Kemenkeu: Tak Ada Utang Pemerintah di Proyek Kereta Cepat

Presiden Prabowo Subianto dan Kabinetnya Menegaskan, Tidak Ada Utang Pemerintah di Rencana Pembangunan Jaringan Kereta Cepat

Jakarta, 15 Februari 2025 - Mendalam penjelasan tentang rencana pembangunan jaringan kereta cepat di Indonesia, Kementerian Perencanaan, Pembangunan dan Pasca Bencana (Kemenkeu) menegaskan bahwa tidak ada utang yang diperlukan untuk proyek tersebut.

Menurut data dari Kemenkeu, pembangunan jaringan kereta cepat di Indonesia diperuntukkan dari anggaran APBN (Anggaran Pendapatan Negara) dan dikeluarkan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan. "Pembangunan ini tidak memerlukan utang eksternal", ujar Kepala Kemenkeu, Dr. Bambang Suryo Aji, pada rapat pers untuk memperbahas proyek kereta cepat di Jakarta, Kamis (14/02) malam.

Direktor Jenderal Badan Pengelolaan Sentral Infrastruktur (BPSI), Ir. Dedy Herdianto menyatakan bahwa pembangunan jaringan kereta cepat di Indonesia diperuntukkan untuk meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam pelayanan transportasi, sehingga mampu mengurangi kemacetan lalu lintas.

Menurut data BPSI, kereta cepat akan terintegrasi dengan moda lain seperti bus transit, angkot, dan mobil, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam pelayanan transportasi.
 
itu kaya gitu bro... utang atau tidak, gak pedulikan aja. yang penting adalah kereta cepat segera ada di Jakarta, lalu lintas bisa berjalan lebih lancar aja. siapa tahu, mungkin ini bisa menjadi solusi untuk kemacetan di kota besar kita ๐Ÿš‚๐Ÿ’จ
 
Mengenang kesempatan ini aku pikir Prabowo keren banget bisa mempernyatakan tidak ada utang di proyek kereta cepat aksi di Indonesia. Kalau benar-benar cuma anggaran APBN ya, itu jadi kelebihan bukan? Tapi, siapa tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik layar? Apakah benar-benar tidak ada utang atau apa lagi yang dicobalah oleh pemerintah. Aku rasa perlu ada transparansi lebih lanjut tentang hal ini agar masyarakat bisa yakin dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah. ๐Ÿค”
 
Aku rasa itu gampang banget! Kita bisa percaya bahwa Prabowo benar-benar peduli dengan pembangunan infrastruktur kita. Pembangunan kereta cepat ini pasti akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Aku yakin itu akan membuat kita lebih nyaman dalam perjalanan. Tapi, aku harap pembangunan ini tidak terlalu cepat dan bisa melibatkan semua pihak, mulai dari korupsi hingga ke kereta cipta itu sendiri. Aku senang melihat bahwa kabinet Prabowo benar-benar fokus pada pembangunan infrastruktur kita ๐Ÿš‚๐Ÿ’ช
 
Gue pikir itu baik-baik aja, proyek kereta api ini bisa membuat banyak orang Indonesia lebih nyaman dan cepat. Tapi gue masih ragu-ragu nih, kalau apa yang dibangun bisa selesai di 5-7 tahun lagi? Kalau demikian, itu artinya kereta api ini bakal jadi salah satu prioritas pemerintah, kan?
 
Saya pikir kalau memang benar tidak ada utang untuk pembangunan jaringan kereta cepat ini, itu suatu kejutan yang bagus sekali ๐Ÿ˜ฎ. Tapi, saya masih ragu-ragu, karena banyak proyek-proyek infrastruktur di Indonesia yang juga dikatakan "tidak memerlukan utang" tapi ternyata benar-benar tidak ada. Saya berharap bahwa kali ini benar-benar adanya, dan kalau begitu itu akan menjadi contoh yang baik bagi UMKM-UMKM kecil di Indonesia ๐Ÿคž.
 
๐Ÿค” Aku pikir ini salah satu contoh bagaimana pemerintah bisa membuat rasa kebutuhan akan utang jadi tidak ada lagi. Kita harus berhati-hati dengan apa yang dikatakan oleh Kemenkeu, karena ini bukan pertama kalinya pemerintah menyangkal adanya utang untuk proyek-proyek besar di Indonesia. Aku masih ingat saat ini juga ada proyek lain yang sama, tapi kali ini gak ada yang mengatakan bahwa utangnya sudah dibayar, apa kebenarannya? ๐Ÿค”๐Ÿ“Š
 
Aku pikir kayaknya rencana ini benar-benar penting banget untuk Indonesia. Dengan adanya kereta cepat, kemacetan lalu lintas di kota-kota besar pasti akan berkurang. Saya masih ingat saat-saat kemacetan di Jakarta, itu sangat frustrasi ๐Ÿ˜ฉ. Aku harap proyek ini bisa selesai dengan lancar dan tidak ada masalah lain yang menghambat pembangunannya. Dan itu juga baik banget bahwa tidak ada utang yang diperlukan, itu menunjukkan bahwa pemerintah sudah terus mendorong penggunaan anggaran APBN untuk proyek-proyek yang penting seperti ini ๐Ÿคž.
 
maksud apa sih kalau gak ada utang untuk pembangunan kereta api nih? kira-kira bagaimana kalau malah harus pinjaman dari luar negeri? aku rasa ini ga benar-benar jelas... ๐Ÿค”
 
aku rasa ini keren banget, proyek kereta cepat itu akan mengurangi kemacetan di jalan dan membuat kita lebih nyaman saat berangkat ke tempat lain. tapi aku juga penasaran siapa yang bakal menjadi pelanggan utamanya? apakah hanya orang-orang yang tinggal di kota atau juga petugas kecil yang bekerja di luar kota?
 
Rencana pembangunan jaringan kereta cepat di Indonesia ini pasti buatan siapa aja? Mungkin ada yang minta kontrak dari pihak swasta tapi tidak tertera di APBN. Kita harus ngawasa dulu, kalau utang masih ada kemungkinan jadi salah satu yang kaya dan keseimbangan negara menjadi kalah lagi.
 
Pertanyaan yang penting di sini adalah bagaimana pemerintah bisa yakin tidak ada utang untuk proyek kereta cepat ini ๐Ÿค”. Kalau benar-benar tidak ada utang, itu artinya budget pun sudah mencakup semua biaya yang diperlukan untuk pembangunan jaringan kereta cepat ini ya? ๐Ÿค‘

Saya rasa penting juga untuk mempertimbangkan bahwa proyek infrastruktur seperti ini memerlukan biaya yang besar dan kompleks. Jadi, jika benar-benar tidak ada utang, itu berarti budget pemerintah sudah cukup luas dan bisa dipertahankan dalam jangka panjang ๐Ÿ“ˆ.

Tapi, saya masih curiga a bit... kapan sih nanti kita tahu kebenaran dari proyek ini? ๐Ÿค”
 
heya bro... apa yang harus dibicarakan kalau kita nggak siap? jaringan kereta cepat di Indonesia nanti apa aja? kalau tidak ada utang, berarti gampang banget nih... tapi siapa yang pasti bahwa ini bukanlah kebenaran? kalau benar-benar tidak ada utang, kenapa punyanya yang lain masih harus membayar?

saya pikir ini hanya cara untuk memanfaatkan dana APBN yang sudah ada. apa bila terjadi masalah, siapa yang akan dijadikan korban itu? perlu diingat bahwa proyek ini sangat besar dan kompleks... jika salah dalam pengelolaannya, akan berdampak pada banyak orang.
 
๐Ÿค” kalau nggak salah informasinya, ini penting banget buat Indonesia ya... kereta cepat itu bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar kita. tapi apa yang bikin aku penasaran adalah, siapa yang nentukan bahwa tidak ada utang yang diperlukan untuk proyek ini? sebenarnya gampang banget buat govt jadi utang, tapi apa yang salah dengan itu? ๐Ÿค‘
 
Gak capek banget nih kalau Prabowo jelasin bahwa tidak ada utang untuk proyek kereta cepat ini ๐Ÿ˜Š. Siapa tahu apa yang benar-benar dialami di lapangan, tapi menurut informasinya, punya anggaran APBN aja, jadi gak usah khawatir tentang utang eksternal. Tapi, serius, kereta cepat ini kapan selesai? Banyak yang penasaran sama proyek ini ๐Ÿค”. Dan kalau benar-benar mau meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi transportasi, nggak ada salahnya kan? ๐Ÿš‚๐Ÿ‘
 
Makasih informasinya ya, bro! Jadi jelas kok gak ada utang untuk proyek kereta cepat ini, apa kebernyawaan kita? Hehe, serius kayaknya pembangunan ini bakal banyak membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar. Tapi, kira-kira ujarannya 'dikeluarkan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan' apa yang maksudnya? Artinya kita harus sabar aja, ya!
 
Lagian, aku rasa kalau gini jadi realitas, kita nggak perlu khawatir dengan utang-utang yang bikin negara jebak. Tapi, apa artinya kalau tidak ada utang? Artinya kalau proyek-proyek penting seperti ini tidak bisa dilakukan karena kurang uang? Aku pikir itu kinda konflik antara pendapatan dan pengeluaran. Kita harus ingat bahwa keberhasilan pembangunan pasti membutuhkan komitmen dari segala pihak, termasuk perencanaan yang matang ๐Ÿค”๐Ÿ’ก
 
Gue penasaran sih mengapa ada yang bilang tidak ada utang untuk proyek kereta cepat ini... gue pikir pasti ada utang yang tersembunyi di balik pembangunan ini, apalagi kalau kita lihat anggaran yang di keluarkan. Gue berharap pemerintah bisa memberitahu kita tentang sumber dana dari proyek ini sih...
 
๐ŸŒฟ๐Ÿš‚ aku pikir kalau kita fokus lebih pada hal efisiensi energi nih, bukan hanya kecepatan kereta! kalau kereta cepat bisa terintegrasi dengan moda lain seperti bus transit dan mobil, maka itu juga bisa membantu reduksi polusi udara di kota. tapi apa kalau kita lupa tentang dampak lingkungan dari proyek ini? aku masih ragu nih, apakah kita sudah mempertimbangkan semua aspeknya sebelum memulai pembangunan? ๐Ÿค”
 
Coba ngeliat aja, kalau gini sih proyek kereta cepat Indonesia tidak butuh utang ya? Makin seru lagi deh, kalo begitu artinya gak ada tekanan keuangan yang harus dibayari di masa mendatang. Tapi nggak salah juga kalau ada sumber lain yang mengatakan proyek ini membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi kayaknya ini berbeda deh. Mungkin ini bisa jadi contoh bahwa pemerintah sudah benar-benar siap untuk melaksanakan proyek ini tanpa harus minta bantuan dari luar.
 
kembali
Top