Aduan tembus 28 ribu, Purbaya bakal turun langsung pantau penanganan

Pertemuan Purbaya dengan warga yang melaporkan masalah terkait dengan Bea Cukai dan pajak. Dikatakan bahwa setelah 40 kasus diterima, dia akan langsung datang untuk memantau kejadian itu.

Dalam beberapa hari terakhir, masyarakat mulai menembus 28.390 pesan ke nomor WhatsApp yang diatur oleh Purbaya sebagai channel aduan, yaitu 'Lapor Pak Purbaya'.

Banyak dari aduan tersebut masih dalam proses verifikasi. Purbaya menyatakan bahwa setidaknya sebagian besar dari aduan itu sudah diverifikasi sebanyak 14.025 pesan.

Sementara itu, untuk memastikan keaslian aduan masyarakat benar-benar ditindaklanjuti, Purbaya akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) secara acak.

Diawalnya, pelapor seringkali tidak bisa dihubungi setelah menyampaikan aduan itu, karena mereka ragu untuk mengangkat telepon karena nomor pemanggil tidak dikenali.
 
Gue pikir Purbaya itu buatanya kayak gue, paham dengan masalah rakyat dan mau mendengarkan. Kalau diawalnya pelapor bisa tidak dihubungi, itu kayaknya buat memperkuat argumen mereka kalau ada yang terlalu cepat menangani masalah aduan. Dan sih, setidaknya Purbaya sudah bisa sebagian besar dari pesan-pesan tersebut diverifikasi, itu kayaknya jaminan bahwa pemerintah sedang fokus untuk memperhatikan masalah yang dilaporkan oleh rakyat. Gue harap semuanya bisa berjalan lancar 😊
 
aku pikir kalau ada channel aduan seperti 'Lapor Pak Purbaya' yang diatur oleh pribadi itu sendiri, pasti makin keterbukaan dan jujur pengguna akan melaporkan masalahnya. tapi siapa tahu apa yang dimaksudkan dengan verifikasi itu? apakah itu berarti ada orang tertentu yang akan memutuskan siapa yang benar atau salah? aku khawatir kalau seperti itu, maka tidak semua pengguna akan merasa nyaman untuk melaporkan masalahnya. dan aku juga penasaran, mengapa harus menggunakan nomor WhatsApp yang diatur oleh pribadi itu sendiri? apa tidak ada cara lain untuk membuat channel aduan lebih transparan?
 
Siapa tahu nih kalau pas ada aduan yang benar-benar masalahnya, Purbaya akan langsung datang dan sambil juga memeriksa siapa yang mau atau tidak mau meliput isu ini di media massa 🤔. Saya masih ragu-ragu banget dengan cara ini, kayaknya perlu ada jeda waktu dulu sebelum inspeksi sidak, ya? Kalau pas sudah banyak aduan yang sudah diverifikasi 14k, itu artinya ada kesalahan yang terjadi di Bea Cukai atau apa? Dan siapa nih yang bertanggung jawab atas kesalahan-kesalahan tersebut? 🤷‍♂️
 
Haha, kayaknya Pak Purbaya makin serius aja dengan itu! 40 kasus? Gak mau jadi masalah lagi, kan? 😂 Nah, gak sabar aja sih, ingin langsung tahu apa yang terjadi. Sama-sama, dia pasti harus memantau kejadian-kejadian itu. Tapi, nggak salah sih jika mantap-mantap aja bisa juga, kayaknya nanti masyarakat akan lebih cekatan aja dalam melapor kesalahan Bea Cukai ya 😅.
 
Gimana sih cara ini? 40 kasus lagi dan dia langsung datang, kayaknya masih sama aja dengan cara lama. Dan siapa tau ada yang nggak bisa dihubungi setelah nombor di laporkan? Kalau itu benar, aku rasa tidak nyaman juga. Saya pikir ada keterlambatan dalam proses ini, kayaknya harus ada waktu yang lebih panjang untuk verifikasi. Dan sidak ya, kayaknya membuat banyak orang ragu-ragu lagi, tapi siapa tau itu bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat, kan?
 
Pertemuan Pak Purbaya dengan warga yang melaporkan masalah Bea Cukai dan pajak itu bagus, tapi apa yang dibicarakan sih? Masih banyak aduannya yang belum diverifikasi, kok? 14.025 itu tidak sebanding dengan jumlah aduannya yang sudah sampai ke 'Lapor Pak Purbaya' ya, masih banyak lagi yang harus dihubungi dan diverifikasi. Dan sih, sidaknya itu apa gunanya sih? Jika aduan masyarakat benar-benar ditindaklanjuti, toh Pak Purbaya jangan lupa memantau juga dengan cara lain, bukan hanya dengan sidak yang terus-menerus nih...
 
Yaaahhhh... aku rasa gampang banget kalau pak Purbaya deh datang langsung ke sana setelah 40 kasus diterima. itulah contoh jelas kalau pak Purbaya benar-benar peduli dengan kebutuhan masyarakat 🙌. aku harap semuanya bisa beres dan tidak ada lagi masalah besar. aku sudah sabar banget tunggu inspeksi sidak dari pak Purbaya, biar jadi pasti keaslian aduan yang di sampaikan oleh masyarakat 😊.
 
Saya penasaran sih kalau Purbaya nyaman banget dengan banyaknya aduan yang datang ke dia. 40 kasus itu masih banyak sekali! Maksudnya, mereka akan langsung datang memantau kejadian itu? Apakah bule-bule di luar negeri juga bisa datang dan memantau kejadian kita sini? Saya rasa kalau Purbaya mau memastikan keaslian aduan, mereka harus punya sistem yang lebih baik bukan? Sidak acak aja gampangnya ada yang salah, misalnya pelapor itu nyangka-nyangka siapa dia. Dan nomor WhatsApp bule-bule kirim, tapi kita Indonesia lagi yang harus menghubungi nomor yang diatur oleh Purbaya.
 
Gue pikir ini suatu langkah yang keren banget Purbaya, terutama kalau ada inspeksi sidak yang serius, maksudnya diwawancarai langsung oleh Purbaya bukan hanya lihat dari paparan online aja. Tapi, seru juga nih siapa yang bisa dihubungi di luar waktu, karena pelapor kadang-kadang nggak bisa bertemu dengan Purbaya secara langsung, terutama kalau nomor teleponnya nggak dikenal. Gue rasa ini bukan mainan, tapi Purbaya harus serius juga dalam memantau hal ini agar tidak ada penipuan yang ngerjain sih.
 
Aku pikir Pak Purbaya ini luar biasa! 40 kasus Bea Cukai dan pajak yang melaporkan kepadanya, dia langsung datang nanti 😮. Aku rasa ini bukan sekedar cara berkomunikasi dengan masyarakat, tapi juga cara menunjukkan bahwa dia peduli dengan masalah mereka. Saya harap Pak Purbaya bisa mengatasi masalah ini dan membuatnya lebih mudah bagi orang-orang untuk melapor kepadanya 🤞.
 
Gampang banget, kan? Masyarakat punya cara yang benar-benar asah akal, ya? Lapor ke 'Lapor Pak Purbaya' dan langsung dia akan datang memantau. Sama-sama, sih. Tapi, apa sih dengan inspeksi sidak acak? Jangan kayaknya, kan? Apa kalau masalahnya sebenarnya tidak ada? Maka gini, dia langsung menemukan kesalahan. Tapi kalau gampang aja dijawab, tapi kemudian dia salah lagi... Hmm, lebih baik jangan sampai demikin ya.
 
Pernah pikir betapa keren kalau kita bisa langsung menghubungi Toko Purbaya? Seperti kayaknya, sementara ini ada nomor WhatsApp yang sudah ditetapkan untuk melaporkan masalah-masalah kecil. Kamu bisa ngetikkan 'Lapor Pak Purbaya' dan langsung kirim pesan ke dia. Jadi, buat jangan ragu-ragu lagi, cari nomornya dulu ya 😊. Aku pikir itu udah sangat keren. Tapi, aku juga pikir perlu ada aturan agar nomor WhatsApp itu tidak terlalu padat dengan pesan-pesan yang tidak penting. Jadi, kita harus berhati-hati ketika mengirim pesan ke Toko Purbaya ya.
 
Saya pikir ini solusi yang bagus banget! Makin banyak aduan langsung diajukan ke Pak Purbaya, tapi masih ada masalah di mana aduan itu belum terverifikasi... harusnya ada cara jalanannya juga, misalnya seperti sistem online ya. Tapi syarath kalau setidaknya sudah 14.025 pesan yang diverifikasi itu, berarti makin banyak kasus yang diajukan dan dapat dibantu oleh Pak Purbaya. Dan sidak di awal ini, memang perlu untuk memastikan keaslian aduan masyarakat, tapi harus ada cara agar pelapor tidak takut ngobain telepon karena nomor pemanggilnya tidak dikenali... 😊
 
kembali
Top