"Debt Collector Datang ke Rumah, Berikut Cara Mengatasinya"
Ketika debt collector datang ke rumah Anda, tentu tidak ada yang menyenangkan. Namun, sebelum kita membicarakan cara mengatasinya, perlu diingat bahwa para penagih utang hanya menjalankan tugasnya untuk meminta peminjam menyelesaikan tanggung jawabnya.
Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman, setiap penyelenggara wajib menjelaskan terkait prosedur pengembalian dana kepada debitur atau nasabahnya.
Jika debt collector datang ke rumah Anda, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama, tanyakan identitas mereka. Ketahui juga soal identitas debt collector, mulai dari siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab.
Kedua, jelaskan alasan keterlambatan dengan baik. Anda juga perlu menambahkan akan menghubungi pihak pemberi pinjaman soal utang tersebut. Jangan menjanjikan apapun pada debt collector untuk memperpanjang masa penagihan pinjaman. Ini bisa membuat proses penagihan menjadi semakin rumit.
Ketiga, cari tahu surat kuasa penagihan jika ada penyitaan barang. Surat kuasa adalah bukti bahwa Anda telah menyetujui penagihan utang dan dapat diambil imbas penunggakan bayar utang.
Keempat, penyitaan disertai sertifikat jaminan fidusia. Lihat juga adanya sertifikat jaminan fidusia. Bentuknya adalah dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak dapat menunjukkan sertifikat tersebut, tolak aktivitas penyitaan.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mengatasikan kehadiran debt collector dan memastikan bahwa proses penagihan pinjaman menjadi lebih lancar.
Ketika debt collector datang ke rumah Anda, tentu tidak ada yang menyenangkan. Namun, sebelum kita membicarakan cara mengatasinya, perlu diingat bahwa para penagih utang hanya menjalankan tugasnya untuk meminta peminjam menyelesaikan tanggung jawabnya.
Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman, setiap penyelenggara wajib menjelaskan terkait prosedur pengembalian dana kepada debitur atau nasabahnya.
Jika debt collector datang ke rumah Anda, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama, tanyakan identitas mereka. Ketahui juga soal identitas debt collector, mulai dari siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab.
Kedua, jelaskan alasan keterlambatan dengan baik. Anda juga perlu menambahkan akan menghubungi pihak pemberi pinjaman soal utang tersebut. Jangan menjanjikan apapun pada debt collector untuk memperpanjang masa penagihan pinjaman. Ini bisa membuat proses penagihan menjadi semakin rumit.
Ketiga, cari tahu surat kuasa penagihan jika ada penyitaan barang. Surat kuasa adalah bukti bahwa Anda telah menyetujui penagihan utang dan dapat diambil imbas penunggakan bayar utang.
Keempat, penyitaan disertai sertifikat jaminan fidusia. Lihat juga adanya sertifikat jaminan fidusia. Bentuknya adalah dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak dapat menunjukkan sertifikat tersebut, tolak aktivitas penyitaan.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mengatasikan kehadiran debt collector dan memastikan bahwa proses penagihan pinjaman menjadi lebih lancar.