2 Proyek INA di Sumatera Sumbang Rp482 Triliun ke Perekonomian

Proyek-proyek strategis itu benar-benar memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat di Sumatera, tapi gini aja, siapa yang tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik proyek itu? Tol BTB itu memang bisa menghemat waktu tempuh dan biaya logistik, tapi apa yang menjadi pengguna akhir dari dana tersebut? BNCT itu benar-benar menciptakan lapangan kerja dan pendapatan fiskal, tapi siapa yang akan jadi pengurusnya?

Dan laporan itu nggak pernah membahas tentang dampak lingkungan yang sebenarnya. Jika proyek-proyek itu benar-benar mengurangi emisi CO2 seperti yang dikatakan, itu berarti apa? Apa yang akan terjadi pada lingkungan setelah proyek tersebut selesai?

Tapi, aku juga tidak ingin menjadi netral dan tolak proyek itu. Karena kalau gini, kita kan harusnya bisa melihat positif dari proyek-strategis ini. Tol BTB memang bisa menghemat waktu tempuh dan biaya logistik, dan BNCT itu benar-benar menciptakan lapangan kerja dan pendapatan fiskal. Jadi, aku setuju dengan kata-kata Ketua Dewan Direktur INA bahwa proyek-strategis ini benar-benar menunjukkan komitmen untuk mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Tapi, aku ingin melihat penjelasan lebih lanjut tentang dampak lingkungan dan apa yang menjadi pengguna akhir dari dana tersebut.
 
Proyek-proyek tersebut memang bisa menjadi contoh bagus dari bagaimana investasi yang tepat bisa membawa dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat. Tapi, harus diingat bahwa ada banyak faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja proyek tersebut, seperti efisiensi pengelolaan sumber daya dan manajemen risiko yang baik. 🤔
 
proses pengembangan jalan tol btb sebenarnya cukup cepat ya🚗, tapi gak sabar banget nanti kalau kita harus bayar biaya tol yang akan naik setiap tahunnya 💸. dan juga sih proyek bnct di sumatera utara itu apa aja? mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti dampak lingkungan dan manajemen proyek itu sendiri 🤔.
 
Gampang dipahami kalau proyek tol dan pelabuhan itu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian, tapi apa buktinya sih? Nih laporan dari LPEM UI yang menutupkan bahwa proyek BTB bakal meningkatkan PDB sebesar Rp400 triliun. Tapi dari mana asalnya angka itu? Apakah ada sumbernya yang jelas?

Dan apa dengan dampak sosial dan lingkungan, kayaknya gampang dipahami juga. Tol BTB memang menghemat waktu dan biaya logistik, tapi siapa yang bisa menolak bahwa konstruksi tol itu bikin kerusakan lingkungan? Dan BNCT pasti memberikan lapangan kerja banyak, tapi siapa yang tahu apakah kinerja itu benar-benar meningkatkan pendapatan fiskal?

Tapi, saya suka kalau INA jadi makin progresif. Mungkin kita bisa lihat bagaimana komitmen INA dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan itu sebenarnya berjalan. 🤔
 
proyek-proyek itu memang memberikan dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat di sumatera 🤝, tapi apa yang benarnya adalah kontribusi itu berapa sebenarnya? Laporan dari lpem itu tidak terlalu jelas tentang data asalnya. mungkin ini hanya proyek-proyek yang menghasilkan keuntungan bagi pihak yang bersangkutan, tapi bagaimana keuntungan itu dibagi kepada rakyat umum? 🤑 selain itu, apa yang benarnya dampak positif dari kontribusi itu bagi lingkungan? emisi co2 itu tidak hanya 1,6 juta ton aja, tapi sebenarnya berapa sebenarnya? 💦
 
aku suka banget kaya kerja sama antara pemerintah dan perusahaan asing di bidang infrastruktur, tapi aku tahu juga gak ada kepastian bahwa proyek-proyek tersebut tidak akan mengancam lingkungan 🌳👎. aku ingat aja ketika aku masih SMA, aku udah melihat kerusakan paru-paru ayam karena polusi di daerah tempat aku tinggal, kayaknya itu apa yang akan terjadi jika kita tidak hati-hati dengan lingkungan 🤦‍♂️. tapi secara umum aku pikir proyek-proyek tersebut adalah hal yang baik untuk perekonomian Indonesia 🤑
 
kembali
Top