Motor kotor lama bisa jadi berbahaya bagi pemiliknya. Ya, karena kita sering menunda tindakan kebersihan motor karena musim hujan atau kerap dikatakan "nanti juga hujan lagi." Tapi apa yang tidak diketahui adalah bagaimana cinta kotoran ini bisa merusak motor di luar pandangan. Apalagi jika kita membiarkan debu, lumpur, dan cipratan jalanan terlalu lama. Ya, tidak hanya membuat tampilan kusam, tapi juga menggerus kualitas komponen yang ada di dalamnya.
Lapisan lumpur dan sisa air hujan yang menempel pada roda, baut sampai bagian kolong bawah bisa memicu proses korosi. Baut dan bracket baja ringan yang terkena air dan garam jalan, sangat cepat berkarat. Begitu titik karat muncul, efek domino sudah dimulai. Baut yang karat bisa susah dilepas, rumah komponen bisa rontok, dan permukaan cat bisa mulai mengelupas di bagian yang tidak terlihat.
Motor yang kotor juga lebih cepat memerangkap panas. Debu dan tanah tipis yang menempel di blok mesin membuat proses pelepasan panas tidak seefisien saat permukaan bersih. Selain itu, motor injeksi juga akan berpotensi membaca data yang "kurang ideal." Gejalanya biasanya terasa dari tarikan motor yang terasa lebih berat dan bahan bakar yang seolah boros tanpa sebab.
Efek estetika yang diam-diam berubah menjadi nilai ekonomis. Motor yang terlihat terawat akan lebih menarik ketika dijual. Pembeli lapangan bisa langsung tahu mana motor yang "rajin dirawat" dan mana yang hanya dipakai sampai aus. Karena itu, meski intensitas cuci tidak harus setiap hari, menjaga motor tetap bersih masuk kategori perawatan dasar.
Lapisan lumpur dan sisa air hujan yang menempel pada roda, baut sampai bagian kolong bawah bisa memicu proses korosi. Baut dan bracket baja ringan yang terkena air dan garam jalan, sangat cepat berkarat. Begitu titik karat muncul, efek domino sudah dimulai. Baut yang karat bisa susah dilepas, rumah komponen bisa rontok, dan permukaan cat bisa mulai mengelupas di bagian yang tidak terlihat.
Motor yang kotor juga lebih cepat memerangkap panas. Debu dan tanah tipis yang menempel di blok mesin membuat proses pelepasan panas tidak seefisien saat permukaan bersih. Selain itu, motor injeksi juga akan berpotensi membaca data yang "kurang ideal." Gejalanya biasanya terasa dari tarikan motor yang terasa lebih berat dan bahan bakar yang seolah boros tanpa sebab.
Efek estetika yang diam-diam berubah menjadi nilai ekonomis. Motor yang terlihat terawat akan lebih menarik ketika dijual. Pembeli lapangan bisa langsung tahu mana motor yang "rajin dirawat" dan mana yang hanya dipakai sampai aus. Karena itu, meski intensitas cuci tidak harus setiap hari, menjaga motor tetap bersih masuk kategori perawatan dasar.