Berikut adalah contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka Semester 1 yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menilai perkembangan anak. Narasi ini mencakup berbagai aspek pembelajaran, seperti nilai agama dan budi pekerti hingga kemampuan literasi dan STEAM.
Rapor Ananda: Ananda telah menunjukkan antusiasme yang baik dalam mengikuti kegiatan peribadahan yang diselenggarakan di sekolah. Ia selalu mempersiapkan diri sebelum kegiatan dimulai, seperti berwudu, merapikan diri, dan menyiapkan perlengkapan ibadah dengan tertib.
Ananda telah mampu bekerja sama dengan teman, membagi tugas secara adil, dan berkomunikasi dengan baik saat melakukan kegiatan kelompok. Ia juga menunjukkan rasa peduli terhadap lingkungan, seperti mengingatkan teman untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mencontohkan memilah sampah dengan benar.
Dalam kegiatan pembelajaran, Ananda telah menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dan aktif mengajukan pertanyaan untuk memahami materi lebih dalam. Ia juga berusaha menyelesaikan tugas dengan rapi, teliti, dan fokus.
Untuk meningkatkan kepedulian pada lingkungan dan sesama, Ananda akan diberi kesempatan belajar melalui praktik di luar kelas, misalnya pengamatan alam atau kegiatan sosial. Dukungan ayah dan bunda dapat berupa kegiatan belajar menyenangkan di rumah, memanfaatkan benda sekitar untuk belajar berhitung, mengenal warna, atau melatih bahasa.
Mengajak Ananda berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari seperti menjaga kebersihan rumah, memasak, merawat tanaman, dan kegiatan positif lainnya dapat membiasakan tanggung jawab, disiplin, dan kepedulian yang lebih optimal.
Rapor Ananda: Ananda telah menunjukkan antusiasme yang baik dalam mengikuti kegiatan peribadahan yang diselenggarakan di sekolah. Ia selalu mempersiapkan diri sebelum kegiatan dimulai, seperti berwudu, merapikan diri, dan menyiapkan perlengkapan ibadah dengan tertib.
Ananda telah mampu bekerja sama dengan teman, membagi tugas secara adil, dan berkomunikasi dengan baik saat melakukan kegiatan kelompok. Ia juga menunjukkan rasa peduli terhadap lingkungan, seperti mengingatkan teman untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mencontohkan memilah sampah dengan benar.
Dalam kegiatan pembelajaran, Ananda telah menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dan aktif mengajukan pertanyaan untuk memahami materi lebih dalam. Ia juga berusaha menyelesaikan tugas dengan rapi, teliti, dan fokus.
Untuk meningkatkan kepedulian pada lingkungan dan sesama, Ananda akan diberi kesempatan belajar melalui praktik di luar kelas, misalnya pengamatan alam atau kegiatan sosial. Dukungan ayah dan bunda dapat berupa kegiatan belajar menyenangkan di rumah, memanfaatkan benda sekitar untuk belajar berhitung, mengenal warna, atau melatih bahasa.
Mengajak Ananda berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari seperti menjaga kebersihan rumah, memasak, merawat tanaman, dan kegiatan positif lainnya dapat membiasakan tanggung jawab, disiplin, dan kepedulian yang lebih optimal.