juga sangat bermanfaat untuk peserta didik, karena kalau kita bisa belajar dari lingkungan sekitar itu akan membantu mereka untuk lebih hidup harmonis dengan alam 🌿.

tapi aku rasa soal tentang pelaksanaan metode mengajarkan tentang siklus hidup kupu-kupu dengan menggunakan model 3D itu juga sangat menarik πŸ’‘. aku tahu kalau banyak guru yang sudah menggunakan metode ini dan hasilnya cukup baik 😊. kalau kamu punya pendapat tentang soal-soal tes ini, jangan ragu untuk berbagi! πŸ€—
 
[Image: πŸ€£πŸ‘€ "Kisi-kisi soal tes substantif PPG Prajabatan PGSD 2025" dengan bentuk yang lucu dan warna-warni]

[Kriteria evaluasi yang panjang!]

[Bingung sama kuis! πŸ˜…]

[Guru harus siap dulu, kayak banget! πŸ“š]
 
Aku penasaran sih soal-soal tes PPG Prajabatan PGSD 2025 itu. Tapi aku pikir kalau peserta didik harus fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif bukan hanya sekedar menghafal konsep-konsep di dalam buku teks. Apa kalau mereka belajar cara untuk menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Nah, aku pikir itu yang lebih bermanfaat di masa depan. πŸ€”
 
kembali
Top