Prabowo Targetkan Mobil Nasional Terwujud dalam 3 Tahun, Ingat Lagi Mobil Nasional MR90, Bimantara, Timor hingga Esemka

Presiden RI Prabowo Subianto memberikan kalimat yang berisik mengenai ambisi menghadirkan mobil nasional dalam waktu tiga tahun mendatang. Ia menyatakan telah memulai langkah awal dengan menyiapkan lahan dan pendanaan guna membangun pabrik produksi kendaraan nasional.

Dalam sidang kabinet paripurna di istana negara, Jakarta, senin 20 Oktober 2025, Prabowo mengatakan, "Saudara-saudara belum merupakan prestasi tapi sudah kita mulai rintis. Kita akan punya mobil buatan Indonesia dalam tiga tahun yang akan datang."

Presiden juga menyinggung keberhasilan Indonesia dalam memproduksi kendaraan jenis jip yang kini digunakan oleh para pejabat dan perwira TNI, yakni Maung buatan PT Pindad. Ia menyebut kendaraan itu sebagai simbol kebanggaan dan kemandirian industri pertahanan nasional.

Nah, bagaimana dengan mobil nasional yang terus mengulangi gagasan ini? Sejak era 1990-an, pemerintah dan pelaku industri otomotif sudah berulang kali mencoba mewujudkan mimpi tersebut. Namun, berbagai proyek yang diluncurkan silih berganti belum ada yang benar-benar berhasil menjadi kebanggaan nasional.

Dalam perjalanan sejarah mobil nasional Indonesia, ada Mazda MR90 yang dikembangkan pada 1990. Mobil ini merupakan hasil inisiatif Subronto Laras, tokoh otomotif sekaligus Komisaris Indomobil kala itu. Ia optimistis Indonesia mampu memiliki mobil nasional karena sudah memiliki basis produksi mesin berkapasitas 1.000 cc.

Namun, impian menjadi mobil nasional gagal terwujud karena pemerintah tidak memberikan insentif pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Mobil ini akhirnya dijual dengan harga lebih mahal dari Toyota Kijang sehingga sulit bersaing di pasar. Versi berikutnya kemudian diubah menjadi Mazda Vantrend, model station wagon yang lebih terjangkau.

Kini, Prabowo ingin membangun mobil nasional buatan Indonesia yang bisa bersaing di pasar domestik dan internasional. Bagaimana caranya? Mungkin dengan menyisihkan gagasan menggabungkan teknologi asing seperti yang sudah dilakukan pada kendaraan produksi dalam negeri seperti Maung buatan PT Pindad.
 
Mobil nasional ini kembali ke ajang, siapa nii 🤔. Mulus tiga tahun, masih nggak punya hasil yang bikin bangga banget, apa yang bikin berbeda sekarang? 🤑. Beli mobil buatan Indonesia aja sambil di luar negeri, gimana caranya mau bersaing? 😂. Mungkin ganti ide deh, coba manfaatkan teknologi lokal dulu sih, kalau udah punya konsep yang bikin jadi, rasanya lebih gampang banget 💡
 
[![GIF: mobil nasional dengan label "Kita Ucapkan..."]](https://media.giphy.com/media/YzBxH3l1LjVUQ/giphy.gif)

[![GIF: Prabowo di kabinet, menunjukkan langkah awal untuk mobil nasional]((
))

[![GIF: Mazda MR90 dengan label "Mobil Nasional yang Gagal..."]](https://media.giphy.com/media/1j8d8QpQw4xvG/giphy.gif)

[![GIF: Prabowo di depan pabrik, membangun mobil nasional]((
))
 
Mobil nasional Indonesia, gimana caranya nih kaya? Prabowo Subianto itu serius banget aja. Tapi, kenapa kita udah banyak mencoba dan gak bisa membuat mobil nasional yang bisa bersaing di pasar internasional? Gimana kalau kita lihat kesalahan lama ya? Seperti, kenapa kita harus memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)? Tapi, sekarang gak ada lagi. Kita udah punya basis produksi mesin yang cukup, tapi masih gak bisa membuat mobil nasional yang bisa bersaing. Bagaimana caranya nih? Mungkin kita perlu lebih berhati-hati dalam merancang dan membangun mobil nasional ini. Tapi, saya senang banget Prabowo Subianto ini serius aja dan ingin membuatnya terwujud! 🚗💪
 
Ooii, gue pikir ini bakal bikin Indonesia sukses banget! 🚀 Mobil nasional itu pasti akan menjadi kebanggaan kita semua, kan? Tapi, gue tahu kayaknya tidak mudah banget membuat mobil nasional yang bisa bersaing dengan mobil asing. Mungkin ada kalanya kita harus ber-inovasi lebih lama dan lebih keras lagi 🤯. Gue pikir pemerintah harus memberikan insentif yang tepat bagi produksi mobil nasional, seperti Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang bisa di-bebasin ya! 💸 Jika itu terjadi, aku yakin mobil nasional kita akan menjadi sangat populer di pasar domestik dan internasional. Dan siapa tahu, kita mungkin bahkan bisa membuat mobil nasional yang lebih baik dari Toyota Kijang, kan? 😂
 
Mobil nasional nanggung tuh, siapa tahu bisa lulus dari proyek ini 😂. Prabowo lagi-lagi mau bantu-bantu Indonesia dengan proyek yang udah terlalu sering gagal sebelumnya. Kita tunggu aja sampai apa yang dijanjikan itu kenyataan, gak usah sabarnya aja ya? 🤔

Duh, seperti kayaknya pemerintah udah lupa dengan kisah Mazda MR90 yang sama-sama gagal sebelumnya. Mereka udah sengaja tidak memberi insentif yang cukup untuk membiarkan mobil itu bisa bersaing di pasar. Sekarang, kita mau percaya dengannya lagi? 🙄

Aku rasa, Prabowo harus ngirimi informasi yang lebih spesifik tentang proyek apa itu sih yang ingin dia lakukan. Kita udah tahu kalau pemerintah sudah terlalu sering gagal membuat mobil nasional yang bisa bersaing di pasar. Bagaimana caranya ini kali nanggung? 🤷
 
Gue pikir kalau kira2 ada seseorang yang tidak tahu apa aja mobil nasional Indonesia, kan? Prabowo memang benar-benar memiliki visi untuk bikin mobil nasional yang bisa bersaing dengan mobil-mobil asing. Nah, pertanyaannya gimana caranya? Mungkin kalau bisa menyisihkan teknologi asing, kita bisa bikin mobil nasional yang lebih kompetitif dan tidak terlalu bergantung pada bahan import 🤔. Gue juga khawatir jika pemerintah jangan berikan insentif yang tepat, maka mobil nasional ini akan sulit untuk bersaing di pasar. Tapi, kalau bisa bikin mobil nasional yang mampu bersaing dengan Toyota dan Honda, itu akan sangat bagus! 🚗💪
 
Kita harus selalu khawatir apa yang terjadi di jalur perusahaan mobil nasional Indonesia di masa depan 🤔. Kalau kita lihat, banyak proyek yang sudah gagal sebelumnya dan sampai saat ini masih belum ada hasil yang bisa dipertahankan dalam waktu panjang. Sebut saja Mazda MR90 itu, dia punya ide besar tapi pemerintah jadi penipu dengan tidak memberikan insentif apa-apa untuk mobil tersebut.

Mungkin kalau kita buat mobil nasional Indonesia dengan menggunakan teknologi asing, seperti Maung buatan PT Pindad, mungkin bisa jadi kita berhasil membuat mobil yang bisa bersaing di pasar domestik dan internasional. Yang penting adalah kita harus tidak mengutuk atau membohongi diri sendiri karena terlalu banyak gagasan yang muncul di pikiran 🤯.
 
klo nulisin tentang mobil nasional kayaknya harus kita ngirisi tentang apa yang udah pernah coba sebelumnya, ya? kayak gajalan Mazda MR90 banget! tapi kenapa ga berhasil kembali ke masa depan? udh ada kesalahpahaman dengan pemerintah dan tidak ada insentif untuk memproduksi mobil nasional. tapi sekarang waktunya buat caranya sih, Prabowo udah mulai langkahnya. aku rasa apa yang perlu dibawa dari masa lalu adalah semangat dan kreativitas. mungkin kita bisa mencari solusi bersama-sama.
 
Mobil nasional yang lagi bikin berita ini, tapi siapa yang percaya? Tahun-tahun lalu ini selalu ngegas ngasih proyek mobil nasional, tapi gini aja hasilnya: beli belah aja mobil impian kita dengan harga mahal, atau kalah banget di pasar. Prabowo ngerasa optimis karena ada lahan dan dana yang cukup, tapi siapa tahu kalau lagi seperti tahun-tahun sebelumnya? Maka dari itu, aku lebih percaya pada Mazda MR90 yang sudah gagal sejak 1990. Mungkin ini kali Prabowo mau lebih teliti dalam rencana bisnisnya, kayaknya jangan terlalu bersemangat dulu ya
 
Saya rasa kalau mau bikin mobil nasional itu, kita harus fokus pada kualitas dan harga ya... Kalau terlalu bergantung teknologi asing, aku khawatir mobil itu jadi mahal dan tidak bisa bersaing dengan import yang sudah ada. Misalnya nanti kita serius membuat mobil nasional, kita harus siap untuk berinvestasi dalam R&D ya.
 
kembali
Top