Kapal Penyeberangan Siapkan Penempatan Khusus untuk Mobil-Motor Listrik

Kapal Penyeberangan Siapkan Penempatan Khusus untuk Mobil-Motor Listrik

Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan mencegah kebakaran di kapal penyeberangan, Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) telah menyiapkan penempatan khusus untuk mobil-motor listrik. Penempatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran kendaraan yang kemudian menjalar ke badan kapal.

Menurut Khoiri Soetomo, Ketua Gapasdap, penempatan khusus ini dilakukan karena jenis kendaraan listrik rawan terbakar. "Kita siapkan tempat yang mudah pengawasan, kita siapkan tempat indikasinya paling mudah, contoh kalau ada mobil yang mengeluarkan api, kita di tempat dekat dengan ramp door," katanya.

Penempatan khusus ini akan dilakukan untuk mobil-motor listrik yang ditempatkan di dek terbuka atau dekat buritan kapal. Dengan demikian, petugas kapal dapat memudahkan akses ke kendaraan tersebut dan lebih mudah menghadapi situasi darurat.

Khoiri juga menyatakan bahwa Gapasdap telah bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), syahbandar, dan Biro Klasifikasi Indonesia untuk menyusun aturan baku tentang penanganan kendaraan listrik di kapal. Namun, hingga saat ini, aturan baku tersebut belum ditetapkan oleh pemerintah.

"Kami Gapasdap, BKI, sudah mulai membuat semacam guide, panduan yang nanti jadi rule," katanya. "Karena kita akan menunggu aturan baku yang dalam tahap penyempurnaan."
 
Gampangnya pemerintah harus serius banget aja dengan keselamatan di kapal! Penempatan khusus untuk mobil-motor listrik itu bagus, tapi apa daya buat nanti ada kebakaran? Nah, aku pikir pemerintah harus mulai membuat aturan yang jelas sih, sebelum semua kapal penyeberangan udah terjadi bencana. Tapi aku juga mengerti kalau Gapasdap danKNKT sudah buat guide sendiri, tapi nanti gak cukup banget jika hanya guide aja, harus ada kekuatan hukum di baliknya ya!
 
Hei... aku paham nih, kalau gak ada penempatan khusus untuk mobil-motor listrik di kapal penyeberangan, gak bisa ngatur api jika terjadi kebakaran. Aku lihat keselamatan di kapal penyeberangan penting banget. Mungkin penempatan khusus ini juga bisa nambahin kesan bagus banget di mata pengguna layanan, kan?
 
aku rasa penataan ini cukup bagus banget, karena kalau ada kebakaran listrik itu bisa menjalar ke kapal dan menyebabkan bencana yang parah. tapi aku rasa ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik lagi. aku harap aturan-aturan yang ditetapkan oleh pemerintah nanti bisa memastikan keselamatan bagi semua orang yang menggunakan kapal.
 
Gampang aja ngeliat kan siapa siapa yang punya mobil listrik, kalau ada api bisa terjadi apa saja. Makin baik nih kalau ada tempat khusus di kapal untuk mobil-motor listrik, gini seperti di kapal ferry ya.

Tapi, kalau pemerintah belum buat aturan baku tentang penanganan kendaraan listrik di kapal, maka ini sama-sama kehabisan waktu. Gampang nih kalau semua pihak ikut bekerja sama dan buat rule yang jelas.
 
πŸš£β€β™€οΈ Makasih ya gapitnya pemerintah. Aku rasa ini penting banget, kalau gak ada aturan, kebakaran kendaraan listrik bisa meluap ke kapal penyeberangan dan berpotensi membahayakan ribuan orang yang menggunakan kapal 😬. Maka dari itu, aku setuju banget jika Gapasdap bisa bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait untuk membuat aturan baku ini. 🀝
 
oh iya, ternyata ada penempatan khusus untuk mobil listrik di kapal penyeberangan πŸš£β€β™€οΈπŸ”‹ itu agak serius, kan? siapa tahu kalau ada kebakaran, petugas kapal akan lebih cepat bertindak πŸ’ͺ. tapi aku masih curiga, apa benar-benar ada aturan baku tentang penanganan kendaraan listrik di kapal? atau itu hanya gapasdap yang membuat guide sendiri πŸ€”.
 
ini bikin penasaran sih, banget aji pemerintah mau lakukan inovasi khusus untuk mobil listrik di kapal πŸ€”. tapi kenapa perlu banget sih? gampang banget jadi bocor api kayak mobil konvensional, kan? dan apa yang dipastikan kalau ini nantinya bisa mengurangi risiko kebakaran? 🚨
 
Gampang aja banget sih buat mobil listrik di kapal, tapi gak ada regulasi yang jelas sih... gimana caranya sih kalau kebakaran terjadi dan petugas kapal harus langsung datang ke tempatnya? Sepertinya perlu dipikirkan lagi kualitas aturan baku ini dari Gapasdap dan KNKT, biar jadi lebih efektif.
 
Lihat aja siapa tahu kalau di kapal penyeberangan ada kebakaran nantinya, kayaknya udah ada tempat khusus untuk mobil-motor listrik, jadi petugas bisa langsung bertindak 🚨. Tapi gampang nih, kalau pemerintah udah buat aturan baku, tapi aja kapan ya? πŸ€”
 
ini si pengamat startup πŸš€, aku pikir penempatan khusus ini untuk mobil-motor listrik di kapal penyeberangan sangat penting banget. kalau tidak ada aturan dan penempatan khusus, pasti akan terjadi kebakaran yang serius 🚨. tapi aku juga penasaran mengenai proses pengembangan aturan baku ini... apakah sudah jadi standard di kapal-kapal lain atau masih banyak yang belum siap? perlu dilansirkan dari berbagai sumber agar tidak ada kesalahpahaman dan semoga bisa meningkatkan keselamatan bagi semua pihak.
 
akhirnya ada inisiatif yang bijak dari Gapasdap, kalau tidak nanti mobil-motor listrik itu bakal sembarangan di kapal 😊. tapi harusnya pemerintah udah lama banget ngatur aturan baku tentang penanganan kendaraan listrik. mungkin perlu ada edukasi lebih lanjut tentang keselamatan dan cara berpikir kritis, kalau nanti semua orang bisa berkontribusi dalam mencegah kebakaran di kapal.
 
Mobil-motor listrik ini benar-benar rawan terbakar, kan? Jadi penempatan khusus untuk mobil-motor listrik di kapal penyeberangan ini sangat penting. Nah, aku pikir ini punya efek yang positif, kalau ada kebakaran kendaraan, petugas kapal bisa langsung akses ke lokasi itu dan meredam api lebih cepat. Aku pikir ini adalah langkah yang tepat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di kapal penyeberangan.
 
πŸ˜ŠπŸš£β€β™€οΈ Gue pikir ini penting banget! Seperti gue ajar dulu, mobil listrik itu lebih mudah terbakar daripada mobil konvensional. Jadi, penempatan khusus ini harusnya wajib ada ya! 🀝 Merekapai keselamatan di kapal penyeberangan yang kita gunakan setiap harian. πŸš—πŸ’¨
 
Sudah waktunya pemerintah memberikan prioritas bagi keselamatan pengguna kapal penyeberangan πŸš£β€β™€οΈ, terutama karena banyak mobil-motor listrik yang mulai banyak digunakan. Penempatan khusus untuk mobil-motor listrik di kapal penyeberangan itu memang wajar, tapi sekarang masih harus menunggu aturan baku dari pemerintah πŸ€”. Kita harap bisa mendengar kabar baik tentang standar keselamatan yang akan ditetapkan untuk penggunaan kendaraan listrik di kapal penyeberangan.
 
hebat banget ya udh kapal penyeberangan siapkan tempat khusus buat mobil listrik, kalau ada kebakaran, langsung mati aja πŸ˜…. jadi kan pembahasan tentang mobil listrik seharusnya lebih fokus pada keamanan, gini udh gapasdap siapin penempatan spesial untuk mobil listrik, kayaknya pemerintah udh niat banget. tapi apa udh sudah ada aturan baku? heboh kan masih banyak hal yang harus diurus dan diantisipasi πŸ€”.
 
Pertemuan ini seperti pertandingan sepak bola, kapal penyeberangan dan kendaraan listrik harus bekerja sama untuk menghindari kebakaran yang akan membuat semua pihak terkejut πŸ˜…. Kapal penyeberangan harus siapkan rencana cadangan, seperti penempatan khusus untuk mobil-motor listrik, sehingga apabila terjadi kebakaran kendaraan, petugas kapal dapat langsung menghadapi situasi darurat dan menghentikan api sebelumnya membakar kapal.
 
Lihat aja cari tahu apa salahnya dengan mobil-motor listrik di kapal penyeberangan πŸ€”. Tapi ini bukan masalah mobil-motor listrik, tapi masalah sistem yang tidak siap untuk menghadapi situasi darurat πŸ˜’. Siapa tahu jika ada kebakaran, sistem yang tidak siap akan lebih serius dari bahaya itu sendiri πŸ’₯. Dan kalau gini, kenapa kami harus tunggu pemerintah banter-banter aja? πŸ™„
 
Kapal penyeberangan udah siapkan tempat khusus untuk mobil-motor listrik aja, tapi masih belum ada aturan baku dari pemerintah, kan? Jadi apa hasilnya? Hanya Gapasdap sendiri yang bisa membuat guide dan panduan, tapi gak jelas sih bagaimana caranya diimplementasikan. Kalau mau meningkatkan keselamatan, harus ada koordinasi yang lebih baik antara mereka dengan pemerintah.
 
Aku pikir pemerintah harus ambil langkah ke depan untuk memperkaya aturan baku tentang penanganan kendaraan listrik di kapal. Sekarang udah ada kerja sama antara Gapasdap, KNKT, dan BKI, tapi masih belum ada hasil yang konklusif. Aku yakin dengan penempatan khusus ini, nanti kebakaran kendaraan akan semakin jarang terjadi di kapal penyeberangan πŸš£β€β™€οΈπŸ’‘
 
kembali
Top