Pemerintah Papua menghadapi krusis pada proyek Trans Papua, karena pembangunan jalan strategis ini masih menghadapi kendala serius di dua aspek utama. Pertama, pembebasan lahan yang dibutuhkan untuk proyek tersebut masih belum dapat diselesaikan dengan baik. Kedua, keamanan di wilayah itu juga masih menjadi permasalahan serius.
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengakui bahwa proses tender untuk proyek ini sudah berjalan, tetapi pembangunan jalan Trans Papua tidak dapat diselesaikan pada tahun depan. Ia menjelaskan bahwa kementerianya telah mendapatkan dukungan penuh dari aparat keamanan, termasuk anggota TNI yang bertugas di wilayah tersebut.
Untuk menyelesaikan masalah lahan, pemerintah mencoba melalui dialog dengan para ketua adat setempat. Dody mengatakan bahwa proses ini masih berlangsung dan tidak akan selesai pada tahun 2026. Ia juga menambahkan bahwa pembangunan tetap akan dilanjutkan karena proyek KPBU sudah disepakati.
Namun, keberlanjutan proyek ini masih menjadi permasalahan utama. Dody mengatakan bahwa ketersediaan infrastruktur jalan seperti Jalan Trans Papua akan menjadi kunci utama untuk mencegah gangguan keamanan di wilayah tersebut. Ia juga menegaskan bahwa pembangunan tetap akan dilanjutkan, meskipun prosesnya tidak mudah mengingat diskusi dengan masyarakat adat yang sering berlangsung alot.
Pemerintah juga ingin memastikan empat daerah otonom baru (DOB) di Papua dapat beroperasi penuh pada 2027. Dody mengatakan bahwa pembangunan jalan menjadi kunci utama untuk mencapai target ini. Ia juga menambahkan bahwa keberlanjutan proyek ini masih menjadi permasalahan utama, tetapi tidak akan mempengaruhi kemajuan pembangunan di wilayah tersebut.
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengakui bahwa proses tender untuk proyek ini sudah berjalan, tetapi pembangunan jalan Trans Papua tidak dapat diselesaikan pada tahun depan. Ia menjelaskan bahwa kementerianya telah mendapatkan dukungan penuh dari aparat keamanan, termasuk anggota TNI yang bertugas di wilayah tersebut.
Untuk menyelesaikan masalah lahan, pemerintah mencoba melalui dialog dengan para ketua adat setempat. Dody mengatakan bahwa proses ini masih berlangsung dan tidak akan selesai pada tahun 2026. Ia juga menambahkan bahwa pembangunan tetap akan dilanjutkan karena proyek KPBU sudah disepakati.
Namun, keberlanjutan proyek ini masih menjadi permasalahan utama. Dody mengatakan bahwa ketersediaan infrastruktur jalan seperti Jalan Trans Papua akan menjadi kunci utama untuk mencegah gangguan keamanan di wilayah tersebut. Ia juga menegaskan bahwa pembangunan tetap akan dilanjutkan, meskipun prosesnya tidak mudah mengingat diskusi dengan masyarakat adat yang sering berlangsung alot.
Pemerintah juga ingin memastikan empat daerah otonom baru (DOB) di Papua dapat beroperasi penuh pada 2027. Dody mengatakan bahwa pembangunan jalan menjadi kunci utama untuk mencapai target ini. Ia juga menambahkan bahwa keberlanjutan proyek ini masih menjadi permasalahan utama, tetapi tidak akan mempengaruhi kemajuan pembangunan di wilayah tersebut.