13 Kereta Api Bersubsidi 2025: Daftar KA dan Rute Perjalanannya

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan program kereta api bersubsidi (PSO) untuk meningkatkan akses transportasi publik bagi masyarakat. Program ini bertujuan untuk menyediakan layanan transportasi dengan tarif ekonomis yang lebih terjangkau, khususnya untuk perjalanan antarkota.

Saat ini, ada 13 kereta api antarkota bersubsidi beroperasi di Pulau Jawa dan Sumatra, dengan harga tiket mulai dari Rp20 ribuan. Program ini diberikan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) agar perjalanan antarkota tetap dapat dinikmati secara murah namun tetap aman dan nyaman.

Berikut adalah daftar kereta api bersubsidi beserta rutenya:

* KA Jarak Jauh:
+ Kahuripan - Blitar-Kiaracondong (PP)
+ Bengawan - Purwosari-Pasarsenen (PP)
+ Sri Tanjung - Lempuyangan-Ketapang (PP)
+ Airlangga - Surabaya Pasarturi-Pasarsenen (PP)
* KA Jarak Menengah:
+ Serayu - Purwokerto-Kroya-Pasarsenen (PP)
+ Kutojaya Selatan - Kutoarjo-Kiaracondong (PP)
+ Tawang Alun - Malang Kotalama-Bangil-Ketapang (PP)
+ Bukit Serelo - Kertapati-Lubuklinggau (PP)
+ Rajabasa - Kertapati-Tanjungkarang (PP)
+ Putri Deli - Tanjungbalai-Medan (PP)
+ Probowangi - Ketapang-Probolinggo-Surabaya Gubeng (PP)
+ Kuala Stabas - Baturaja-Tanjungkarang (PP)
+ Cikuray - Pasarsenen-Garut (PP)

Ketentuan pembelian tiket kereta api bersubsidi adalah sebagai berikut:

* Pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan.
* Setiap pelanggan hanya diperbolehkan membeli satu tiket untuk satu perjalanan menggunakan identitas yang sama.
* Apabila ditemukan pembelian lebih dari satu tiket dengan identitas sama untuk perjalanan yang sama, sistem KAI otomatis menolak transaksi tersebut.

KAI juga memastikan bahwa layanan kereta bersubsidi tetap mengacu pada Standar Pelayanan Minimum (SPM) angkutan orang dengan kereta api.
 
program ini udah keren kan? tapi ga jelas sih bagaimana caranya nih siapa yang bisa makanin di kereta api bersubsidi? ada fasilitas makanan dan minuman ya? gimana kalau ada orang dengan penghasilan rendah, mau terbang atau jalan kaki ke arah tujuan aq, kayaknya biaya perjalanan antarkota nanti udah mahal banget
 
Makin serius ya pemerintah Indonesia terus makin berinovasi di bidang transportasi nih πŸš‚. Program PSO ini gampangnya bisa menjadi opsi yang tepat bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan antarkota, terutama untuk mereka yang tidak memiliki kemampuan ekonomi yang cukup πŸ’Έ. Harga tiket mulai dari Rp20 ribu itu lumayan murah banget, tapi tentu saja kita harus waspada dengan sistem pembelian tiket yang benar-benar aman dan tidak ada pelanggaran πŸ˜….

Saya sih penasaran dengan kereta api KA Jarak Menengah, banyak rute yang ditawarkan πŸ€”. Kalau kamu suka melakukan perjalanan jauh, KA Jarak Jauh mungkin lebih cocok untukmu ya? πŸš‚ Tapi, pastikan kamu sudah memeriksa ketentuan pembelian tiket terlebih dahulu agar tidak ada kesalahpahaman 😊.
 
program psob ini seru banget, tapi kalau kita ambil dari pengalaman di tanah kai, akses transportasi masih jauh dari masyarakat rakyat, terutama di daerah pedesaan πŸš‚. saya pikir pemerintah harus melihat dari aspek sosial kemasyarakatan dan memberikan prioritas bagi daerah-daerah yang membutuhkan, bukan hanya fokus pada kota-kota besar seperti jakarta dan surabaya πŸ’‘.
 
program psob ini ternyata bermanfaat banget ya! akses transportasi publik di antarkota jadi lebih terjangkau, siapa yang nggak suka gitu? tapi apa yang bikin aku penasaran yaitu bagaimana program ini bisa berjalan lancar tanpa ada kerumunan atau kebuntuan di stasiun-stasiunnya. kalau di Indonesia terus banget kerumunan di stasiun-stasiun, jadi pasti psob ini nanti bisa mengurangi kerumunan itu πŸ™Œ.
 
ini program PSO yang bikin akses transportasi lebih mudah, tapi nggak semua rute di Jawa dan Sumatra sama-sama bisa dinikmati πŸš‚. aku pikir lebih baik jika ada rute lagi di Bali atau Lombok, keren banget kalau bisa 😊.
 
iya coba nonton sih, program PSO ini nggak bisa jadi tanpa ada tekanan dari masyarakat kan? kalau tidak masyarakat yang banyak membeli tiket kereta api bersubsidi gini, maka pemerintah nggak akan menetapkan program seperti ini. tapi apa sih yang benar-benar di balik program PSO ini? siapa yang akan merasakan manfaatnya? ataukah hanya para politisi aja yang akan terlihat sebagai pahlawan?
 
πŸš‚ program ini kayaknya benar-benar membantu masyarakat, terutama mereka yang tidak bisa nggak bikin biaya transportasi mahal πŸ€‘. aku pikir ini adalah contoh bagus dari pemerintah menangani masalah akses transportasi publik di Indonesia 🀝. tapi sepertinya masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti efisiensi penggunaan fasilitas kereta api dan sistem pembayaran yang lebih mudah πŸ’». aku harap program ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi banyak orang 🀞
 
Program PSO ini sangat keren bro, aku already follow KA Jarak Jauh dari Kahuripan ke Blitar, harganya cuma Rp20 ribuan perjalanan! Aku pikir ini akan membantu banyak masyarakat yang belum bisa naik kereta api karena biayanya terlalu mahal. Saya senang lihat KAI memastikan bahwa layanan ini aman dan nyaman. Aku juga curious, apakah ada rencana untuk program PSO di luar Pulau Jawa dan Sumatra?
 
Aku pikir ini program yang bagus banget, tapi aku masih ragu-ragu sih. Aku pernah lihat tiket kereta api bersubsidi di Instagram sama rusa, tapi aku nggak percaya kalau itu benar-benar subsidi. Mungkin ada yang mau jual tiket secara online dengan harga yang lebih mahal? Tapi kalau program ini benar-benar bersubsidi, itu akan sangat membantu masyarakat yang ingin pergi ke kota lain tapi tidak bisa karena harga tiket terlalu mahal. Aku juga penasaran sih tentang kereta api mana yang paling populer banget? Aku dengar ada beberapa rute yang lebih cepat daripada yang lain, tapi aku nggak tahu sih benar atau bukan...
 
ya, akhirnya ada program PSO yang benar-benar membantu masyarakat lolos transportasi umum dengan harga yang murah πŸš‚. tapi apa yang diinginkan sih? penghematan biaya tidak sama-sama bisa diterima πŸ€”. misalnya, kereta api bersubsidi ini dioperasikan oleh PT KAI. siapa bilang bahwa biaya operasional tidak akan naik setelah tiket mulai Rp20 ribuan? 😐 sekarang aja sibuk banget dengan pembelian tiket dan keberangkatan, apa sisa waktu untuk memeriksa kinerja kereta api tersebut? πŸ•°οΈ
 
program ini penting banget! kalau bisa masyarakat semua bisa naik kereta api tanpa harus khawatir dengan biaya yang terlalu mahal. tapi, apa bedanya dengan kebiasaan sekarang kita? masih banyak lagi kereta api yang tidak ada subsidy, kan? dan biaya tiket mereka sama saja mahal. jadi, mungkin perlu dipikirkan bagaimana sistem ini bisa benar-benar membantu semuanya
 
Program PSO ini adalah langkah yang sangat baik dari pemerintah, tapi apa aja dengan rute-nya? Ternyata ada 13 rute saja di Pulau Jawa dan Sumatra, sementara itu masih banyak daerah lain yang belum terjangkau oleh program ini. Apakah karena memang tidak adanya permintaan yang tinggi dari masyarakat di daerah-daerah tersebut?

Selain itu, harga tiket mulai dari Rp20 ribuan masih terlalu mahal untuk kereta api bersubsidi, apalagi kalau kita berbicara dengan masyarakat yang tidak memiliki kemampuan ekonomi yang baik. Saya rasa program ini harusnya juga membahas tentang keseimbangan antara biaya dan harga tiket.

Akan tetapi, saya sangat mendukung program PSO ini karena dapat meningkatkan akses transportasi publik bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan ekonomi untuk menggunakan transportasi umum biasa. Mari kita berharap bahwa pemerintah dan KAI akan melakukan peninjauan kembali pada rute dan harga tiket program ini agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat! πŸš‚πŸ‘
 
Penggunaan kereta api bersubsidi di Indonesia itu sangat penting banget, terutama bagi masyarakat yang memiliki pendapatan rendah. Saya rasa program ini akan membantu meningkatkan akses transportasi publik dan membuat perjalanan antarkota lebih mudah untuk mereka. Bayangkan saja, orang-orang bisa berangkat ke kota lain tanpa harus khawatir dengan biaya tiket yang mahal. Itu sangat bagus! πŸšŒπŸ’•
 
🌿️ program ini terlalu lambat, kalau kita lihat negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura sudah punya sistem kereta api bersubsidi sejak lama... di Indonesia masih banyak masyarakat yang kurang akses transportasi publik karena harganya terlalu mahal. tapi di sisi lain, program ini sebenarnya sudah sangat keren karena tarifnya mulai dari Rp20 ribuan! πŸš‚οΈ itu sudah sangat murah untuk transportasi antarkota...
 
heyyyyy! program psob ini gampang banget aja, tapi kira-kira masih ada keterbatasan. misalnya, biaya operasional tiket pasti tidak nggak bisa ditahan terus, jadi mungkin kena tambahkan dana lagi dari pemerintah. juga, nggak ada saran khusus bagaimana cara membuat layanan transportasi lebih mudah akses bagi orang dengan kebutuhan khusus seperti orang tiri atau orang with disabiliitas. tapi secara umum, program ini ternyata bisa membantu banyak masyarakat yang ingin perjalanan antarkota lebih terjangkau πŸš‚
 
heya broooo! πŸ€— program PSO ini jadi sumber inspirasi banyak orang di Indonesia, tapi nggak ada yang sabar-sabar banget sih kalo tiketnya masih Rp20 ribuan. gampang dibayangkan aja kereta api bersubsidi ini bisa jadi hal yang sangat membantu bagi masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan atau kota-kota kecil πŸš‚πŸ‘ tapi nggak punya kemampuan untuk membeli tiket kereta api biasa-biasanya. aku rasa program ini perlu jadi contoh bagi pemerintah agar kita bisa meningkatkan akses transportasi publik bagi semua orang, bahkan mereka yang tidak mampu 🀝
 
rasanya bagus sekali program ini! kalau saya bisa, saya akan gunakan fasilitas transportasi yang lebih terjangkau seperti itu πŸš‚πŸ‘. tapi perlu diingat, kereta api bersubsidi ini masih memiliki batasan harga ya, Rp20 juta sudah cukup mahal untuk banyak orang di Indonesia. tapi at least sudah ada kesempatan bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi yang lebih aman dan nyaman daripada becak atau ojek online πŸš΄β€β™‚οΈπŸ‘Ž. saya harap program ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah dalam menangani masalah kemacetan lalu lintas di Indonesia 🀞
 
aku senang banget kalau pemerintah bisa memberikan opsi transportasi yang lebih murah untuk masyarakat, tapi aku juga khawatir tiket bersubsidi ini bakal menjadi sembaran karena banyak orang yang mungkin akan mencoba membeli tiket lebih dari satu kali. aku harap KAI bisa memantau dan mengawasi penjualan tiket dengan baik agar tidak ada penipuan. btw, aku juga ingat saat ini ada program beasiswa lainnya yang bisa membantu mahasiswa Indonesia, tapi aku masih belum tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya...
 
Program PSO ini benar-benar membantu banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa menjangkau kereta api karena harga tiket yang terlalu mahal sebelumnya πŸš‚. Saya setuju bahwa perjalanan antarkota harus lebih aman dan nyaman, serta murah untuk semua orang πŸ€‘. Akan tetapi, saya ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana program ini akan mengelola keuntungan yang dihasilkannya. Apakah semua keuntungan itu akan diteruskan kepada masyarakat melalui harga tiket yang lebih rendah? πŸ€”

Saya juga ingin mengetahui lebih banyak tentang kereta api KA Jarak Menengah dan bagaimana rutenya yang lengkap ini akan meningkatkan akses transportasi publik di Indonesia πŸ—ΊοΈ. Saya juga perhatian bahwa pembelian tiket dapat dilakukan H-45 sebelum keberangkatan, itu bagus sekali untuk menghindari penipuan πŸ•°οΈ.

Saya juga ingin mengetahui lebih banyak tentang implementasi program PSO ini di daerah-daerah yang terpencil dan sulit dijangkau seperti pulau-pulau di Indonesia 🌴. Apakah program ini akan membantu meningkatkan akses transportasi publik untuk masyarakat di daerah-daerah tersebut? 🀝
 
kembali
Top