Pengumuman hasil seleksi administrasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru 2025 untuk PGSD telah disampaikan pada tanggal 10 November 2025. Tahap berikutnya adalah tes substantif yang dijadwalkan pada 12-15 November 2025. Sementara itu, kisi-kisi beserta contoh soal tes substantif PPG Prajabatan (Calon Guru) PGSD 2025 telah disediakan oleh lembaga penyelenggara pascasarjana tersebut.
Pengujian ini dilakukan untuk menilai kemampuan peserta memahami materi bidang studi yang dipilih, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan profesional. Pada tes substantif, materi yang diuji adalah literasi dan numerasi, kemampuan dasar dalam kurikulum 2013, pendidikan PGSD, teori pengembangan, pembelajaran kontekstual, dan lain-lain.
Berikut ini kisi-kisi dan contoh soal tes substantif PPG Prajabatan (Calon Guru) PGSD 2025 yang harus dipersiapkan oleh peserta:
1. Makna penting dalam kompetensi kurikulum 2013 adalah kemampuan intelektual, keterampilan, sikap, etika, dan estetika.
2. Kegiatan karya wisata mengunjungi objek wisata dan kegiatan lainnya termasuk implementasi kurikulum.
3. Ciri organisasi kurikulum tematik terpadu adalah integrasi antar-mata pelajaran dalam satu tema.
4. Belajar menurut teori kognitif dapat dimaknai sebagai pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
5. Pembelajaran kontekstual dapat dimaknai sebagai sesuai dengan lingkungan anak dan bernilai, bernilai, dan menarik minat.
6. Bekal kemampuan yang perlu diberikan kepada peserta didik agar mampu beradaptasi di masa depan adalah penguasaan cara belajar.
7. Keterampilan dan sikap sosial dapat dikembangkan menggunakan interaksi interpersonal dan pelaksanaan bakti sosial.
8. Pembelajaran kognitif dapat menjangkau kemampuan pengembangan sikap dan nilai kepribadian yang baik.
9. Bahan penilaian harus tersedia agar guru dapat menilai kemampuan siswa dengan lembar observasi, kejelasan tentang hal-hal yang akan dievaluasi, gambaran kemampuan siswa, dan sejenisnya.
10. Penilaian acuan patokan (PAP) menggunakan kriteria rata-rata capaian kemampuan oleh semua siswa.
11. Pemilihan strategis dan pendekatan pembelajaran selayaknya mempertimbangkan kecanggihan peralatan, ragam gaya belajar siswa, dan kedalaman materi ajar.
12. Pembelajaran tentang siklus hidup kupu-kupu dapat dilakukan dengan menggunakan model 3D, mengajak peserta didik untuk menceritakan kembali tahap-tahap siklus hidup kupu-kupu, atau menyuruh peserta didik menghafal definisi setiap tahap.
13. Pembelajaran tentang konsep suhu dan termometer dapat dilakukan dengan menggunakan termometer dan mengajak peserta didik mengukur suhu berbagai benda.
14. Pengembangan rencana program pembelajaran mengakomodasi keberagaman kognitif yang ada di kelas harus dimulai dengan memahami karakteristik peserta didik dalam melakukan seluruh aktivitas pembelajaran.
15. Perhatikan pernyataan tentang sifat bangun layang-layang.
16. Kecepatan rata-rata dari motor Ulfa yang mengendarainya adalah 40 km/jam.
17. KPK dari bilangan 7, 14, dan 28 adalah 196.
18. FPB dari bilangan 36, 45, dan 63 adalah 9.
19. Faktor prima dari bilangan 84 adalah 2, 3, dan 7.
20. Link unduh soal tes substantif PPG Prajabatan (Calon Guru) PGSD 2025 dapat ditemukan di situs web resmi lembaga penyelenggara pascasarjana tersebut.
Pengujian ini dilakukan untuk menilai kemampuan peserta memahami materi bidang studi yang dipilih, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan profesional. Pada tes substantif, materi yang diuji adalah literasi dan numerasi, kemampuan dasar dalam kurikulum 2013, pendidikan PGSD, teori pengembangan, pembelajaran kontekstual, dan lain-lain.
Berikut ini kisi-kisi dan contoh soal tes substantif PPG Prajabatan (Calon Guru) PGSD 2025 yang harus dipersiapkan oleh peserta:
1. Makna penting dalam kompetensi kurikulum 2013 adalah kemampuan intelektual, keterampilan, sikap, etika, dan estetika.
2. Kegiatan karya wisata mengunjungi objek wisata dan kegiatan lainnya termasuk implementasi kurikulum.
3. Ciri organisasi kurikulum tematik terpadu adalah integrasi antar-mata pelajaran dalam satu tema.
4. Belajar menurut teori kognitif dapat dimaknai sebagai pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
5. Pembelajaran kontekstual dapat dimaknai sebagai sesuai dengan lingkungan anak dan bernilai, bernilai, dan menarik minat.
6. Bekal kemampuan yang perlu diberikan kepada peserta didik agar mampu beradaptasi di masa depan adalah penguasaan cara belajar.
7. Keterampilan dan sikap sosial dapat dikembangkan menggunakan interaksi interpersonal dan pelaksanaan bakti sosial.
8. Pembelajaran kognitif dapat menjangkau kemampuan pengembangan sikap dan nilai kepribadian yang baik.
9. Bahan penilaian harus tersedia agar guru dapat menilai kemampuan siswa dengan lembar observasi, kejelasan tentang hal-hal yang akan dievaluasi, gambaran kemampuan siswa, dan sejenisnya.
10. Penilaian acuan patokan (PAP) menggunakan kriteria rata-rata capaian kemampuan oleh semua siswa.
11. Pemilihan strategis dan pendekatan pembelajaran selayaknya mempertimbangkan kecanggihan peralatan, ragam gaya belajar siswa, dan kedalaman materi ajar.
12. Pembelajaran tentang siklus hidup kupu-kupu dapat dilakukan dengan menggunakan model 3D, mengajak peserta didik untuk menceritakan kembali tahap-tahap siklus hidup kupu-kupu, atau menyuruh peserta didik menghafal definisi setiap tahap.
13. Pembelajaran tentang konsep suhu dan termometer dapat dilakukan dengan menggunakan termometer dan mengajak peserta didik mengukur suhu berbagai benda.
14. Pengembangan rencana program pembelajaran mengakomodasi keberagaman kognitif yang ada di kelas harus dimulai dengan memahami karakteristik peserta didik dalam melakukan seluruh aktivitas pembelajaran.
15. Perhatikan pernyataan tentang sifat bangun layang-layang.
16. Kecepatan rata-rata dari motor Ulfa yang mengendarainya adalah 40 km/jam.
17. KPK dari bilangan 7, 14, dan 28 adalah 196.
18. FPB dari bilangan 36, 45, dan 63 adalah 9.
19. Faktor prima dari bilangan 84 adalah 2, 3, dan 7.
20. Link unduh soal tes substantif PPG Prajabatan (Calon Guru) PGSD 2025 dapat ditemukan di situs web resmi lembaga penyelenggara pascasarjana tersebut.