13 Kereta Api Bersubsidi 2025: Daftar KA dan Rute Perjalanannya

Thirteen Subsidized Train Services Launched in 2025, Here's the List of Routes and Tariffs

The Government has officially launched a subsidized train service program, which aims to provide affordable transportation options for the masses. The program, also known as Public Service Obligation (PSO), is designed to reduce the cost of train tickets while maintaining the safety and comfort of passengers.

This initiative is part of the Indonesian government's efforts to support economic growth and social development. By providing subsidized train services, the government hopes to encourage more people to use public transportation, reducing traffic congestion and pollution in urban areas.

Currently, 13 train routes are available on Pulau Jawa and Sumatra, with ticket prices starting from Rp20 thousand. These subsidized train services include:

Long-Distance Routes:
- Kahuripan - Blitar-Kiaracondong (PP)
- Bengawan - Purwosari-Pasarsenen (PP)
- Sri Tanjung - Lempuyangan-Ketapang (PP)
- Airlangga - Surabaya Pasarturi-Pasarsenen (PP)

Medium-Distance Routes:
- Serayu - Purwokerto-Kroya-Pasarsenen (PP)
- Kutojaya Selatan - Kutoarjo-Kiaracondong (PP)
- Tawang Alun - Malang Kotalama-Bangil-Ketapang (PP)
- Bukit Serelo - Kertapati-Lubuklinggau (PP)
- Rajabasa - Kertapati-Tanjungkarang (PP)
- Putri Deli - Tanjungbalai-Medan (PP)
- Probowangi - Ketapang-Probolinggo-Surabaya Gubeng (PP)
- Kuala Stabas - Baturaja-Tanjungkarang (PP)
- Cikuray - Pasarsenen-Garut (PP)

To purchase subsidized train tickets, passengers must buy their tickets 45 hours before departure. Each passenger is only allowed to buy one ticket per trip using the same identification card. If multiple tickets are purchased with the same identification card for the same trip, the system will automatically reject the transaction.

The Indonesian State Railways (KAI) ensures that the subsidized train services meet the minimum standards of service, maintaining safety, comfort, and efficiency during travel.
 
ini keren banget ya! nih, kalau mau ngomong tentang transportasi di Indonesia, aku pikir ini salah satu solusi yang bagus banget. penggunaan kereta api untuk pemandian dan bisnis bisa mengurangi polusi udara di kota-kota besar ngerasa lebih segar juga

nah, tapi aku penasaran, di mana aja uangnya bikin hal ini bisa terlaksana? apakah biaya maintenance dan staf yang dibayangkan sih? tapi secara umum, aku yakin ini akan membantu pembangunan ekonomi dan masyarakat, jadi aku mendukung banget! πŸš‚πŸ’•
 
Mau bayar tiket kereta subis, gak ada masalah nih... tapi apa yang nggak terbayangkan, siapa aja yang mau naik kereta subis kalau harus tunggu selama jam kantor? Kalo mau langsung ke tujuan, mending beli tiket biasa dulu, ya... tapi mungkin ini bisa bikin orang-orang yang sibuk lebih santai nih...
 
Gak sabar aja mau naik kereta yang murah! πŸš‚πŸ˜Š Nah, ini keren banget kalau govt buat kereta yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Tapi, kira-kira masih ada banyak hal yang perlu diubah. Misalnya, seperti bagaimana cara ini akan mempengaruhi transportasi umum lainnya? Atau bagaimana kalau tidak semua wilayah bisa langsung mengakses layanan ini? Karena saya rasa ini akan membuat kita makin terjebak di ketergantungan dengan kereta, bukan yang baik untuk lingkungan sekitar.
 
aku penasaran siapa yang ngerasa perlu di- subsidy itu? pulau jawa dan sumatra pun udah terlalu banyak transportasi umum, nanti gak ada tempat parkir untuk mobil lagi πŸ€”πŸš‚ aku pikir Rp20 ribu itu masih mahal banget, kayaknya harus ada promo atau diskon dulu sebelum ada pasanggama yang tidak bisa bayar πŸ€‘
 
Gak terasa aja kalau nih, kai di Indonesia punya sistem transportasi umum yang nyaman dan terjangkau! πŸš‚πŸ’¨ Udah ada banyak route yang tersedia mulai dari kahuripan blitar - kiaracondong sampai pulau jawa dan sumatra. Aku pikir ini bagus banget, karenanya siapa pun bisa naik kereta tanpa harus khawatir harganya terlalu mahal.

Aku juga senang melihat ada program ini dari pemerintah, karena aku tahu kalau transportasi umum di Indonesia masih banyak yang belum optimal. Misalnya, di kota-kotaku aku sering sekali nggak bisa parkir mobil, jadi udah bagus kalau kita punya transportasi umum yang nyaman dan terjangkau.

Tapi, aku rasa ada yang perlu diperhatikan yaitu, bagaimana sistem ini nanti akan bekerja? Apakah ada masalah logistik atau apa lagi? Aku harap pemerintah bisa memberikan penjelasan lebih lanjut tentang hal itu.
 
Penasaran kalau gini! Kepopuleran kereta api kembali lagi. Sebenarnya kayaknya hal ini bagus kok, kalau bisa meringankan beban wajah banyak orang karena biaya transportasi yang cukup mahal di Indonesia. Tapi akses ke stasiun dan layanan di antaranya masih ada perbedaan yang cukup besar. Contohnya stasiun-stasiun besar kayaknya sudah lengkap fasilitasnya, tapi di daerah-daerah lain masih terasa kekurangan fasilitas seperti toilet yang berfungsi atau ada tidaknya Wi-Fi di dalam kereta.
 
ini bikin senang banget ya! pengguna transportasi umum di Indonesia seringkali harus memilih antara yang murah tapi tidak nyaman atau mahal tapi bisa duduk nyaman. tapi sekarang ada opsi transportasi yang lebih baik lagi!
seperti apa yang saya bayangkan, kereta api dengan harga tiket yang murah seperti Rp20.000 itu akan menarik banyak orang untuk menggunakan transportasi umum di Indonesia.
saya senang melihat kereta api yang beroperasi di Pulau Jawa dan Sumatra punya rute yang luas, mulai dari kahuripan - blitar-kiaracondong hingga kual staba - baturaja-tanjungkarang. itulah keberanian pemerintah yang ingin mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan masyarakat di Indonesia.
 
kira2 gini punya manfaatnya sih? kalau bisa naik kereta gratis sih akan lebih nyaman dan tidak perlu khawatir urusan uang, tapi kena tahu juga bahwa biaya pembuatan jalur dan kereta itu kapan mau kita bayar aja 😊. sepertinya ada 13 rute yang ditawarkan, mulai dari kahuripan - blitar-kiaracondong sampai putri deli - tanjungbalai-medan, itu semua bisa diakses dengan harga yang relatif murah, Rp20 ribu aja untuk jaraknya yang terpisah πŸ˜…. toh bagus juga sih kalau kereta bisa mengurangi polusi dan kemacetan di kota, tapi biar semakin ampuh sih perlu ada pengawasan yang ketat agar kereta itu tidak dilayangkan dengan tidak adil πŸ€”.
 
aku pikir ini bikin banyak orang di jawa n Sumatra bisa naik kereta yang murah banget! tapi aku khawatir ada yang mau terus terjebak di kereta itu dan kalah giliran lainnya πŸš‚πŸ•°οΈ. apa yang diharapkan dari pemerintah ini sih? jadi orang lebih banyak naik kereta, tapi buangin lebih banyak limbah ke udara? aku pikir ada solusi lain aja bisa banget! misalnya, kayakanya kai nggak harus bayar tiket untuk anak-anak di bawah 12 tahun, atau mungkin ada diskon for senior? πŸ€”πŸ’‘
 
wahhh... ini makin senang banget! akhirnya ada transportasi umum yang murah dan nyaman, dijamin aku bisa nyaman pulang-pulang dari kantor tanpa harus ngedehe deh dengan bus atau taksi πŸ˜‚. tapi sih, kenapa harus 13 route aja? kalau semua jalan wilayah kita punya transportasi umum yang murah dan nyaman, ya gak perlu banget lagi. dan sih, Rp20k itu lumayan murah sekali... aku rasa aku bisa membeli tiket pesawat dengan harga itu πŸ˜‚. tapi sepertinya ini program yang bagus, aku doang senang banget sih!
 
Gak bisa nggak kaget deh! KAI akhirnya punya program PSO yang benar-benar membantu masyarakat ya! Dengan harga tiket Rp20k untuk route jangka panjang, aku yakin banyak orang yang bisa naik kereta dan tidak perlu khawatir about biaya transportasi. Dan itu benar-benar bagus banget karena bisa mengurangi polusi dan lalu lintas di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya! KAI juga harus dipuji deh, mereka pasti punya banyak usaha untuk memastikan keamanan, nyaman, dan efisiensi saat perjalanan. Aku rasa ini akan memberikan dampak yang besar pada masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tidak bisa naik kereta biasa karena biaya terlalu mahal!
 
Hehe, ya paham kan? Nah, ini cerita tentang kereta Api PSO yang nge-bisnis. Gampang aja, ticket mulai dari Rp20k, makanya banyak kalian bisa naik gak? Semua rute di Pulau Jawa dan Sumatra sih, tapi ada beberapa rute panjang yang jauh banget, misalnya Kahuripan - Blitar-Kiaracondong. Kalau mau naik kereta PSO, harus bayar terlebih dahulu 45 jam sebelum keberangkatan, dan hanya bisa beli tiket sekali aja per perjalanan. Makanya, kalau punya rencana pergi jauh, pastikan simpanan di rumahnya cukup. KAI juga pastikan service minimal, jadi kalian nggak bakal terlalu kenyang atau kesusahan di kereta.
 
Gue pikir ini kayak giliran KAI untuk masuk ke era digital ya? Saya senang banget kalau bisa menggunakan sistem pembelian tiket yang lebih mudah dan cepat. Tapi, saya masih ragu-ragu kalo kita harus beli tiket 45 jam sebelum keberangkatan. Gimana kalau kita makin fleksibel lagi?

Saya juga penasaran dengan rute yang mereka tawarkan, terutama di Sumatra. Putri Deli-Medan itu kayaknya rute yang bagus banget untuk orang-orang yang tinggal di daerah yang jauh dari Medan.

Aku senang sekali kalau ini bisa membantu mengurangi kemacetan dan polusi di kota-kota besar Indonesia. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi kota lainnya untuk memiliki sistem transportasi umum yang lebih baik juga! πŸ’šπŸš‚
 
aku senang banget ada jasa kereta api subsidi ini! aku pikir ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan akses transportasi umum di Indonesia. aku harap banyak orang bisa manfaatkan fasilitas ini dan mengurangi kebisingan dan polusi di kota.

tapi, aku penasaran siapa nanti yang akan menjadi pelanggan utama dari jasa kereta api subsidi ini? apakah itu kalangan muda atau kalangan tua? atau apakah itu pelaku usaha mikro atau macam mana. aku ingin tahu bagaimana program ini akan berdampak pada masyarakat sebenarnya πŸš‚πŸ’Έ
 
ya, ini keren banget! siapa yang tidak suka naik kereta? kalau bisa duduk nyaman dan tidak terlalu mahal, itu akan membantu mengurangi polusi di kota. tapi, perlu diingat bahwa biaya operasional kereta pasti masih harus dibayarkan oleh negara. toh kita harus nunggu lihat bagaimana program ini berjalan sebenarnya. satu hal yang perlu diingat adalah kereta ini pasti akan ramai banget, jadi siapa yang mau naik harus siap dengan kesabaran dan tidak terlalu cepat marah 😊.
 
Makasih gue nii! πŸ™πŸš‚

Pikir kayak aja... kalo punya uang, aku juga suka naik kereta, tapi kalau nggak bisa, aku juga paham. Karena sekarang ada kemudahan ya, mau naik kereta apa pun jadinya, harga terjangkau aja. πŸ€‘

Aku penasaran kalau gak ada keterbatasan dalam pemesanan tiket... apakah ada batasan bagaimana banyak tiket yang bisa dipesan? Aku tidak yakin aku mau bayar lebih mahal karena aku harus memikirkan hal lain. πŸ˜…
 
kembali
Top