SAR Kupang selamatkan 9 korban kapal wisata mati mesin di Laut Sawu

Sembilan Korban Penumpahan Dibawa Kembali ke Daratan Dalam Insani

Pagi tadi, sembilan korban penumpahan kapal wisata phinisi yang mati mesin di tengah laut di Laut Sawu berhasil diselamatkan dan telah tiba di Pelabuhan Tenau Kupang. Kerugian dari insani ini terjadi akibat diterjang cuaca ekstrem, yaitu gelombang tinggi dan angin kencang yang mengakibatkan kapal wisata mati mesin dan mengalami kecelakaan di tengah laut.

Menurut Kepala SAR Kupang Mexianus Bekabel, sembilan korban tersebut berhasil diselamatkan dan telah tiba di Pelabuhan Tenau Kupang. "Sembilan korban itu berhasil diselamatkan dan sudah tiba di Pelabuhan Tenau Kupang," kata dia.

Kapal wisata yang mengalami kecelakaan tersebut memiliki tujuan untuk berlayar dari Kupang ke Ende. Namun, akibat cuaca ekstrem, kapal wisata tersebut kemasukan air laut dan berpengaruh pada mesin kapal dan keseimbangan kapal wisata.

Tim SAR yang berangkat dipimpin oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Kupang Muhdar dengan menggunakan sejumlah personel serta kapal KN SAR Antareja 233. Selain itu, terlibat juga Bakamla Kupang, Balai Karantina Kesehatan Kelas 1 Kupang (BKK Kelas 1 Kpg), KSOP Kupang, dan SROP Kupang.

Pertolongan pertama dilakukan oleh kapal feri KMP Lakaan yang melintasi lokasi kejadian tersebut. Menurut Mexianus, proses pertolongan dan evakuasi juga tidak mudah karena gelombang tinggi di tengah laut.

Kepala SAR Kupang Muhdar berterima kasih kepada semua pihak yang membantu proses evakuasi para korban kapal wisata yang mati mesin. Ia menekankan bahwa keberhasilan penyelamatan ini adalah bukti nyata sinergi yang baik antara potensi SAR dan masyarakat maritim.

Lebih lanjut, Muhdar menekankan pentingnya keselamatan pelayaran, dimana setiap kapal wajib dilengkapi dengan alat keselamatan, terutama Radio EPIRB (Emergency Position Indicating Radio Beacon).
 
"Orang yang terus berusaha tidak pernah kehabisan energi" 😊
Aku pikir ini sangatlah penting! Insani itu memang serius banget. Seperti apa sih cuaca ekstrem itu? Jangan dibenakin lagi, tapi kita jaga aman, ya...
 
πŸš¨πŸ’¦ itu baik banget ya, sembilan korban yang selamat! tapi kalau ngerasa cuaca ekstrem seperti itu, kapal wisata harus lebih berhati-hati aja 😬. sebenarnya sudah pernah ada kecelakaan kapal wisata di Laut Sawu sebelumnya, kan? πŸ€” jadi, kalau ngerasa cuaca buruk, kapal wisata harus langsung kembali ke pelabuhan atau menunda rencana wisata-nya. πŸ’‘
 
Mending nanti gue cari informasi dari sumber yang lebih akurat, nggak perlu dibawa sembaran ini di media, siapa tahu ada kesalahan pengejaan atau informasi yang salah. Tapi, senang sekali bahwa semua korban diselamatkan, itu buat hati gue berduka dan bersyukur. Pastikan kapal wisata lainnya lebih berhati-hati dengan cuaca ekstrem, tapi sepertinya sudah kenyaman di laut, siapa tahu ada kesalahan yang terjadi lagi...
 
aku pikir ini semua sudah diprediksi dulu oleh aku, siapa yang bilang kapal wisata bisa tenggelam di tengah laut jika cuaca ekstrem? itu sudah seperti cerita konspirasi ya! kayaknya ada seseorang yang ingin membuat keselamatan pelayaran menjadi prioritas. tapi apa sebenarnya yang terjadi di balik kejadian ini? aku pikir ada sesuatu yang tidak jelas... dan siapa yang bilang itu kapal wisata tuh khusus berlayar dari kupang ke ende? mungkin itu hanya cerita biar kita sabar-sabaran menunggu. aku akan terus mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi di balik kejadian ini πŸ˜’πŸ‘€
 
Maksudnya siapa yang bilang bahwa kapal wisata harus selalu mengambil rute yang aman? Saya lagi-lagi merasa bahwa kita tidak perlu bingung dengan cuaca ekstrem. Kita sudah lama tahu kalau Laut Sawu itu cuacanya sangat ekstrem, tapi apa yang bisa kita lakukan? Saya masih ragu-ragu apakah sembilan korban penumpahan kapal wisata yang diselamatkan benar-benar tidak berpikir tentang keselamatan mereka sendiri. Maukah mereka malah memilih untuk tidak membeli tiket pulang ke Ende? Tapi saya paham kalau ini semua terjadi karena cuaca yang ekstrem, tapi gak bisa membantu rasanya merasa bahwa kita semua tidak fokus pada keselamatan. πŸ€”
 
Aku penasaran bagaimana cuaca ekstrem bisa begitu berbahaya, kan? Sembilan korban yang mati mesin itu bukan cuma sekedar 'korban' aja, tapi juga artinya ada kehilangan orang dekat. Apalagi kalau dihitunglah biaya perjalanan yang harus dibayar oleh keluarga mereka. Kalau nanti kita lihat, bagaimana cara kapal wisata itu bisa begitu tidak siap dengan alat keselamatan, Radi EPIRB? Jangan sekali-kali lupa, ada orang yang sudah meninggal karena cuaca ekstrem itu. Aku rasa kita harus berbicara lebih serius tentang pentingnya keselamatan pelayaran dan peraturan-peraturan yang harus diikuti oleh kapal wisata. Kalau gini terus berulang, mungkin akan ada lagi korban yang harus dibawa kembali ke daratan.
 
Maaf ya, kalau gini terjadi lagi, pasti siapa yang jadi korban aja 😩. Saya rasa perlu ada fitur "evakuasi cepat" di aplikasi navigasi kapal wisata, jadi kalau cuaca ekstrem tiba-tiba datang, bisa langsung mengirimkan lokasi ke posko SAR. Dan lagi, harus ada pengawasan lebih ketat terhadap kondisi kapal sebelum berlayar, gini sih kayaknya tidak perlu, tapi aku rasa lebih aman kalau setiap kapal wisata wajib dilengkapi dengan EPIRB dan GPS yang bisa memberikan lokasi ke posko SAR.
 
Korban yang diselamatkan itu nggak pernah buat aku rasanya bahwa manusia ini selalu berusaha untuk bertahan hidup di tengah tengnya cuaca ekstrem. Saya pikir ini adalah contoh nyata bahwa manusia ini sangat kuat dan bisa menghadapi tantangan apa pun yang datang di depan mereka.

Tapi, saya juga ingin bertanya, apakah kita benar-benar memahami pentingnya keselamatan pelayaran? Apakah kita benar-benar menyadari bahwa setiap kapal wajib dilengkapi dengan alat keselamatan seperti Radio EPIRB? Saya rasa ini adalah pertanyaan yang sangat penting, karena jika kita tidak memahami pentingnya keselamatan pelayaran, maka kita akan terus mengalami kecelakaan dan korban nyawa seperti yang terjadi hari ini.

Saya juga ingin berpikir tentang bagaimana kita dapat mencegah kecelakaan seperti ini dari terjadi di masa depan. Apakah kita dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran? Saya rasa ini adalah tanggung jawab kita semua, karena hanya dengan bekerja sama kita yang dapat mencapai tujuan tersebut.
 
Mereka yang berada di pelabuhan dulu bilang bahwa kapal wisata itu masih stabil banget kan? Mungkin karena mereka tidak tahu tentang gelombang tinggi dan angin kencang, kalau sekarang udah siap, pasti bisa menghindari kecelakaan seperti itu. Saya rasa ini juga perlu dijadikan pelajaran bagi mereka yang ingin berlayar di laut, jangan sampai lagi terjadi hal seperti ini. πŸš’πŸ’”
 
Gw kira kayak ngecekin kalau kapal wisata phinisi bisa mati mesin di tengah laut, tapi ternyata masih ada cara buat menyelamatkan korban. Gw senang sekali karena sembilan korban berhasil diselamatkan! 😊

Gw juga rasa keselamatan pelayaran itu penting banget, gw already sebut dulu kalau kayak ngecekin alat keselamatan kayak EPIRB itu wajib ada di setiap kapal. Gw senang lihat ada tim SAR yang terlibat dan sudah siap-siap dalam menghadapi cuaca ekstrem. 🚨

Gw rasa proses penyelamatan ini agak panjang, tapi kalau sudah selesai pasti korban bisa pulang ke keluarga mereka dengan selamat. Gw doang harap nanti ada perubahan dari pihak kapal wisata agar semacam ini tidak terjadi lagi di masa depan. 🌊
 
aku senang sekali dengerin kabar baik ini πŸ™. siapa tahu kalau bukan karena cuaca ekstrem yang berat, korban itu masih ada di tengah laut. tapi kita harus ingat, keselamatan pelayaran itu penting banget! kapal wisata harus selalu siap dan memiliki alat keselamatan yang lengkap seperti Radio EPIRB. ini bukti bahwa kita sebagai masyarakat maritim harus lebih berhati-hati dan waspada dalam pelayaran. aku harap kabar baik ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua πŸŒŠπŸ’•.
 
😊 Ku pikir kayaknya kapal wisata itu harus gak nggak punya alat keselamatan yang cukup, ya? πŸ€” Nah, kalau tidak ada, gampang banget korban bisa mati di tengah laut, kan? 🌊 Maksudku, giliran mereka harus belajar dari kesalahan itu dan pastikan semua kapal wisata di Indonesia punya alat keselamatan yang lengkap, aja! πŸ’ͺ
 
aku rasa ini salah kebijakan nih... kalau gini kayaknya harus ada sistem pencegahan cuaca ekstrem deh di laut... atau minimal harus ada pelatihan khusus bagi kapal wisata untuk menghadapi cuaca ekstrem... tapi sih aku juga paham bahwa ini bukan karena kesalahan manusia, malah karena cuaca yang tidak terkendali... namun aku rasa ini perlu kita pertimbangkan agar tidak terjadi hal seperti ini lagi nanti...
 
Gak bisa dibilang sih, kalau korban penumpahan itu suka-suka aja di tengah laut. Tapi apa yang penting adalah selamat lah! πŸ™ Selama sembilan korban itu berhasil diselamatkan, rasanya ada yang harus kita perhatikan ya... Kapal wisata yang terkena harus dilengkapi dengan alat keselamatan Radio EPIRB ya, nih. Kalau sih tidak, pasti aja korban penumpahan lagi. Dan ku juga berharap agar kapal wisata yang lain di masa depan juga bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini dan semakin aman, terutama saat cuaca ekstrem ya...
 
kembali
Top